Previous
Next

Daerah

Upacara Adat Jawa Tengah

Jawa Tengah yang kaya akan tradisi memiliki beberapa macam upacara adat. Upacara adat ini biasa dilaksanakan oleh pihak Keraton Surakarta. Beberapa di antaranya adalah upacara Garebeg. Upacara ini dilakukan tiga kali dalam satu tahun penanggalan Jawa, yaitu tanggal 12 bulan Mudul (bulan ketiga), tanggal 1 bulan Syawal (bulan kesepuluh), dan tanggal 10 bulan Besar (bulan kedua belas). Pada hari itu raja mengeluarkan sedekahnya sebagai perwujudan rasa syukur.


Upacara adat lainnya adalah sekaten. Sekaten merupakan sebuah upacara kerajaan yang dilaksanakan selama 7 hari. Upacara ini sebenarnya merupakan sebuah perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad saw.


Malam satu suro dalam masyarakat Jawa merupakan suatu perayaan tahun baru menurut kalender Jawa. Di Keraton Surakarta, upacara ini diperingati dengan Kirab Mubeng Benteng (arak-arakan mengelilingi benteng keraton).



Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Jawa Tengah

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Upacara adat jawa tengah. Contoh upacara adat jawa. Upacara adat jawa. Macam macam upacara adat di indonesia. Upacara adat di jawa tengah. Macam macam upacara adat jawa tengah. Upacara adat daerah jawa tengah.

Upacara adat daerah. Contoh upacara adat di indonesia. Upacara daerah. Pengertian upacara adat. Macam macam upacara adat. Macam macam tradisi jawa. Nama upacara adat jawa tengah.

Tradisi adat jawa. Macam macam upacara adat di jawa tengah. Macam macam adat jawa. Upacara adat yang ada di jawa tengah. Pengertian upacara adat jawa. Nama upacara adat di indonesia.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.