Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Sistem Ekskresi Hewan

 

Sistem ekskresi adalah suatu sistem yang menyelenggarakan proses pengeluaran zat-zat sisa. Zat-zat sisa ini merupakan hasil proses metabolisme dalamtubuh yang sudah tidak berguna lagi. Seperti pada manusia, di dalam tubuh hewan juga terdapat alat-alat pengeluaran. Alat pengeluaran pada setiap jenis hewan berbeda - beda. Semakin tinggi tingkatan hewan tersebut, maka akan semakin kompleks juga alat pengeluarannya.
 
Berikut ini adalah beberapa sistem ekskresi hewan:
 
# SISTEM EKSKRESI PADA PROTOZOA (Hewan bersel satu)
 
 
 
 
Protozoa tidak memiliki organ pengeluaran khusus sehingga zat sisa metabolismenya dikeluarkan melalui rongga berdenyut (vakuola kontraktil) atau melalui kulit secara difusi dan osmosis
 
 
# SISTEM EKSKRESI PADA SERANGGA
 
 
 
 
Alat pengeluaran pada serangga dinamakan buluh malpighi yang merupakan pembuluh - pembuluh halus berwarna putih kekuning kuningan yang terletak diantara usus tengah dan usus belakang. Buluh malpighi bermuara ke dalam usus.
Buluh malpighi merupakan alat pengeluaran yang berfungsi seperti ginjal. Serangga juga mempunyai sistem trakea untuk mengeluarkan zat sisa hasil proses oksidasi berupa karbon dioksida. Sistem trakea ini berfungsi seperti paru - paru. Nitrogen merupakan zat sisa metabolisme yang sebagian digunakan kembali dalam pembuatan zat kitin. Nitrogen yang sebagian lagi dibuang dalam bentuk asam urat kering
 
 
 
# SISTEM EKSKRESI PADA CACING TANAH
 
 
 
 
Cacing tanah memiliki alat pengeluaran berupa anus, kulit, dan nefridia. Anus berfungsi mengeluarkan sisa-sisa makanan hasil proses pencernaan. Kulit berfungsi untuk melepaskan karbon dioksida sebagai hasil dari proses oksidasi dan nefridia berfungsi dalam pembuangan zat sisa metabolisme yang berbentuk cair. Nefridia memiliki pangkal berupa corong bersilia yang disebut nefrostom. Nefrostom berupa pembuluh panjang yang tergulung di dalam segmen tubuh. Ujung pembuluh ini membesar membentuk gelembung yang membuka ke area luar melalui lubang - lubang kecil yang disebut nefridiofor.
Cairan tubuh ditarik ke corong nefrostom masuk nefridia oleh gerakan otot dan gerakan silia. Saat cairan tubuh mengalir lewat celah panjang nefrida, bahan - bahan yang berguna seperti molekul makanan, air, dan ion akan diambil oleh sel - sel tertentu dari nefridia. Bahan-bahan tersebut selanjutnya akan menembus pembuluh kapiler dan disirkulasikan kembali. Zat sisa metabolisme berupa nitrogen dan sedikit air yang tersisa di dalam nefridia kadang diekskresikan keluar.
 
 
 
# SISTEM EKSKRESI PADA IKAN
 
 
 
Ikan merupakan vertebrata yang hidup di air sehingga zat sisa metabolismenya berupa cairan. Alat pengeluaran pada ikan adalah sepasang ginjal yang berbentuk memanjang dan berwarna coklat. Pada ikan bertulang sejati (misal: ikan mas), saluran ginjal dan saluran kelamin bermuara di satu tempat yang disebut lubang urogenital yang terletak di belakang anus. Sebagian ikan bertulang rawan memiliki kelenjar pada permukaan kulitnya. Kelenjar tersebut berfungsi untuk menghasilkan lendir untuk melicinkan tubuh ikan sehingga memudahkan gerakan ikan di dalam air
 
 
 
# SISTEM EKSKRESI PADA BURUNG
 
 
 
Alat pengeluaran pada burung berupa pari-pari, hati, ginjal, dan kulit.aluran ginjal, saluran kelamin, dan saluran pencernaan bermuara pada sebuha lubang yang disebut kloaka. Burung menghasilkan kelenjar minyak yang terdapat pada ujung ekornya. kelenjar ini menghasilkan minyak untuk membasahi bulu-bulunya
 

Video

Video sistem ekskresi

Dalam video ini akan dijelaskan temtam sistem ekskresi

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Sistem ekskresi hewan. Sistem ekskresi pada hewan. Sistem ekskresi pada burung. Sistem ekskresi pada hewan vertebrata. Sistem ekskresi pada cacing tanah. Sistem ekskresi pada ikan. Sistem ekskresi pada aves.

Sistem ekskresi burung. Sistem ekskresi aves. Sistem ekskresi pada protozoa. Sistem ekskresi serangga. Sistem ekskresi protozoa. Sistem ekskresi ikan. Sistem pencernaan ikan.

Sistem ekskresi cacing tanah. Ekskresi hewan. Sistem ekskresi pada serangga. Alat ekskresi protozoa. Ekskresi aves. Alat ekskresi cacing tanah.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.