Previous
Next

Definisi

Pengertian dan Definisi Cerpen

 

 
 
 
 
Mungkin kita sering mendengar kata cerpen atau yang biasa juga disebut dengan cerita pendek. Namun, pasti banyak yang belum mengerti benar tentang pengertian dan definisi cerpen itu sendiri. Oleh karena itu, dibawah ini akan dijelaskan tentang pengertian dan definisi cerpen yang diambil dari beberapa sumber sehingga bisa menambah pengetahuan kita tentang pengertian dan definisi cerpen itu sendiri.
 
PENGERTIAN DAN DEFINISI CERPEN:
 
"Cerpen adalah cerita yang membatasi diri dalam membahas salah satu unsur fiksi dalam aspeknya yang terkecil. Kependekan sebuah cerita bukan karena bentuknya yang jauh lebih pendek dari pada novel, melainkan aspek masalahnya yang sangat dibatasi"
 
"Cerpen adalah kisahan pendek yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi pada suatu ketika"
 
"Cerpen merupakan salah satu bentuk prosa moderen selain roman, novel, dan novelet. Cerpen isinya menceritakan satu sisi kehidupan seseorang dan salah satu sifat dari cerpen adalah singkat"
 
Hendy (1991: 184)
"Cerpen adalah kisahan pendek yang mengandung kisah tunggal"
 
J. S. Badudu (1975: 53)
"Cerpen adalah cerita yang menjurus dan konsentrasi berpusat pada satu peristiwa, yaitu peristiwa yang menumbuhkan peristiwa itu sendiri"
 
Nugroho Notosusanto (1984: 176)
"Cerpen adalah sebuah cerita yang panjangnya sekitar 5000 kata atau kira - kira 17 halaman kuarto spasi rangkap, yang berpusat dan lengkap pada dirinya sendiri"
 
"Cerpen adalah salah satu bentuk cerita fiksi. Yang diceritakan dalam cerpen tidak benar - benar terjadi, melainkan hanya rekaan pengarangnya. Begitu juga dengan tokoh dan watak tiap - tiap tokoh tersebut juga ditentukan oleh pengarang"
 
"Cerpen adalah cerita atau narasi yang fiktif serta relatif pendek. Penceritaan harus dilakukan secara hemat dan ekonomis. Itulah mengapa dalam suatu cerpen hanya ada 2 - 3 tokoh, satu peristiwa, dan hanya satu efek saja bagi pembacanya"
 
"Cerpen adalah salah satu bentuk karya sastra yang ceritanya hanya menceritakan satu peristiwa dari seluruh kehidupan pelakunya. Ciri dari sebuha cerpen diantaranya adalah: singkat, padu, memiliki unsur utama berupa adegan, tokoh dan gerak, bahasanya tajam, serta menarik perhatian pembacanya"
 
"Cerpen adalah prosa yang menceritakan salah satu masalah kehidupan pelakunya sehingga hanya memiliki alur tunggal"

Video

Video petunjuk cara asyik membaca cerpen

Dalam video ini akan diperlihatkan bagaimana cara yang asyik membaca cerpen

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Definisi cerpen. Pengertian cerpen. Definisi cerita pendek. Cerpen adalah cerita pendek yang menceritakan. Defenisi cerpen. Pengertian cerpen yang umum. Definisi cerpen dari beberapa sumber.

Apa yang dimaksud dengan cerpen beserta sumbernya. Penjelasan cerpen. Maksud cerpen memiliki kesan tunggal adalah. Cerpen adalah. Pengertian cerpen yang benar. Devinisi cerpen. Apa itu cerpen lengkap.

Apa itu cerpen. Arti kesan tunggal. Kesan tunggal. Definisi cerpen secara umum. Pengetahuan tentang cerpen. Tentang cerpen.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.