Previous
Next

Hukum & Politik

Sejarah Pancasila

 

 

 

Pancasila memiliki daftar sejarah yang panjang selama ini. Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai ideologi negara tidak pernah lepas dari berbagai macam cobaan yang secara otomatis menjadi ujuan dan cobaan bagi banga Indonesia. Sejarah Pancasila dibagi menjadi beberapa tahap dimana pada setiap tahapnya terdapat beberapa faktor dan peristiwa penting yang tentu saja tercatat dalam sejarah Pancasila itu sendiri. Berikut ini akan dijelaskan sejarah Pancasila dalam 6 tahap yang pernah dilalui:
 
1. MASA PRA KEMERDEKAAN
 
Ini berkaitan dengan beberapa peristiwa penting yang terjadi sebelum kemerdekaan. Presiden RI pertama, Soekarno berkali kali menegaskan bahwa beliau bukanlah pencipta Pancasila namun  beliu berperan sebagai penggali Pancasila dari khasanah sejarah bangsa Indonesia. Peristiwa Piagam Jakarta lah yang pada akhirnya berhasil merumuskan Pancasila yang kemudian ditetapkan oleh Sidang Pleno BPUPK pada 10 Juli 1945
 
2. HARI YANG MENETUKAN
 
Sore hari setelah peristiwa  Proklamasi 17 Agustus 1945, Bung Hatta mendapatkan laporan bahwa masyarakat Indonesia di bagian timur keberatan dengan isi pembukaan Undang - Undang Dasar 1945 yang mengandung kata Syari'at Islam. Demi menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia, akhirnya pada keesokan harinya diputuskan untuk menghilangkan kalimat tersebut demi menyatukan seluruh warga negara Indonesia. Sehingga Pancasila yang dirumuskan pada 18 Agustus 1945 adalah rumusan Pancasila yang definitif.
 
3. MASA MEMPERTAHANKAN PANCASILA
 
Pancasila mendapatkan perlawanan secara fisik atau kekerasan yang dimulai dari peristiwa Muso di Madiun tahun 1948 dan Islam radikal Kartosuwiryo tahun 1949 - 1963 kemudian disusul oleh pemberontakan - pemberontakan yang lain. Selain mendapatkan perlawanan secara fisik, Pancasila juga mendapatkan perlawanan secara ideologis dimana pada saat itu Belanda pada tahun 1949 mengakui kedaulatan Indonesia yang berbentuk RIS.
 
4. MASA DEMOKRASI TERPIMPIN
 
Ini terjadi pada kurun waktu 1959 hingga 1966. Penyelewengan pelaksanaan UUD 1945 membuat Pancasila dan UUD 1945 tidak lagi bercorak normatif. 
 
5. MASA ORDE BARU
 
masa ini dimulai pada tahun 1966 dimana secara bertahap fungsi dan peran UUD 1945 dan Pancasila diterapkan dan dilaksanakan secara murni dan konsekuen. Namun secara pelan dan pasti pada kenyataannya banyak penyelewengan dari pelaksanaan UUD 1945 dan Pancasila yang terbukti dari meningkkatnya jumlah koruptor sehingga pada akhirnya malah menjadikan Pancasila sebagai slogan omong kosong belaka
 
6. MASA REFORMASI
 
Masa reformasi dimulai sejak tahun 1998. Pada masa ini, Pancasila yang telah kehilangan daya pikatnya karena banyak diselewengkan pada masa order, mulai dikembalikan lagi seperti fungsi awalnya sehingga Pancasila mampu menjadi menjadi ideologi negara dan sebagai sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia.yang secara teori mampu menjadi ideologi 

Video

Video sejarah Pancasila

Dalam video ini akan diperlihatkan sebuah sejarah tentang lahirnya Pancasila

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Manfaat adanya rumusan definitif pancasila. Perbandingan antara berbagai rumusan pancasila dengan rumusan definitif pancasila. Jelaskan manfaat adanya rumusan definitif pancasila. Pengertian rumusan definitif pancasila. Manfaat rumusan definitif pancasila. Http://carapedia.com/sejarah_pancasila_info3041.html. Hikmah yang terdapat pada peristiwa perumusan pancasila.

Rumusan definitif pancasila. Arti penting rumusan definitif pancasila. Sejarah. Perbandingan antara rumusan rumusan yang muncul sebelum adanya rumusan definitif dengan rumusan definitif pancasila. Pancasila pra kemerdekaan. Rumusan pancasila yang definitif. Hikmah peristiwa perumusan pancasila.

Sejarah pancasila. Jelaskan arti penting rumusan definitif pancasila. Apa yang dimaksud dengan rumusan definitif pancasila. Manfaat adanya rumusan defenitif pancasila. Pentingkah adanya rumusan definitif pancasila. Perbandingan antara rumusan pancasila dengan rumusan definitif pancasila.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.