Previous
Next

Masakan Nusantara

Tips Seputar Ketupat

 

Salah satu makanan yang wajib ada di meja makan anda saat hari raya Lebaran tiba adalah ketupat yang dapat disantap dengan opor ayam maupun kari bola daging. Nah, jika anda berencana untuk memasak sendiri ketupat yang akan anda sajikan, ada baiknya anda mengetahui beberapa tips untuk membuat ketupat agar rasa dan teksturnya cantik dan enak, karena seperti yang sudah anda ketahui, memasak ketupat itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Ini dia beberapa tips seputar membuat ketupat;

 

Gunakan takaran yang tepat, agar tekstur ketupat yang anda masak menjadi pas. Tidak terlalu lembek ataupun terlalu keras

  • Cuci beras, kemudian rendam kurang lebih 30 menit, lalu tiriskan.
  • Untuk mendapat ketupat dari beras yang pulen, isi satu kulit ketupat hingga setengah besar ketupat dengan beras yang sudah anda tiriskan sebelumnya.
  • Untuk beras yang agak pera, gunakan perbandingan isi satu ketupat hingga sepertiga bagian dengan beras yang sudah ditiriskan

 

Proses memasak yang tepat agar ketupat yang anda masak menjadi matang sempurna.

  • Didihkan air yang akan anda gunakan untuk merebus ketupat dalam panci yang cukup besar dan pastikan seluruh bagian dari ketupat terendam agar ketupat matang sempurna.
  • Tambahkan garam sesuai selera dalam air rebusan untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih. Dan tambahkan pula kapur sirih agar ketupat buatan anda lebih kenyal.
  • Biasanya ketupat harus dimasak selama 4-5 jam. Namun jika air rebusan habis sebelum ketupat matang benar, anda dapat menambahkan air mendidih secukupnya. Jika sukkah tidak ada butiran berarti ketupat anda sudah matang benar.
  • Setelah ketupat matang, celup-celupkan dalam air mendidih sebentar lalu guyur dengan air dingin dan gantung ketupat agar semua sisa air yang ada di dalam ketupat meneter sehingga tidak ada air yang mengendap. Karena ketupat yang mengandung air akan lebih cepat basi.

 

Cara menyimpan ketupat agar tahan lama dan tidak mudah basi

  • Simpan ketupat dalam lemari es dengan bungkus plastic agar kulitnya tidak kering. Biasanya ketupat yang disimpan dalam lemari es dapat bertahan sekitar 4 hingga 7 hari.
  • Jangan lupa untuk mengukus ketupat yang disimpan pada lemari es sebelum anda menyantapnya.
  • Yang terakhir, potong ketupat seperlunya saja karena ketupat yang sudah dipotong akan lebih mudah basi daripada yang masih terbungkus utuh.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Berapa lama merebus ketupat. Berapa lama masak ketupat. Masak ketupat berapa lama. Berapa lama memasak ketupat. Cara menyimpan lontong agar tahan lama. Lama merebus ketupat. Masak ketupat berapa jam.

Berapa jam merebus ketupat. Cara mengetahui ketupat sudah matang. Berapa jam masak ketupat. Lama masak ketupat. Cara merebus ketupat. Lamanya merebus ketupat. Http://carapedia.com/tips_seputar_ketupat_info3167.html.

Cara menyimpan ketupat. Lama memasak ketupat. Berapa lama rebus ketupat. Resep ketupat. Lamanya memasak ketupat. Berapa lama waktu merebus ketupat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.