Previous
Next

Drama

Contoh Naskah Teater

 

 
 
 
 
Harus diakui bahwa artis di negeri ini yang mempunyai kualitas peran yang baik merupakan "jebolan" dari beberapa kelompok seni teater. Hal ini disebabkan karena di dalam seni teater, masing-masing peran digodog dengan seksama sehingga bisa menampilkan sifat utama pemeran seperti yang diharapkan dala naskah teater. Artis jebolan kelompok seni teater biasanya bisa menjiwai sejara utuh peran yang dilakoninya karena tidak ada pemain teater yang sifatnya instan.
 
Berikut ini adalah contoh naskah teater pendek:
 
BERGAUL DENGAN DEBU HITAM
 
Cast
Susi berperan sebagai narator
Fitri berperan sebagai Inong
Lia berperan sebagai sinta
Ria berperan sebagai tante Misna
Antoro berperan sebagai Om Joe
 
Karakter:
Inong: perempuan muda dari desa, manis dan lugu.
Sinta: perempuan sexy. umur 25th. seorang wanita tuna susila di Surabaya. Sahabat baik Inong
Tante Misna: seorang germo. umur 45th. masih kelihatan cantik dan selalu berpenampilan rapi. pintar berbicara dan meyakinkan orang.
Om Joe: pria yang sering mengunjungi tempat lokalisasi. Genit, kaya.
 
BABAK I
Tentang sepenggal kehidupan Inong di desa
 
Scene 1:
(narator mendeskripsikan suasana di rumah Inong yang sepi dan sangat sederhana)
narator: Di sebuah desa di Jawa Timur, tinggallah seorang gadis yang lugu bernama Inong. Sejak kecil Inong dirawat oleh neneknya karena kedua orang tuanya meninggal karena kecelakaan. Tepat seminggu setelah kematian neneknya, Inong mulai berfikir untuk mencari pekerjaan ke kota. Di bale-bale depan rumah neneknya, Inong dan Sinta bercakap-cakap)
 
Sinta: (sambil memeluk Inong) aku ikut berduka cita atas meninggalnya nenekmu ya Inong. Maaf aku baru sempat kesini sekarang karena aku baru pulang dari Surabaya tadi malam
 
Inong: (sambil menahan tangis) terima kasih shinta. Aku hidup sebatang kara sekarang. 
 
Sinta: (duduk di sebelah Inong) sudah lah. Jangan berlarut larut sedihnya. Kalau kamu mau, kamu bisa ikut aku ke Surabaya. Kita bisa tinggal bersama disana.
 
Inong: (menatap Sinta) aku tidak punya keahlian apa-apa selain menanam padi. Aku akan kerja apa di Surabaya nanti?
 
Sinta: (tersenyum sambil memgang tangan Inong) tenang saja. Aku bisa mencarikan kerjaan buat kamu. Aku jamin nanti kamu bisa cepat mengumpulkan uang dan hidupmu jadi lebih bahagia
 
Inong: (wajah penuh penasaran) kerja seperti apa itu? memang aku lihat kamu sekarang  bisa hidup berkecukupan (sambil melihat leher dan pergelangan sinta yang penuh dengan perhiasan emas)
 
Sinta: (tersenyum) sudahlah..yang penting kamu ikut aku ke Surabaya. Lusa aku pulang ke Surabaya. Kalau kamu berniat ikut, kita bisa berangkat bersama-sama
 
Inong: baiklah, aku pikir-pikir dulu
 
 
BABAK II
Tentang kehidupan Sinta di Surabaya
 
Scene 2:
(narator mendeskripsikan suasana di tempat lokalisasi di Surabaya)
Narator: Di sebuah perkampungan lokalisasi, Inong dibawa Sinta untuk diperkenalkan dengan tante Misna. Sejak dari ujung gang, Inong melihat banyak perempuan dengan dandanan menor duduk duduk di teras rumah.
 
Sinta: halo tante Misna, kenalin nih temenku, Inong
 
Tante Misna: halo Inong, kamu cantik sekali (sambil menelusuri wajah dan tubuh Inong dari atas sampai bawah)
 
Inong: (tersenyum malu) terima kasih Tante. saya Inong. Kata Sinta saya mau diajak kerja di tempat tante
 
Tante Misna: (tersenyum lebar dengan bahasa tubuh yang sangat ramah) oh boleeh ..kerjanya ngga susah kok. Hanya menemani tamu ngobrol. Tapi Inong harus selalu tampil cantik supaya tamunya betah (sambil melirik ke arah Sinta)
 
Inong: (penasaran) kelihatannya mudah tante..saya mau coba
 
Kemudian Tante Misna mengajak Inong ke dalam sebuah kamar rias, mendandani Inong dan mengganti baju yang dipakai Inong. Tidak lama kemudian setelah keluar kamar Inong sudah tidak menemukan Sinta lagi.
 
Inong: (gelisah dan bingung) Sinta dimana tante, kemana dia kok tiba-tiba menghilang
 
Tante Misna: sudahlah..tidak usah mencari Sinta. kamu disini bersama tante saja (memanggil om Joe untuk masuk ke ruang tamu)
 
Om Joe: weleh - weleh (tersenyum genit) ada koleksi baru ya tante
 
Tante Misna: (tersenyum lebar) fresh from the oven...Nah Inong, kenalkan, ini Om Joe. kamu coba temani om Joe dulu ya. tante masih ada urusan (sambil berlalu meninggalkan Inong dan om Joe)
 
Inong: (wajah penuh ketakutan) saya harus melakukan apa om?
 
Akhirnya Inong tahu kalau dia telah dijual oleh Sinta, teman dekatnya sejak kecil ke tante Misna dan sejak saat itu dia hidup sebagai wanita penghibur tanpa pernah tahu Sinta ada dimana.
 
 
 
 
 
 

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Contoh naskah teater. Contoh teater. Naskah teater. Contoh naskah teater tradisional. Http://carapedia.com/naskah_teater_info1935.html. Naskah teater pendek. Naskah teater tradisional.

Contoh naskah drama tradisional. Naskah drama teater tradisional. Contoh naskah teater pendidikan. Teks teater. Contoh seni teater. Naskah teater tradisional jawa timur. Contoh naskah teater singkat.

Contoh naskah drama teater. Contoh teks teater. Contoh kumpulan naskah teater tradisional. Kumpulan naskah teater tradisional. Naskah drama teater. Naskah drama tradisional.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
26 Oct 2014 18:17
Anonymous
bego. tolol. naskah itu yang mendidik dong isinya