Previous
Next

Kesehatan

Tentang Penyakit Demam Berdarah

 

 
 
 
 
Demam berdarah atau lebih tepatnya disebut demam berdarah dengue adalah penyakit infeksi yang sangat berbahaya bila tidak segera mendapat penanganan dan pengobatan karena bisa menyebabkan kematian dalam waktu yang relatif sangat singkat. Bila jaman dahulu penyakit demam berdarah ini hanya menyerang balita dan anak-anak, tidak demikian halnya dengan saat ini. Sekarang penyakit demam berdarah bisa menyerang semua umur, baik anak- anak maupun dewasa. Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang tergolong sebagai sejenis virus arbovirus yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypty betina. Penyakit demam berdarah tidak menular melalui kontak manusia melainkan menular melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina. Nyamuk jenis ini menyimpan virus dengue di dalam telurnya yang selanjutnya virus tersebut bisa ditularkan ke orang melalui gigitannya.
 
# MENCEGAH PENYAKIT DEMAM BERDARAH:
Karena penyakit demam berdarah ini disebarkan oleh nyamuk, maka hal terpenting yang harus kita lakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah adalah dengan memberantas sarang nyamuk. Jenis nyamuk Aedes Aegypti ini bersarang di air bersih, seperti air minum burung, air di bak mandi, dll. Pemberian Abate sangat diharuskan bagi wilayah yang banyak terdapat air menggenang. Menggunakan obat nyamuk / lotion anti nyamuk juga disarankan terlebih saat kita berada di luar rumah. Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan juga wajib dilakukan selain untuk menghindari menyakit demam berdarah juga untuk menghindari penyakit-penyakit yang lain.
 
# GEJALA DEMAM BERDARAH
Grafik gejala demam berdarah mirip dengan pelana kuda. Biasanya demam akan mereda sendiri setelah hari kelima sampai dengan hari ketujuh. Ada kemungkinan setelah demam reda akan disertai dengan tandak gangguan sirkulasi sehingga perlu untuk terus mengamati denyut nadi, tensi darah, suhu, serta pernafasan. Sebagai patokan, denyut nadi normal sekitar 72/menit, cukup kuat dan teratur, tensi darah 120/80 mmHG, suhu tubuh 37 derajat celcius, serta pernafasan 16-20 kali/menit. Pada gejala demam berdarah, denyut nadi terasa cepat dan melemah, tensi darah menurun, suhu tubuh juga menurun, anggota badan teraba dingin serta pernafasan terlihat memburu.
 
# MENGOBATI DEMAM BERDARAH
Pada saat terjangkit penyakit demam berdarah ini jumlah trombosit dalam tubuh kita akan menurun dengan drastis. Oleh karena itu, langkah utama yang harus ditempuh dalam mengobati penyakit demam berdarah ini adalah menaikkan jumlah trombosit dalam tubuh. Beberapa obat tradisonal dipercaya bisa menaikkan jumlah trombosit, diantaranya adalah sari kurma, air rebusan angkak, dll. Selain itu juga harus dijaga jumlah asupan cairan jangan sampai mengalami dehidrasi. Apakah setiap penderita demam berdarah harus di infus? jawabannya, tergantung pada keadaan penderita itu sendiri. Bila kondisinya masih bagus, masih mampu minum dan makan yang cukup, maka pemberian infus tidak diperlukan. Namun, dalam kondisi penderita demam berdarah yang sudah sangat lemas karena jumlah trombosit dalam tubuhnya sedikit, maka pemberian infus sangat diperlukan.

Video

Video iklan layanan masyarakat mencegah demam berdarah

Dalam video ini akan diperlihatkan iklan layanan masyarakat tentang cara mencegah demam berdarah

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Apakah demam berdarah menular. Apakah dbd menular. Demam berdarah menular. Demam berdarah menularkah. Apakah penyakit dbd menular. Apakah penyakit dbd bisa menular. Apakah demam berdarah bisa menular.

Apakah penyakit dbd itu menular. Dbd menular. Apa dbd menular. Penyakit demam berdarah apakah menular. Demam berdarah bisa menular. Apa demam berdarah menular. Demam berdarah menular melalui.

Apakah penyakit demam berdarah menular. Demam berdarah menular atau tidak. Penyakit dbd bisa menular nggak. Penyakit demam berdarah menular tidak. Sakit dbd menular. Kalimat persuasi tentang demam berdarah.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.