Previous
Next
  • Home
  • »
  • Kesehatan
  • » Tips Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Untuk Pengguna Behel

Kesehatan

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Untuk Pengguna Behel

 

 

Behel atau kawat gigi akhir-akhir ini banyak digunakan baik oleh pria maupun wanita yang ingin mempunyai susunan gigi yang rapi dan rata. Oleh sebab itu banyak remaja maupun orang dewasa yang berbondong-bondong pergi ke dokter gigi untuk memasang kawat gigi. Namun, kebanyakan dari mereka yang memakai kawat gigi kadang lupa untuk merawat kesehatan mulut dan giginya. Hal ini perlu diperhatikan bagi pengguna kawat gigi karena jika tidak dirawat maka bakteri akan terkumpul dan membuat penampilan anda menjadi aneh.

 

Sebenarnya menjaga kebersihan gigi anda yang berkawat tidaklah susah. Anda hanya memerlukan ketelatenan dan kebiasaan untuk tidak malas membersihkan gigi anda. Nah, apa saja yang seharusnya anda lakukan untuk merawat gigi anda? Sebaiknya simak tips yang dicuplik dari Healthmeup.com berikut ini.

 

  • Mengunyah

Sebelum mengunyah makanan, biasakan untuk memotong makanan tersebut dalam ukuran kecil dan kunyah secara perlahan. Hal ini dimaksudkan agar kawat gigi anda tidak cepat rusak. Selain itu, dengan mengunyah secara perlahan akan mencegah luka di mulut anda yang disebabkan oleh gesekan kawat gigi.

 

  • Hindari makanan keras

Disarankan bagi anda yang menggunakan kawat gigi untuk mengkonsumsi makanan yang lunak. Misalnya sayuran seperti sayur bayam, sawi dan selada, atau buah-buahan seperti pisang, papaya dan semangka. Selain itu anda juga bisa mencoba sup jagung dan krim sup.

 

  • Jangan memakan permen karet

Sebaiknya saat sedang memakai behel, jangan mengkonsumsi permen karet. Karena permen karet yang lengket akan menempel pada kawat gigi dan akan sulit terlepas. Memaksakan diri untuk memakan permen karet malah akan merepotkan diri anda sendiri.

 

  • Hindari mengkonsumsi gula berlebih

Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Karena gula bisa menyebabkan berkumpulnya bakteri di sekitar kawat gigi. Bakteri tersebut bisa menembus kawat gigi dan menggerogoti kalsium gigi.
 

  • Gunakan gigi belakang saat mengunyah

Alangkah baiknya untuk menggunakan gigi bagian belakang saja saat Anda mengunyah makanan yang agak keras. Dengan begitu akan memudahkan Anda untuk menghancurkan makanan tersebut.
 

  • Rajin menggosok gigi

Ketika menggunakan behel akan lebih baik jika Anda menggosok gigi sesering mungkin, misalnya tiga sampai empat kali dalam sehari. Selain menggosok gigi, Anda juga bisa berkumur dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel. Tambahkan satu sendok makan air garam pada air untuk berkumur.
 

  • Banyak minum air putih

Anda disarankan untuk banyak-banyak meminum air putih. Tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya bakteri dan membuat mulut Anda terasa segar. Selain itu, meminum air putih juga bisa mengurangi bau mulut.

 

  • Rutin mengunjungi dokter gigi

Anda juga disarankan untuk lebih rajin ke dokter gigi saat menggunakan behel. Sebaiknya lakukan pembersihan mulut dan kawat gigi setidaknya satu kali dalam sebulan. Dengan begitu kebersihan gigi dan mulut Anda akan terjaga.
 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara merawat behel. Cara merawat gigi behel. Cara merawat gigi berbehel. Perawatan kawat gigi. Cara merawat behel gigi. Perawatan behel. Merawat gigi behel.

Cara perawatan behel. Http://carapedia.com/tips_menjaga_kesehatan_gigi_pengguna_behel_info3582.html. Perawatan gigi behel. Cara merawat gigi behel dengan baik. Cara merawat gigi kawat. Merawat behel. Cara merawat kawat gigi.

Perawatan behel yang baik. Perawatan gigi berbehel. Tips merawat gigi behel. Cara perawatan gigi berbehel. Cara perawatan gigi behel. Cara perawatan kawat gigi.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
28 Apr 2014 12:11
kiki aulia
kalau merawat gigi yang sudah hancur itu gmna n