Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Tips Untuk Mengatasi Rasa Cemas Pada Ibu Hamil

 

Siklus yang dialami oleh ibu hamil memang beragam, mulai dari rasa mual, takut hingga cemas seringkali dialami, apalagi jika anda hamil anak pertama. Untuk rasa cemas, biasanya kecemasan yang kerap menghampiri karena berbagai faktor. Mulai dari cemas dengan keadaan bayi di dalam kandungan, cemas dengan proses melahirkan ataupun juga cemas dengan keadaan fisik bayi saat lahir nantinya.

 

Rasa cemas yang dialami oleh ibu hamil itu disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron. Selain membuat ibu hamil merasa cemas, peningkatan hormon itu juga menyebabkan gangguan mood dan membuat ibu hamil cepat lelah. Bagi Anda yang sedang hamil dan merasakan hal tersebut, berikut cara mengatasinya yang dicuplik dari Tabloid Nakita berikut ini:

 

  • Dukungan dari keluarga

Saat anda merasa cemas dengan kehamilan anda, jangan segan untuk menceritakan kecemasan yang anda rasakan kepada keluarga anda. Misalnya pada suami atau ibu dan saudara yang sudah pernah melahirkan. Jangan pernah ragu untuk menceritakan kekhawatiran kepada mereka karena itu bisa mengurangi rasa cemas tersebut.

 

  • Berpikiran positif
    Apabila Anda mengalami masalah saat sedang hamil, maka yakinlah bahwa masalah itu bisa diatasi. Selain itu, Anda juga harus berpikir bahwa kehamilan adalah anugerah terindah dari Tuhan dan tidak semua wanita mendapatkan anugerah ini. Untuk itu, Anda disarankan agar selalu berpikir positif demi kesehatan diri sendiri dan calon bayi.

 

  • Berolahraga

Saat sedang hamil, Anda juga disarankan untuk tetap berolahraga. Jangan takut untuk berolahraga karena malah akan membahayakan kehamilan Anda. Para ahli menyarankan ibu hamil agar berolahraga sedini mungkin. Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan santai, berenang, yoga, dan olahraga lain yang harus dilakukan secara teratur.

 

  • Latihan relaksasi

Pada dasarnya, relaksasi adalah sebuah upaya untuk mengistirahatkan jiwa dan raga anda. Upaya untuk relaksasi pun menggunakan berbagai macam tehnik pemberdayaan diri misalnya seperti hypnotherapy. Untuk anda ibu hamil, relaksasi sangat dianjurkan karena bertujuan untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

 

  • Perbanyak wawasan

Saat hamil, Anda juga disarankan untuk mempelajari sistem tubuh dan mencoba beradaptasi dengan kondisi fisik yang berbeda dari biasanya. Tumbuhkan keyakinan bahwa itu adalah sesuatu yang normal, bukan gangguan yang menjadi beban. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda juga harus perbanyak wawasan agar kehamilan hingga proses melahirkan berjalan baik-baik saja.
 

  • Perbanyak doa

Cara terpenting yang harus anda lakukan untuk menghilangkan kecemasan pada saat kehamilan adalah dengan berdoa kepada Tuhan YME. Dengan berdoa dan meminta kekuatan dari tuhan anda akan mendapat ketenangan untuk menghadapi kehamilan anda.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara berpikir positif saat hamil. Kecemasan selama kehamilan. Http://carapedia.com/tips_mengatasi_rasa_cemas_pada_ibu_hamil_info3717.html. Cara menghilangkan rasa cemas saat hamil. Kecemasan pada ibu hamil. Sering cemas saat hamil. Cara menghilangkan kecemasan saat hamil.

Menghilangkan rasa cemas saat hamil. Mengatasi rasa cemas saat hamil. Rasa cemas pada ibu hamil. Cara mengatasi kecemasan pada ibu hamil. Perasaan cemas saat hamil. Cemas saat hamil. Cara menghilangkan rasa cemas pada ibu hamil.

Cara mengatasi kecemasan dalam kehamilan. Cara mengatasi cemas pada ibu hamil. Berpikir positif saat hamil. Cara mengatasi cemas saat hamil. Mengatasi kecemasan sebelum melahirkan. Menghilangkan kecemasan saat hamil.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.