Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Bagaimana Terjadinya Gerhana Bulan

 

 
 
 
 
 
Gerhana bulan merupakan sebuah peristiwa alam yang umum terjadi. Walaupun terdapat banyak cerita mitos di masyarakat tentang gerhana bulan, namun peristiwa gerhana bulan bisa dijelaskan secara ilmiah sesuai dengan ilmu pengetahuan dan tidak berdasarkan mitos belaka. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagaimana terjadinya gerhana bulan:
 
Gerhana bulan adalah sebuah peristiwa alam dimana cahaya matahari yang jatuh ke bulan terhalang oleh bumi. Ini terjadi saat kedudukan bumi berada satu garis lurus dengan matahari dan bulan. Gerhana bulan hanya bisa terjadi saat bulan purnama. Mengapa demikian? Karena bumi akan menutupi bulan yang berukuran jauh lebih besar dan memiliki jarak yang relatif dekat. Gerhana bulan bisa terjadi dalam waktu yang lumayan lama, yaitu sekitar 5 - 6 jam. Untuk memudahkan penjelasan mengenai bagaimana terjadinya gerhana bulan, maka kita bisa melihat gambar berikut ini:
 
 
 
 
Ukuran bumi jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan ukuran matahari. Jadi pada saat matahari, bumi, dan bulan sejajar posisinya, maka bayangan inti bumi akan berbentuk kerucut. Wilayah yang dilalui oleh bayangan bumi ini akan menjadi sangat gelap, bayangan ini disebut umbra. sedangkan bayangan yang agak terang yang merupakan bayangan tambahan disebut dengan penumbra. Pada saat bulan berada dalam bayangan tambahan (penumbra), maka bulan akan kelihatan samar - samar. Ini disebut sebagai gerhana bulan sebagian. Dan pada saat bulan berada di dalam umbra, maka bulan akan sama sekali tidak kelihatan. Ini disebut peristiwa gerhana bulan total.  Proses bulan berada dalam bayangan tambahan (penumbra) bisa mencapai 6 jam. Sedangkan proses bulan berada dalam umbra hanya sekitar 40 menit. Gerhana bulan sebagian akan terjadi sebelum dan sesudah terjadinya gerhana bulan total.

Video

Video proses terjadinya gerhana bulan total

Dalam video ini akan diperlihatkan sebuah simulasi terjadinya gerhana bulan total

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Proses terjadinya gerhana bulan. Pengertian gerhana bulan. Terjadinya gerhana bulan. Penyebab gerhana bulan. Http://carapedia.com/bagaimana_ternya_gerhana_bulan_info2936.html. Penyebab terjadinya gerhana bulan. Kenapa terjadi gerhana bulan.

Proses terjadinya gerhana bulan total. Kenapa bisa terjadi gerhana bulan. Proses gerhana bulan. Sebab terjadinya gerhana bulan. Apa itu gerhana bulan. Bagaimana terjadinya gerhana bulan. Apa penyebab gerhana bulan.

Bagaimana proses terjadinya gerhana bulan. Bagaimana gerhana bulan terjadi. Peristiwa gerhana bulan. Pengertian gerhana bulan total. Sebab gerhana bulan. Tentang gerhana bulan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (7)
20 Aug 2014 20:02
mirul
siape penulis ni??
10 Apr 2014 19:39
opi variagustin
daerah gelap yg dilalui bayangan inti bumi dinamakan?n
11 Mar 2014 20:00
zamitah al aminah
kapankah gerhana bulan dan matahari akan datang ?n
05 Mar 2014 19:55
Rabila
kapan gerhana matahari total akan datang
09 Feb 2014 14:11
Nor Sal
kapa gerhana matahari total akan datangn
09 Feb 2014 14:11
Nor Sal
kapa gerhana matahari total akan datangn
20 Jan 2014 19:32
hizkia
bisa mengetahui lebih luas ilmu pengetahuan