Previous
Next

Tutorial / Panduan

Cara Membuat Kolam Koi

 

 
 
 
 
Banyak yang mengatakan bahwa ikan koi adalah perlambang panjang umur. Mungkin filsafat ini didasarkan pada usia dari ikan koi itu sendiri yang mampu bertahan hidup hingga puluhan bahkan ratusan tahun. Oleh karena itu, kita harus memikirkan matang - matang saat kita ingin membuat kolam ikan koi. Bisnis ikan koi di Indonesia sendiri tidak pernah surut. Bahkan kebanyakan diramaikan oleh para importis ikan koi bila dibandingkan dengan para penangkar ikan koi. Cara membuat kolam koi juga sebenarnya tidak rumit bila kita memahami betul apa saja yang dibutuhkan oleh ikan koi.
 
Berikut ini adalah cara membuat kolam koi:
 
1. Buat rancangan kolam terlebih dahulu.
Sebuah kolam koi yang baik sebaiknya tidak dalam lahan yang dialiri air terutama air hujan serta jauh dari pohon - pohon besar. Bila terlalu dekat dengan pohon besar, maka kemungkinan banyak dedaunan yang akan mengotori air kolam sehingga bisa mengakibatkan menurunnya Ph air kolam
 
2. Tentukan ukuran kolam 
Ukuran kolam koi bisa disesuikan dengan ketersediaan lahan serta jumlah dari ikan koi yang akan dipelihara. Bagi para penghobi cukup membuat kolam dalam ukuran kecil saja. Yang terpenting dari sebuah kolam koi adalah harmonisasi dari kolam itu sendiri sehingga ikan koi dapat hidup sehat dan kita bisa menikmati keindahannya
 
3. Pemilihan bahan baku
Sebaiknya menggunakan bahan baku batu bata karena bentuknya yang kecil dan bisa fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan kita.
 
4. Perlengkapan kolam koi
Sebelum memulai proses membangun kolam koi, kita sebaiknya menentukan letak pintu pembuangan dan pemasukan air. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa jenis tanaman di sekitar kolam yang akan kita bangun.
 
5. Merancang pemasangan pipa
Pipa yang dimaksud disini adalah pipa - pipa yang digunakan untuk saluran air dari media filter ke kolam dan sebaliknya. 
 
6. Tentukan kedalama kolam koi
Idelanya sebuah kolam koi memiliki kedalaman antara 150 - 200 cm untuk menghasilkan koi yang bermutu baik
 
Nah setelah semua langkah diatas dilalui, maka langkah terakhir adalah kita bisa mulai mengerjakan membuat kolam koi yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan ikan koi namun juga sesuai dengan keinginan kita.

Video

Video bentuk kolam koi sederhana

Dalam video ini akan diperlihatkan sebuah kolam koi yang sederhana

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat kolam ikan koi. Rahasia membuat kolam ikan hias. Cara membuat kolam koi. Kolam koi. Http://carapedia.com/kolam_koi_info2768.html. Kolam. Cara membuat kolam ikan koi minimalis.

Cara membuat kolam ikan sederhana. Cara membuat filter air kolam. Cara membuat kolam ikan koi yang benar. Kolam koi sederhana. Kolam ikan koi sederhana. Cara buat kolam ikan hias. Cara membuat kolam ikan koi yang baik.

Membuat kolam ikan koi minimalis. Cara buat kolam ikan koi. Filter kolam ikan koi sederhana. Cara membuat kolam ikan koi sederhana. Cara membuat kolam koi minimalis. Cara membuat kolam ikan mini.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.