Previous
Next

Daerah

Upacara Adat Jawa Barat

Upacara adat di Jawa Barat meliputi upacara daur hidup dan upacara lainnya. Upacara daur hidup, misalnya, daur hidup kelahiran, menjelang dewasa, pernikahan, dan kematian.
Upacara lain yang dilakukan dalam masyarakat Jawa Barat antara lain, Upacara Labuh Laut, yaitu upacara yang dilakukan agar para nelayan mendapat tangkapan ikan yang banyak. Upacara Labuh Laut dilaksanakan setiap tahun pada bulan Suro. Pada pelaksanaan upacara ini biasanya dipersiapkan berbagai jenis tumpeng dan sesaji.


Upacara Labuh Laut ini diawali dengan pembacaan doa dan penyebutan jenis dan fungsi sesaji satu per satu. Setelah pembacaan doa selesai, biasanya tumpeng akan langsung diperebutkan untuk dimakan. Konon, dengan memakan tumpeng ini akan mendapat berkah.


Setelah itu, sesaji akan dilarung atau dilayarkan ke tengah lautan di atas sebuah rakit papan dari bambu yang dihiasi janur kuning. Sesajian itu dilarung untuk ditujukan kepada Ratu Emas yang menguasai laut selatan.   


Kemudian, ada Muludan, yaitu upacara mensucikan benda-benda pusaka, seperti senjata dan lain-lain. Lalu, ada Nadran, yaitu sejenis sedekah laut yang dilakukan oleh penduduk pesisir.

 





Sumber:
- Buku Salam Sahabat Nusantara: Jawa Barat yang Memesona, Penerbit: Doenia Aksara
- Muflihah, Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap Sekolah Dasar, Penerbit: Puspa Swara, Jakarta, 2007.

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Upacara di jawa barat. Nama upacara adat jawa barat. Kematian adat betawi. Macam macam upacara adat di daerah jawa barat. Nama upacara adat sumsel. Macam2 adat di jabar. Upacara adat jabar.

Nama upacara jawa barat. Adat kematian di jawa barat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
15 May 2014 07:09
m.nurhuda alidin
kok gak ada gamnya sihn
15 Mar 2014 16:08
stephanny
Ehm............................nsepertinya ...............ntidak cocok