Previous
Next

Wisata

Masjid Kubah Emas Depok

 

Bulan suci Ramadhan ini, jika anda ingin berwisata religi Masjid Kubah Emas di Depok menjadi salah satu alternative pilihan yang dapat anda kunjungi. Kenapa? Karena Masjid Kubah Emas ini menjadi simbol masjid yang paling megah di Indonesia bahkan di kawasan Asia Tenggara.

Nah, bila anda tertarik untuk berkunjung, datang saja ke masjid yang berlokasi di kelurahan Meruyung, kecamatan Limo, kota Depok untuk sekedar ngabuburit sambil menunggu saat buka puasa tiba.

Masjid Kubah Emas sendiri aslinya bernama Masjid Dian Al Mahri yang dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, seorang pengusaha dari Banten mulai tahun 2006 dengan luas kawasan sekitar 50 hektar dan luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. Sejak dibuka untuk umum pada tanggal 31  Desember 2006, masjid yang megah ini mampu menampung hingga kurang lebih 20.000 jamaah.

Secara umum, anda akan melihat tipologi arsitekstur Timur Tengah di Masjid ini dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam (plaza) dan penggunaan hiasan detail dan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk untuk memperkuat ciri keislamannya. Ciri lain yang menonjol adalah gerbang yang berupa portal atau hiasan sebagai ornament pada halaman dalam yang berukuran 45 x 57 meter dan mampu menampung hingga 8000 jamaah.

Untuk arsitekturnya detailnya sendiri, Masjid Dian Al Mahri memiliki 5 kubah yang berupa 1 kubah utama dan 4 kubah kecil yang seluruhnya dilapisi dengan emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik Kristal.  Kubah utamanya sendiri hampir sepetri bentuk Taj Mahal dengan diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecilnya memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter dan tinggi 8 meter.

Tidak berhenti sampai situ saja, masjid ini juga memiliki lampu gantung seberat 8 ton yang didatangkan langsung dari Italia dan relief hiasan di atas tempat imam yang terbuat dari emas 18 karat. Jika anda naik ke lantai dua, anda akan menemukan pagar dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid serta mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas. Wah, anda dapat membayangkan bukan bagaimana megahnya masjid yang satu ini? Oleh sebab itu, tunggu apalagi, segera berkunjung sambil wisata religi ke masjid Kubah Emas ini.

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Masjid kubah emas depok map. Masjid kubah emas depok peta. Sejarah masjid kubah emas. Alamat lengkap masjid kubah emas depok. Foto masjid kubah emas. Alamat masjid kubah mas depok. Peta masjid kubah emas depok.

Masjid kubah emas depok alamat. Alamat masjid kubah emas. Masjid quba mas. Sejarah masjid kubah emas depok. Buka puasa di masjid kubah emas depok. Alamat lengkap masjid kubah mas. Masjid quba depok.

Sejarah masjid kuba emas. Peta masjid kubah emas. Peta kubah emas. Gambar masjid kubah emas depok. Foto masjid kubah mas. Kubah emas depok alamat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.