Previous
Next
  • Home
  • »
  • Kesehatan
  • » 8 Makanan untuk Makan Ketika Anda Sakit Tenggorokan

Kesehatan

8 Makanan untuk Makan Ketika Anda Sakit Tenggorokan

 

Anda mungkin tidak ingin makan apa pun saat tenggorokan Anda terbakar — tetapi makanan tertentu sebenarnya bisa meredakan rasa sakit Anda, sementara juga menurunkan peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda juga.

Di bawah ini Anda akan menemukan delapan makanan terbaik untuk dimakan dengan sakit tenggorokan: Semuanya menenangkan, mudah ditelan, dan kaya nutrisi. Jika Anda tidak merasa cukup sehat untuk melakukan perjalanan ke toko, lakukan pemesanan pengiriman grosir, atau minta teman untuk mengambil apa yang Anda butuhkan. Memprioritaskan nutrisi yang baik ketika Anda di bawah cuaca adalah salah satu cara terbaik untuk membantu diri Anda sendiri sembuh.

Es loli buah semua

Es dingin dapat menawarkan bantuan segera. Tetapi banyak pilihan yang dibuat sebelumnya dimaniskan dengan sirup jagung fruktosa tinggi atau gula tambahan lainnya, serta aditif yang tidak diinginkan, seperti warna dan rasa buatan. Cari merek yang dibuat dengan buah atau jus buah yang sudah dihaluskan (dan tidak ada yang lain). Atau Anda bisa membuat sendiri dalam cetakan bebas BPA, dengan buah-buahan kaya antioksidan seperti blueberry, jus delima, dan ceri. Anda bahkan bisa memasukkan sayuran, dengan memadukan sayuran hijau atau bayam dengan buah hijau, seperti kiwi. Jus ceri tart adalah bahan pintar lain: Selain memadamkan peradangan, mungkin membantu Anda beristirahat. Ceri adalah salah satu dari sedikit makanan yang secara alami mengandung melatonin.

Kaldu sayuran dengan bawang putih, kunyit, dan lada hitam

Kaldu hangat terasa menenangkan, dan uapnya bisa membantu melonggarkan kemacetan jika Anda juga kenyang. Selain itu, kaldu sayuran dapat menyediakan nutrisi dan antioksidan, dan menjadi kendaraan untuk memberikan bahan bermanfaat lainnya, seperti bawang putih. Senyawa belerangnya melawan peradangan. Dan bawang putih mengandung senyawa antibakteri, antivirus, dan antijamur, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Pastikan Anda menambahkan kunyit ke dalam kaldu juga. Rempah-rempah ini telah lama digunakan dalam pengobatan Cina dan Ayurvedic karena sifat anti-inflamasinya. Penelitian telah menunjukkan bahwa komponen aktif akar, curcumin, membantu menurunkan kadar enzim dalam tubuh yang memicu peradangan. Namun, curcumin tidak digunakan dengan baik tanpa penambahan piperine, zat yang ditemukan dalam lada hitam, jadi pastikan untuk menambahkan lada juga!

Kentang manis tumbuk dengan kayu manis

Ubi jalar menyediakan dua nutrisi penunjang kekebalan utama: vitamin A dan C. Mereka juga penuh dengan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, dan tekstur tumbuknya menenangkan untuk sakit tenggorokan. Kayu manis menambah rasa, tetapi juga merupakan sumber antioksidan yang kuat dan mendukung kekebalan dengan membantu menangkis virus, bakteri, dan jamur. Campur bumbu dengan sirup maple kecil atau madu, lalu lipat menjadi mash, atau campur keduanya dengan sedikit air kurma, tepung almond, dan sirup maple untuk membuat "puding" yang bergizi.

Teh chamomile dengan lemon

Selain menyediakan senyawa anti-inflamasi, chamomile telah terbukti membantu orang tertidur lebih cepat; dan tidur sangat penting ketika Anda sakit. Jika Anda juga menderita batuk, manfaat antispasmodik chamomile dapat membantu. Tambahkan lemon segar untuk penambah vitamin C dan bonus antioksidan.

Jahe

Akar jahe segar adalah anti-inflamasi yang kuat. Ini juga melawan mual, mendukung kekebalan, dan memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri. Kupas, parut halus, dan tambahkan ke pops buah buatan sendiri, teh dengan madu, oatmeal, kentang manis tumbuk, atau smoothie.

Madu

Jika sakit tenggorokan Anda disertai dengan batuk, madu juga bisa membantu. Hal-hal manis tidak hanya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, telah terbukti sama efektifnya dengan obat penekan batuk. Cari madu organik, madu mentah atau madu Manuka, jenis yang berasal dari Selandia Baru dengan kualitas antibiotik yang sangat kuat. (Satu studi laboratorium menemukan bahwa madu Manuka menghambat replikasi virus flu.) Tambahkan madu ke teh atau oatmeal Anda, gerimis di atas kentang manis tumbuk, aduk menjadi smoothie — atau cukup jilat langsung dari sendok.

Oatmeal dengan pisang tumbuk

Antioksidan dan magnesium dalam gandum membantu mengurangi peradangan, sementara seng mendukung kekebalan dan penyembuhan. Terlebih lagi, biji-bijian sedang dikikir, dan mudah dicerna. Seperti kaldu, gandum juga menawarkan bahan dasar yang dapat dicampur dengan bahan-bahan sehat lainnya. Dalam hal ini, pisang tumbuk merupakan tambahan yang hebat, karena teksturnya yang lembek, vitamin C, dan antioksidan. Anda juga bisa mengaduk sedikit madu, jahe, dan kayu manis. Nikmati oat hangat, dicampur dengan air panas, atau rendam semalaman dalam susu almond dengan buah dan rempah-rempah murni dan makanlah dengan dingin.

Smoothie

Smoothie dapat dengan mudah menjadi makanan lengkap, dan menyediakan protein sehat, lemak baik, dan karbohidrat kaya nutrisi, selain vitamin, mineral, dan antioksidan. Jika nafsu makan Anda buruk, satu atau dua smoothie per hari dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi secara keseluruhan, dan secara bersamaan menenangkan sakit tenggorokan: Campurkan segenggam sayuran hijau dengan bubuk protein nabati, selai kacang atau alpukat, susu kacang atau air, buah beku, akar jahe segar, kunyit, dan lada hitam.

 

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.