Previous
Next

Kesehatan

Penyakit Pinggang

 

 
 
 
 
Salah satu indikasi adanya penyakit pinggang adalah terdapat rasa nyeri pada pinggang. Bahkan pada kasus tertentu, nyeri pinggang ini bisa menjalar sampai ke tungkai kaki. Penyebab dari penyakit pinggang juga bermacam-macam.  Bisa karena tulang keropos, akibat penyebaran kanker, atau bisa juga sebagai akibat dari rematik maupun penyakit ginjal. Bagi siapapun yang pernah menderita penyakit pinggang pasti tahu bagaimana rasanya bila ada yang salah dengan tubuh bagian pinggang. Walaupun terlihat sepele, kita harus bisa mengetahui apa unsur penyebab penyakit pinggang tersebut untuk menghindari menjalarnya penyakit pinggang ke bagian organ tubuh yang lain.
 
Berikut ini adalah beberapa penyakit pinggang:
 
# ENCOK
Encok adalah penyakit pada sendi. Bentuk sendi di tubuh kita mirip dengan engsel pintu. Fungsi dari sendi itu sendiri adalah untuk pergerakan. Supaya pergerakan dapat berjalan dengan baik dan lancar, tentunya permukaan sendir harus berada  pada tempatnya. Gangguan yang terjadi pada penyakit encok adalah berupa rasa nyeri pada sendi - sendi yang sebenarnya disebabkan oleh kerusakan pada permukaan sendi atau cairan yang mengisi ruang tersebut. Untuk meringankan penyakit encok, kita harus menghindari angin malam, tidak tidur terlalu larut atau mandi ketika cuaca sedang dingin, dan banyak beristirahat karena pergerakan sendi yang berlebihan dapat memperburuk keadaan. 
 
# RADANG SELAPUT SENDI PINGGANG
Radang selaput sendi pinggang hampir sama dengan penyakit encok. Bla encok disebabkan oleh sendi yang mulai aus atau bisa juga karena berkurangnya jumlah cairan dalam sendi, maka penyakit radang selaput sendi pinggang disebabkan oleh posisi atau bentuk tubuh yang salah. Seperti punggung yang bungkuk, bentuk dada yang cekung, posisi bahu yang tidak tegak, dll. Yang membuat repot adalah tanda-tanda bentuk tubuh ini sudah ada sejak masih masa kanak-kanak. Untuk mengurangi rasa nyeri, kita bisa mengompres bagian pinggang yang sakit dengan handuk yang telah dicelupkan ke air hangat. Ulangi cara tersebut sampai rasa nyeri berkurang. Bagi penderita penyakit radang selaput sendi pinggang, sebaiknya tidak mengangkat, mendorong, menarik sesuatu yang berat, menghindari posisi tubuh membungkuk dan berjongkok. Selain itu, jangan menggunakan sepatu dengan tumit tinggi dan selalu menjaga posisi tubuh pada posisi yang benar, termasuk saat kita duduk.
 
# REMATIK
Rematik atau arthritis adalah peradangan di satu atau beberapa persendian yang terjadi secara tiba - tiba dan ditandai dengan bengkaknya persendian. Penyebab dari penyakit rematik belum diketahui dengan pasti. Namun, beberapa kemungkinan yang menyebabkan timbulnya rematik diantaranya: infeksi, komplikasi dengan penyakit infeksi lainnya, atau komplikasi penyakit lain yang buka infeksi. Gejala penyakit secara umum bisa dijumpai dalam bentuk timbulnya bengkak dan rasa sakit di persendian, hilangnya nafsu makan, sering merasa haus, keringat / bau badan menjadi berbau, merasakan sembelit, air seni kurang dan sangat asam, serta munculnya gejala kaku di persendian  

Video

Video mitos penyebab penyakit rematik

Dalam video ini akan diperlihatkan sebuah tayangan tentang mitos penyebab penyakit rematik

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Ciri ciri encok. Http://carapedia.com/penyakit_pinggang_info2314.html. Encok pinggang. Encok sakit pinggang. Rematik pinggang. Gejala encok. Sakit encok.

Penyebab encok. Ciri ciri penyakit encok. Ciri encok. Sakit pinggang encok. Pinggang encok. Tanda tanda encok. Cara mengatasi encok pinggang.

Cara mengatasi encok. Gejala sakit encok. Penyebab encok di pinggang. Ciri ciri sakit encok. Encok adalah. Radang pinggang.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.