Previous
Next

Paragraf

Contoh Paragraf Definisi

 

 
 
 
 
Paragraf definisi merupakan paragraf yang disusun dengan menyajikan gagasan utama yang diuraikan menjadi beberapa gagasan penjelas berupa definisi atau batas pengertian. Definisi yang memenuhi syarat untuk ditetapkan adalah:
 
# Definisi formal
  • Berkedudukan sama dengan defiendum
  • Letaknya bisa saling dipertukaran kelas dan pembeda harus berupa unsur yang diperlukan dan memadai
  • Bersifat pararel
  • Tidak diikuti sinonimnya
  • Tidak bersifat negatif
 
# Definisi luas
Harus bisa memberika batasan secara luwes, dipakai untuk menjelaskan konsep yang tidak dapat dijelaskan dengan kalimat singkat
 
 
Berikut ini adalah contoh paragraf definisi:
 
" Kata Enzim berasal dari bahasa Yunani enzymas yang berarti menyebabkan perubahan. Enzim inilah yang merupakan unsur pembuat apel, pisang, atau buah lainnya menjadi matang dan sampai akhirnya membusuk. Enzim terdapat pada semua organisme hidup, termasuk juga berada pada tubuh kita. Setiap reaksi kimia dan biologi yang terjadi dalam tubuh kita selalu membutuhkan enzim sebagai katalisator, yaitu zat yang memungkinkan terjadinya reaksi tetapi tidak ikut bereaksi. Enzim terdiri dari 3 golongan, yaitu enzim metabolik, enzim pencernaan, dan enzim pangan."

Video

Video bagian - bagian dari paragraf

Dalam video ini akan diperlihatkan bagian-bagian yang menyusun sebuah paragraf

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Contoh paragraf definisi. Paragraf definisi. Contoh kalimat definisi. Contoh paragraf eksposisi definisi. Contoh definisi. Definisi paragraf. Contoh paragraf eksposisi ilustrasi.

Contoh paragraf klasifikasi. Jenis paragraf. Contoh paragraf definisi luas. Paragraf klasifikasi. Contoh paragraf defenisi. Paragraf contoh. Kalimat definisi.

Pengertian paragraf definisi. Paragraf definisi luas. Contoh paragraf ilustrasi. Contoh definisi luas. Pengertian paragraf dan contohnya. Definisi luas.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.