Previous
Next

Hukum & Politik

Sistem Pemerintahan Presidensiil

 

 

Sistem pemerintahan presidensiil adalah sebuah sistem pemerintahaan yang kepala negara serta kepala pemerintahaannya ada di tangan presiden. Pada sistem pemerintahan presidensiil ini, badan eksekutif dan badan legislatif mempunyai kedudukan yang independen dan dipilih oleh rakyat secara terpisah. Sehingga presiden tidak mempunyai hak dalam kaitannya dengan badan legeslatif maupun badan eksekutif. Presiden akan mengangkat para menteri untuk membantu presiden dalam menjalankan sistem pemerintahan karena Presiden memegang kekuasaan sebagai kepala penyelenggara negara.

Dalam sistem pemerintahan presidensiil, Presiden tidak berada di bawah pengawasan langsung parlemen karena parlemen berfungsi sebagai lembaga perwakilan dan parlemen mempunyai kekuasaan legislatif sehingga Presiden tidak bisa membubarkan parlemen seperti yang terjadi pada sistem pemerintahan parlementer. Selain itu, presiden juga tidak memberikan laporan pertanggungjawabannya kepada parlemen.

Kelebihan yang ada pada sistem pemerintahan presidensiil adalah sebagai berikut :

  • Karena tidak tergantung pada parlemen, kedudukan badan eksekutif bisa lebih stabil.
  • Dengan adanya pembatasan masa jabatan, maka masa jabatan badan eksekutif jadi lebih jelas sehingga penyusunan program kerja kabinet bisa dengan mudah disesuaikan denagn jangka waktu masa jabatannya.
  • Karena jabatan-jabatan di badan eksekutif bisa diisi dari orang diluar badan legislatif, maka badan legislatif tidak berperan sebagai tempat untuk kaderisasi.

 

Adapun kekurangan dari sistem pemerintahan presidensiil ini adalah :

  • Karena presiden tidak bertanggung jawab pada badan legislatif, maka sistem pertanggungjawabannya menjadi tidak jelas
  • Bisa menciptakan sebuah kekuasaan yang mutlak karena kekuasaan eksekutif berada di luar pengawasan langsung legislatif.
  • Pada umumnya pada sistem pemerintahan presidensiil, keputusan diambil dalam jangka waktu yang lama dan sifatnya tdak tegas karena merupakan hasil tawar menawar antara eksekutif dengan legislatif.
     

Video

Video gambar uang jaman pemerintahan Sukarno

Ini adalah video gambar uang saat pemerintahan Sukarno.

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pemerintahan. Mengapa presiden tidak dapat membubarkan paralemen. Gambar pemerintahan. Sistem pertanggung jawaan kurang jelas. Sistem pemerintahan presidensial dalam sistem pertanggung jawaban kuramg jelas. Kekurangan sistem pemerintahan presidensial. Cara mengatasi kekurangan dan kelebihan sistem pemerintahan parlementer.

Maksud dari sistem pemerintah presidensiil. Mengatasi kelemahan sistem pemerintahan presidensial. Saran mengatasi kekurangan dan kelemahan sistem pemerintahan parlementer dan presidensil. Cara mengatasi kelemahan sistem presidensial. Sistem pertanggung jawaban kurang jelas. Mengapa sistem presidensial pertanggungjawabannya kurang jelas. Maksud dari kekuasaan eksekutif di luar pengawasan langsung legislatif sehingga dapat menciptakan kekuasaan mutlak..

Mengapa presiden tidak dapat membubarkan parlemen dalam sistem pemerintahan presidensial. Menurut sistem presidensial presiden memegang. Kedudukan presiden dalam sistem pemerintahan presidensial. Apa yang di maksud sistem pemerintahan presidensiil. Cara mengatasi kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan indonesia. Menurut sistem presidensial presiden memegang kekuasaan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
26 Nov 2013 07:14
unhy
Bagaimana cara anda mengatasi kekurangan dari sistem presidensial yang merupakan sistem pemerintahan yang di anut oleh negara Indonesia itu sendiri.
26 Nov 2013 07:14
unhy
Bagaimana cara anda mengatasi kekurangan dari sistem presidensial yang merupakan sistem pemerintahan yang di anut oleh negara Indonesia itu sendiri.