Previous
Next
  • Home
  • »
  • Definisi
  • » Pengertian Definisi Pendidiakan Menurut Para Ahli

Definisi

Pengertian Definisi Pendidiakan Menurut Para Ahli

Kata pendidikan Berasal dari kata Pedagogi, yaitu dari kata “paid” artinya anak dan “agogos” artinya membimbing. Itulah sebabnya istilahpedagogi dapat diartikan sebagai “ilmu dan seni mengajar anak. Namun pendidikan juga memiliki pengertian sendiri menurut para ahli, yaitu:

  1. Langefeld mengatakan mendidik adalah membimbing anak dalam mencapai Kedewasaan
  1. Heageveld mengatakan mendidik adalah membantu anak dalam mencapai Kedewasaan
  1. Bojonegoro mengartikan mendidik adalah memeri tuntunan kepada manusia yang belum dewasa dalam pertumbuhan dan perkembangannya sampai tercapai kedewasaan
  1. Ki Hajar Dewantara mengartikan pendidikan sebagai daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya
  1. Rosseau mengatakan mendidik adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, tapi dibutuhkan pada masa dewasa.
  1. Darmaningtyas mengatakan tentang difinisi pendidikan yaitu pendidikan sebagai usaha dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup dan
    kemajuan yang ledih baik.
  1. Paulo Freire ia mengatakan, pendidikan merupakan jalan menuju pembebasan yang permanen dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa dimana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, damana melalui praksis mengubah keadaan itu. Tahap kedua dibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah proses tindakan kultural yang membebaskan.
  1. Ivan Illc mengatakan pendidikan adalah pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup.
  1. Edgar Dalle mengartikan pendidikan adalah usaha sadar yang sistematis dalam mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam diri manusia untuk menjadi manusia yang seutuhnya.
  1. Hartoto mengartikan pendidikan adalah usaha sadar, terencana, sistematis, dan terus-menerus dalam upaya memanusiakan
  1. Ngalim Purwanto mengartikan pendidikan adalah segala urusan orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya kearah kedewasaan

 

 

(mini/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Pengertian mendidik. Pendapat para ahli mengenai pendidikan. 10 definisi pendidikan menurut para ahli. Pendidikan menurut para tokoh. Pengertian membimbing. Teori pendidikan menurut pendapat ahli. Landasan teori pendidikan politik menurut para ahli.

Pengertian pendidikan politik menurut para ahli. Pengertian pendidikan menurut para ahli. Pengertian kedewasaan dalam pendidikan. Pengertian membimbing menurut para ahli. Pendapat parah ahli tentang pendidikn. Pendapat pendidikan menurut para ahli. Definisi pedagogi menurut para ahli.

Apa itu mendidik. .pengertian pendidikan menurut para ahli.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.