Previous
Next

Kesehatan

Mengasah EQ dengan Bersepeda

 

Sepeda merupakan alternatif kendaraan sehat. Selain mengurangi polusi udara di lingkungan sekitar, sepeda juga merupakan sarana berolahraga. Prinsip dasar kerja sepeda yang adalah “mengayuh” merupakan latihan yang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran, pada saat yang bersamaan sistem persendian pun akan menjadi lebih lentur. Banyak manfaat yang diperoleh melalui bersepeda, selain membuat tubuh bugar. Manfaat yang paling menarik adalah dapat mengasah kecerdasan emosional.

Bersepeda bukan sekedar mencari sehat dan keringat, namun memiliki filosofi luas bagi kehidupan. Bersepeda merupakan salah satu cara menjaga apa yang diberikan Tuhan kepada kita. Itulah sebabnya bersepeda dapat mengasah kecerdasan emosi atau Emotional Quotient (EQ) dan Emotional Spiritual Quotient (ESQ).

Saat bersepeda emosi seseorang dapat terjaga melalui kesabaran mengayuh. Bayangkan jika mengayuh dijalan tanjakan, mau tidak mau orang harus berjalan dengan sabar sesuai kemampuannya. Kebanyakan orang mempunyai tingkat stress dan kendali emosi yang berbeda-beda. Bahkan sifat penyabar sangat dibutuhkan disemua jenis dan pekerjaan. Orang yang emosinya meledak-meledak hasil kerjanya tidak akan maksimal.

Kaitan ESQ dengan emosi yang terjaga akan membuat orang menjadi penyabar. Bersepeda tidak hanya mengayuh saja, namun ada nilai kesederhanaan dan usaha dalam mencapai tempat tujuan. Orang tidak dapat memaksanakan kemampuannya untuk mengayuh lebih cepat. Keseimbangan EQ dan ESQ perlu dilakukan agar tidak merugikan kesehatan tubuh dan emosional. Walaupun mengayuh pelan, ada beberapa hal yang secara tidak sadar kita peroleh yaitu kesabaran dan keselamatan. Dari hal itulah ada hubungan manusia dengan Tuhan yang diperoleh setiap orang yaitu bersyukur.

Bersepeda adalah pilihan, hanya orang yang memiliki kecerdasan emosi dan spiritual yang dapat merasakan keuntungan bersepeda. Bila mereka yang belum memiliki kecerdasan, tidak ada salahnya untuk mulai mengasa kecerdasan tersebut, meskipun terlambat. Seharusnya itu terjadi dan terlaksana saat usia dini. Mari Bersepeda!

Video

RAN - Sepeda

Video Klip RAN - Sepeda yang sangat populer di kalangan para Bikers. Mengajak orang-orang untuk giat bersepeda demi kesehatan badan dan lingkungan.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Sepeda sehat. Mengasah eq. Mengasah kecerdasan emosional. Mengasah emotional quotient. Cara mengasah eq. Cara mengasah kecerdasan emosional. Cara untuk mengasah kecerdasan emosional.

Manfaat bersepeda. Mengasah kecerdasan emosianal.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.