Previous
Next

Tutorial / Panduan

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Bila anda atau anak anda atau malah saudara anda baru saja lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas, pastikan anda memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat anda. Karena kesalahan pada saat memilih bidang yang akan anda dalami selama masa kuliah akan membawa anda menjadi mahasiswa abadi yang jauh dari kata wisuda. Jangan sampai anda mengecewakan orang tua anda hanya karena anda tidak mengetahui bidang apa yang anda kuasai dan ingin anda tekuni secara serius.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menemukan jurusan yang paling sesuai dengan bakat dan minat anda. Sehingga nantinya anda tidak akan menyesali keputusan anda untuk masuk ke bidang tersebut. Berikut ini beberapa pertanyaan yang harus anda jawab untuk mengetahui bakan dan minat anda:

  • Apa yang anda suka?

Jawaban dari pertanyaan ini akan membawa anda mengetahui dan mengenali hal-hal yang anda sukai. Dengan mengetahui kelebihan anda di suatu bidang, maka anda akan mempunyai alasan untuk menolak permintaan siapapun terutama orang tua saat mereka menginginkan anda untuk mengambil jurusan yang tidak anda sukai. Sebaiknya saat anda mengambil keputusan, bicaralah dengan hati kecil dan pilih yang akan membuat anda bersemangat.

  • Apa bidang yang anda kuasai?

Untuk menngetahui bidang yang kita kuasai, ada baiknya anda bertanya dan mendengarkan pendapat orang yang ada disekitar anda saat melihat hasil kerja anda. Misalnya, anda selalu mendapat pujian saat anda bernyanyi atau semua orang disekitar anda menyukai masakan anda. Dari sana, anda dapat menyimpulkan apa bidang yang ingin anda perdalam.

  • Apa cita-cita anda?

Pikirkan lagi dengan serius apa cita-cita anda, apakah anda ingin menjadi dokter, guru atau malah pengacara? Kemudian bila anda sudah mengetahui cita-cita anda, sebaiknya anda membandingkan antara profesi yang anda inginkan dengan kemampuan anda dibidang itu. Misalnya ada ingin menjadi marketing, dan sekarang anda sudah memiliki online shop yang cukup laris, ada baiknya anda meneruskan kuliah di jurusan ekonomi.

  • Ketrampilan apa yang anda ingin pelajari?

Dari awal, anda harus mengetahui dengan jelas, ketrampilan apa yang harus anda kuasai untuk melakukan suatu profesi yang nanti anda inginkan. Contohnya, bila anda menyukai masak memasak, anda akan mendapat setiap detail cara memasak berbagai macam kue saat anda meneruskan kuliah di culinary school.

  • Faktor-faktor yang dipertimbangkan

Seperti yang sudah anda ketahui, banyak mahasiswa yang memilih jurusan karena terpengaruh keluarga, keuangan atau malah budaya dari lingkungannya. Oleh sebab itu, saat anda menentukan jurusan yang ingin anda ambil di universitas, ingatlah faktor kekuatan eksternal yang akan mempengaruhi kehidupan anda selama belajar di kampus dari berbagai sisi. Hal ini sangat perlu diperhatikan karena menemukan jurusan yang tepat akan memberikan keseimbangan bagi impian dalam diri anda. Tidak hanya itu, dukungan dari keluarka anda akan membuat situasi yang lebih mendukung proses belajar anda di universitas.

Bagaimana? Hati-hati dan jangan asal saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi karena jawaban yang anda berikan akan sangat berpengaruh untuk masa depan anda nantinya. Good luck!

 

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Daftar jurusan kuliah dan penjelasannya. Macam macam fakultas. Macam macam jurusan kuliah dan penjelasannya. Macam macam jurusan teknik. Macam macam jurusan kesehatan. Macam macam jurusan kuliah. Http://carapedia.com/tips_memilih_jurusan_kuliah_info2950.html.

Cara menjadi dokter kecantikan. Macam macam jurusan. Macam jurusan kuliah dan penjelasannya. Jurusan kuliah dan penjelasannya. Macam macam fakultas teknik. Kuliah dokter kecantikan. Macam macam kuliah.

Cara jadi dokter kecantikan. Macam fakultas. Kuliah kecantikan. Macam macam jurusan di bidang kesehatan. Fakultas kedokteran jurusan kecantikan. Berbagai macam fakultas.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.