Previous
Next

Pertanian

Sekilas Tentang Tumbuhan Kacang Hijau

 

 
 
 
 
Kacang hijau adalah sebuah kacang berbentuk butiran kecil dengan warna kulit hijau. Kacang hijau banyak digunakan sebagai bahan membuat bubur di wilayah pulau Jawa. Sekilas tentang tumbuhan kacang hijau: Kacang hijau termasuk tanaman berbentuk semak yang tumbuh tegak. Tanaman dengan nama latin Vigna radiata L dari famili Leguminoceae ini diduga berasal dari India yang kemudian menyebar ke berbagai negara di Asia tropis termasuk Indonesia pada awal abad ke-17. Kacang hijau atau dalam bahasa Inggris disebut mung bean ini juga mempunyai bermacam-macam nama sebuta di daerah-daerah wilayah Indonesia. Seperti retek hijau (Aceh), kacang padi (Minagkabau), kacang herang (Sunda), kacang ijo (Jawa), dll
 
Di Indonesia, kacang hijau ini juga terkenal sebagai tanaman sayur semusim. Sekilas tentang tumbuhan kacang hijau yang ditanam di Indonesia dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu kacang hijau yang polongnya pecah saat masak (dehiscen) dan kacang hijau yang polongnya tidak pecah saat masak (indihecen). Jenis kacang hijau yang mudah pecah harus dipanen secara bertahap agar tidak pecah di lapangan. Seperti layaknya tanaman bersemak lainnya, tumbuhan kacang hijau tumbuh tegak, batangnya berbentuk bulat dan berbuku-buku. Ukuran batangnya kecil, berbulu, berwarna hijau kecoklatan atau kemerahan. Tanaman kacang hijau  ini biasanya bercabang banyak dan daunnya tumbuh majemuk yang terdiri dari 3 helai anak daun pada setiap tangkai. Daun dari tumbuhan kacang hijau ini berbentuk oval dengan bagian ujung yang lancip dan berwarna hijau muda hingga hijau tua. Letak daun berseling. Tangkai daun lebih panjang dari daunnya itu sendiri.
 
Saat ini terdapat paling tidak terdapat 13 varietas tumbuhan kacang hijua yang ditanam petani di Indonesia. Varietas Siwalik merupakan jenis varietas dengan umur panen paling panjang, yaitu 100 hari dengan hasil produksi bisa mencapai 0,9-1,2 ton polong kering per hektar area tanam. SEdangkan varietas Nuri merupakan varietas dengan umur panen terpendek, hanya 51 hari dengan hasil produksi bisa mencapai 1,56 ton pe hektar. Varietas Nuri ini yang paling banyak ditanam petani karena selain hasil produksinya tinngi, umur panen pendek, juga tahan terhadap bercak cokelat daun.
 
Kacang hijau merupakan tumbuhan berakar tunggang dan termasuk ke dalam tanaman tropis dataran rendah yang bisa dibudidayakna pada ketinggian 5 - 700 m diatas  permukaan air latu. Bila ditanam diatas 750 m diatas permukaan air laut maka jumlah produksinya akan menurun.  Kacang hijau merupakan tumbuhan yang menyukai daerah yang memiliki kelembapan udara antara 50-89%. Tumbuhan kacang hijau membutuhkan cahaya matahari lebih dari 10 jam per hari. Sehingga tidak terlalu sulit untuk membudidayakan tumbuhan kacang hijau ini di Indonesia 

Video

Video kebun kacang hijau

Dalam video ini akan diperlihatkan kebun tumbuhan kacang hijau yang terdapat di Pabuaran

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Tanaman kacang hijau. Tumbuhan kacang hijau. Kacang hijau. Bentuk kacang hijau. Pengertian kacang hijau. Pohon kacang hijau. Gambar tumbuhan.

Nama ilmiah tumbuhan dan hewan. Jenis jenis kacang hijau. Jenis kacang hijau. Gambar tumbuhan kacang hijau. Pengertian tanaman kacang hijau. Pengertian tumbuhan kacang hijau. Gambar kacang hijau.

Macam macam kacang hijau. Bahasa inggris kacang hijau. Tanaman kacang hijau adalah. Gambar tanaman kacang hijau. Varietas kacang hijau. Definisi tanaman kacang hijau.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
18 Mar 2014 22:07
ratna
terima kasih infonya