Previous
Next

Daerah

Pasar Khusus di Jogjakarta

 

Slogan “Jogja memang istimewa” tidak hanya semboyan yang tanpa makna saja, hal ini sudah dibuktikan dengan kekuatan tradisi yang masih sangat kental di kota gudeg ini. Dapat anda betapa kuatnya unsur tradisional yang terasa di Jogja dari pola hidup masyarakatnya yang masuh sangat kejawen dan menjunjung norma-norma kehidupan yang sudah diajarkan oleh nenek moyangnya sejak dulu.

Salah satu contohnya dari urusan pasar tradisional yang masih ada di kota pelajar ini. Anda dapat menemukan sendiri bagaimana semua lapisan masyarakat Jogja masih menjaga dan memelihara aset ekonomi kota Jogja. Pasar tradisional biasanya akan identik menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga mulai sayur mayur, bumbu dapur, alat elektroni sampai pakaian. Nah, uniknya, di kota Jogja anda akan menemukan berbagai pasar tradisional yang hanya menjual barang-barang terlentu saja. Ini akan mempermudah kita saat memilih pasar mana yang akan kita kunjungi saat ingin hunting keperluan kita. Ini dia beberapa pasar khusus yang terdapat di Jogja:

  • Pasar Beringharjo

Terletak di Jl. A. Yani tepatnya di utara benteng Vredeburg atau di ujung malioboro ini anda akan dimanjakan dengan berbagai macam batik, cinderamata, kerajinan dan jajanan khas Jogja. Di tempat ini, anda bisa memilih berbagai macam model batik atau souvenir untuk oleh-oleh. Tidak hanya itu, bila anda sedang mencari souvenir untuk pernikahan, pasar Beringharjo adalah tempat yang tepat untuk mencari grosiran souvenir dengan berbagai macam model tetapi tetap memiliki harga yang sangat terjangkau.

  • Pasar Giwangan

Pasar Giwangan merupakan pusat grosir bagi segala macam sayur, buah dan bahan makanan lainnya yang berlokasi di ring road selatan, dekat dengan terminal bus Giwangan. Namun bila anda berencana untuk berbelanja di sini datanglah saat malam hari untuk mendapat bahan makanan dan sayur mayur yang masih segar, karena pasar ini akan sedikit lenggang di pagi hari.

  • Pasar Klithikan Kuncen

Pasar ini adalah surga bagi anda yang hobi mengumpulkan barang-barang antic, barang bekas dan aksesoris motor. Beberapa orang juga menyebut pasar klithikan sebagai pasar maling, karena menurut beberapa orang, barang-barang yang dijual di sana adalah hasil curian. Nah, jika anda oenasaran, segera saja meluncur ke Jl HOS. Cokroaminoto untuk berburu barang-barang yang dijual disini.

  • Pasar Telo Karangkajen

Ini adalah pasar grosir dan eceran untuk singkong dan ubi yang berada di Kl. Sisingamangaraja, Karangkajen. Di sini anda akan menemukan berbagai macam jenis ketela dan ubi yang segar dengan harga yang relative lebih murah daripada di pasar biasa.

  • Pasar Sepeda Tunjungsari

Penggemar gowes pasti menyukai pasar yang berada di Jl. Supeno ini. Bagaimana tidak, di sini anda akan mendapati berbagai jenis sepeda mulai dari sepeda yang masih baru hingga sepeda yang sudah antic. Tidak hanya itu, di pasar ini, anda dapat membeli segala macam aksesoris untuk mempercantik ataupun sekedar melengkapi sepeda yang sudah anda miliki.

  • Pasar Ciptomulyo

Jika anda mencari semen atau paku, pasar ciptomulyo adalah tempatnya. Di pasar yang berlokasi di Jl. Kol. Sugiono, Karangkajen ini terdapat berderet toko-toko bangunan dan keramik yang memberikan harga cukup murah dibanding di tempat lain.

  • Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY)
  • Sesuai namanya pasar di daerah JL. Bantul, Dongkelan ini menyediakan berbagai macam jenis satwa seperti burung, ayam, kambing sampai sapi, tanaman hias dan bermacam-macam jenis ikan hias. Jika anda mengaku hobi memelihara binatang, segera saja mengunjungi PASTY, siapa tahu anda mendapat binatang yang anda cari.
  • Pasar Terban

Bila anda mencari daging ayam segar, segeralah ke Jl. Simanjuntak dan berbelok di pasar terban. Ya, pasar ini memang menjual ayam potong sekaligus jasa pemotongan ayam. Jadi anda dapat memilih ayam hidup yang akan dibeli, kemudian anda juga dapat memotong sekaligus ayam pilihan anda. Simple dan terjamin kesegarannya bukan?

Itu tadi beberapa jenis pasar khusus yang hanya menjual satu spesifikasi saja. Pasar-pasar tradisional tadi jelas ikut berperan dalam menambah keistimewaan dan kekayaan budaya kota Jogja.

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pasar maling jogja. Http://carapedia.com/pasar_khusus_jogjakarta_info2951.html. Toko variasi motor di malioboro. Pasar maling solo. Variasi motor jogja murah. Lokasi pasar barang bekas jogja. Jual hp curian jogja.

Pasar maling hp jogja. Alamat pasar maling yogyakarta. Toko aksesoris motor dekat kawasan malioboro jogja. Pasar maling di jogja. Tempat jual aksesoris motor jogja. Sentra aksesoris motor di jogja. Toko bangunan jogja.

Tempat jual laptop curian di jogja. Tempat motor bekas murah di jogja dimana ya. Toko aksesories motor murah jogja. Alamat pasar maling solo. Pasar giwangan. Sepeda anak bekas murah di solo.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.