Previous
Next

Hukum & Politik

Sistem Pemerintahan Jepang

 

 

 

Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke-7 SM. Jepang merupakan sebuah negara yang paling disegani di wilayah Asia karena memiliki tekhnologi yang jauh lebih maju dibandng dengan negara-negara di sekitarnya. Di Jepang terdapat 47 pemerintah daerah tingkat prefektur (setingkat provinsi) dan memiliki lebih dari 3300 pemerintah daerah pada tingkat bawah. Para kepala pemerintah daerah tersebut dipilih oleh rakyat setempat melalui pemilihan.

Bentuk negara Jepang sendiri adalah sebuah negara yang monarki konstitusional yang sangat membatasi kekuasaan Kaisar Jepang. Mengenai sistem pemerintahan, Jepang menjalankan sistem pemerintahan parlementer, sama seperti yang dijalankan di Negara Inggris dan Kanada. Sejak tahun 1947 di Jepang mulai berlaku sebuah konstitusi atau Udang-Undang Dasar yang didasarkan pada tiga prinsip, yaitu : kedaulatan rakyat, hormat terhadap hak - hak asasi manusia, dan penolakan perang. Di dalam konstitusi ini juga menetapkan tentang tiga kemandirian badan pemerintah yang terdiri dari :
* Badan Legislatif
biasa disebut Diet atau parlemen
* Badan Eksekutif
terdiri dari anggota kabinet
* Badan Yudikatif
berfungsi sebagai pengadilan hukum

Di Jepang, jabatan kepala negara ada di tangan Kaisar. Walaupun demikian, fungsi Kaisar sebagai kepala negara hanyalah sebagai seremonial belaka. Karena kedudukan Kaisar sendiri diatur dalam Undang-Undang Dasar sebagai simbol dan pemersatu rakyat. Sehingga Kaisar Jepang hanya bertindak sebagai kepala negara yang mengurusi segala urusan yang berhubungan dengan diplomatik. Sedangkan untuk jabatan kepala pemerintahan ada di tangan perdana menteri.

Diet sebagai badan tertinggi dari kekuasaan negara juga berfungsi sebagai pembuat undang-undang. Anggota Diet terdiri dari Majelis Rendah dengan 480 anggota dan Majelis Tinggi dengan 242 anggota. Para anggota Diet akan memilih Perdana Menteri dari kalangan mereka sendiri. Kemudian Perdana Menteri terpilih akan membentuk kabinet. Kabinet akan bertugas dibawah kepemimpinan Perdana Menteri, tetapi kabinet dalam mejalankan tugasnya akan bertanggung-jawab kepada Diet.

Kewenangan Yudikatif ada di tangan Mahkamah Agung serta pengadilan-pengadilan yang lebih rendah. Di Jepang, pengadilan-pengadilan yang mengurusi masalah hukum terdiri dari: Pengadilan Tinggi, Pengadilan Distrik, dan Pengadilan Sumir (menangani kasus ringan, seperti pelanggaran lalu lintas). Mahkamah Agusng sendiri terdiri dari Ketua Mahkamah Agung dan 14 hakim lainnya. Ketua Mahkamah Agung dan semua anggotanya ditunjuk oleh kabinet

Video

Video Kekaisaran Monarki Jepang

Video tentang kaisar jepang dan kehidupan pribadinya

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Sistem pemerintahan jepang. Bentuk negara jepang. Bentuk pemerintahan jepang. Sistem pemerintahan negara jepang. Pemerintahan jepang. Bentuk pemerintahan negara jepang. Http://carapedia.com/sistem_pemerintahan_jepang_info232.html.

Sistem pemerintahan di jepang. Ciri ciri sistem pemerintahan jepang. Pemerintahan negara jepang. Bentuk negara jepang adalah. Sistem pemerintahan jepang di indonesia. Sistem pemerintahan di negara jepang. Sistem pemerintah jepang.

Bentuk negara jepang dan sistem pemerintahannya. 5 ciri sistem pemerintahan negara jepang. Dasar negara jepang. Kepala negara jepang. Sistem pemerintahan jepang saat ini. Bagaimana sistem pemerintahan jepang.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (3)
17 May 2014 13:58
cita bunga
always good!nand amazing
17 May 2014 13:56
SITI MELI
GOOD PAKE BGT !!!!
03 Jan 2014 16:45
hadat
jepang memang keren abis.. mulai dri kebiasaan masyakatnya, sampai pada tatanan pemerintahanpun sangat solid dan membanggakan. jempol buat negara jepang.