Previous
Next

Ekonomi

Tips Hemat BBM Saat Berkendara

Isu-isu kenaikan harga bahan bakar minyak atau biasa disebut BBM akhir0akhir ini memang menimbulkan kontroversi. Nah, walaupun saat ini BBM belum jadi naik tidak ada salahnya kalau anda mulai menghemat penggunaan BBM. Berikut ini ada beberapa cara yang mungkin dapat anda gunakan untuk menghemat.

  • Yang pertama, pengisian BBM di malam hari jika anda harus berangkat subuh ke luar kota atau anda pulang lembur di tengah malam,tidak ada salahnya kalau anda mengisi penuh BBM kendaraan anda pada waktu-waktu tersebut. Kenapa? Karena 1 liter bensin di tengah malam menjelang subuh ternyata lebih banyak daripada 1 liter bensin disiang hari. Penjelasan ilmiahnya karena suhu dingin di malam dan pagi hari membuat partikel bensin menjadi lebih rapat sehingga volume yang kita dapatpun menjadi lebih banyak.
  • Lalu, cara yang selanjutnya adalah jangan sampai tangki bensin anda kosong. Apabila fuel meter anda sudah menunjukan di batas merah segeralah anda mencari SPBU terdekat dan mengisi sampai penuh. Sebab bila semakin banyak ruang kosong tersisa di tangki bensin anda, maka semakin besar kemungkinan bensin anda akan menguap disiang hari. Bila diibaratkan seperti kolam kosong yang baru diisi, maka kotoran yang berada ditangki anda akan mengotori mesin kendaraan anda.
  • Jangan terlalu sering menyetel music Up-Beat, karena sedikit banyak music up-beat yang anda setel di dalam mobil akan mempengaruhi anda dalam mengendarai mobil. Misalkan anda mendengarkan lagu yang menghentak dari Black Eyed Peas, maka anda akan mengendarai mobil dengan kecepatan dan manuver yang lebih agresif dibandingkan anda mendengarkan lagu yang lebih slow.
  • Selanjutnya anda harus mendengarkan suara mesin kendaraan anda. Karena pada kecepatan yang cukup tinggi, biasanya jarum RPM (Revolution Per Minute) harus melebihi gear 3 dan mesin kendaraan akan terdengar menggerung. Jadi pastikan anda sudah menyesuaikan perpindahan gigi sesuai dengan kecepatan anda karena hal ini akan mempengaruhi besarnya bahan bakar yang digunakan.
  • No Gadget Please! Selain membahayakan keselamatan pengemudi, penggunaan gadget juga sangat mempengaruhi besarnya bahan bakar yang anda gunakan. Kenapa bisa? Karena ketika konstrasi pengemudi terpecah antara mengendarai kendaraannya dengan membalas chatting dapat mengakibatkan penggunaan rem dan gas yang tidak teratur. Padahal semakin sering kita menginjak rem dan gas secara bergantian dengan irama yang cepat akan mempengaruhi konsumsi bensin pada kendaraan kita
  • Gunakan Air Conditioner (AC) sewajarnya. Penggunaan AC pada kendaraan, apalagi dengan pengaturan suhu yang paling tinggi akan membuat beban perputaran mesin anda semakin berat. Jadi ada baiknya bila anda sedang berkendara di daerah yang cukup sejuk, AC dimatikan lalu anda dapat membuka jendela untuk mendapat sirkulasi udara yang baik. Agar lebih hemat, ada baiknya anda tidak langsung menyalakan AC saat mesin kendaraan baru dinyalakan, tunggulah sekitar 4-5 menit terlebih dahulu sebelum AC kendaraan anda nyalakan.

semoga beberapa langkah untuk menghemat bahan bakar minyak tadi dapat berguna bagi pamakaian BBM kendaraan anda.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara menghemat bbm saat berkendara. Cara menghemat bensin saat berkendara. Cara mengendarai kendaraan yang hemat bbm. Cara menghematkan bahan bakar motor biet. Cara menghemat naik motor. Http://carapedia.com/tips_hemat_bbm_saat_berkendara_info2857.html. Membuka jendela berbahaya apabila ac mobil dimatikan.

Apakah menyalakan ac pada mobil mempengaruhi bensin. Yang mempengaruhi penggunaan bensin pada mobil. Mengisi full tank bensin akan menghemat penggunaan bahan bakar. Ac mobil bepengaruh pd konsumsi bbm. Cara menghemat bbm motor beat fi. Cara menghemat bbm (ekonomi). Mana lebih irit berkendara dengan menghidupkan ac atau membuka jendela mobil.

Apakah ac mobil berpengaruh pada bensin. Menghemat bensin saat mengendarai mobil. Cara berkendara economis. Cara ekonomis nyalakan ac mobil. Setelan ac mempengaruhi bensin. Cara mengirit bensin motor beat fi |.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.