Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Manfaat Bunga Matahari

Bunga Matahari memiliki 4 kelompok kultivar yang dibedakan berdasarkan kegunaan dan manfaat nya. Kultivar yang dibuat hanya untuk satu kegunaan tertentu saja.

  • Kelompok penghasil minyak, dimanfaatkan minyak bijinya. Biji kelompok ini memiliki cangkang biji yang tipis. Kandungan minyaknya berkisar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan Bunga majemuk.
  • Kelompok pakan ternak, dipanen daunnya sebagai pakan atau pupuk hijau.
  • Kelompok tanaman hias, yang memiliki warna kelopak yang bervariasi dan memiliki banyak cabang berBunga,
  • Kelompok kuaci, untuk dipanen bijinya sebagai bahan pangan.

Manfaat utama Bunga Matahari adalah sebagai sumber minyak, baik pangan maupun industri.
Sebagai bahan pangan, minyak Bunga matahari bermanfaat dan cocok dipakai untuk menggoreng, mengentalkan, serta campuran salad. Minyak Bunga matahari kaya akan asam linoleat, suatu jenis asam lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan manusia.

Kebutuhan industri menginginkan minyak dengan kadar asam oleat yang lebih tinggi. Terdapat kultivar Bunga matahari yang menghasilkan minyak dengan kualitas demikian (mengandung 80% hingga 90% asam oleat, sementara kultivar untuk pangan memiliki hanya 25% asam oleat).
 

Video

Video Cara Membuat Minyak Bunga Matahari

Di video ini akan diperlihatkan cara pembuatan minyak bunga matahari dari bijinya.

(edza/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Manfaat bunga matahari. Minyak biji bunga matahari. Cara membuat minyak biji bunga matahari. Tips membuat minyak bunga matahari. Minyak bunga matahari untuk balita. Tujuan bunga matahari. Teks tentang penenalan bungan matahari.

Cara menyuling minyak biji bunga matahari.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.