Previous
Next

Paragraf

Contoh Paragraf Campuran

 

 
 
 
 
Paragraf adalah rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan. Paragraf umumnya terdiri atas beberapa kalimat. Kalimat-kalimat tersebut saling bertalian dengan mengusung sebuah gagasan tertentu. Sedangkan paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama dan kalimat terakhir. Paragraf ini mempunyai 2 kalimat utama. Pada kalimat terakhir umumnya mengulangi gagasan yang dinyatakan kalimat pertama dengan sedikit tekanan dan variasi
 
Berikut ini adalah contoh paragraf campuran:
 
" Indonesia adalah negara kesatuan. Negara yang terdiri dari ribuan pulau ini memiliki aneka ragam kebudayaan dan bahasa. Masyarakatnya yang rukun dan damai saling hidup berdampingan dalam perbedaan agama, bahasa, kebudayaan, dan lain-lain. Semboyan Bhineka Tunggal Eka yang berarti walaupun berbeda-beda tetap satu jua inilah yang menjadi dasar masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan. Selain kaya akan ragam kebudayaan, Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah dari ujung Sabang sampai Merauke. Dengan pengelolaan yang baik, kekayaan alam Indonesia ini bisa menghidupi serta mensejahterakan masyarakat Indonesia sehingga semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan serta kerukunan masyarakat Indonesia "
 

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Contoh paragraf campuran. Contoh paragraf campuran kesehatan. Paragraf campuran. Contoh paragraf campuran dalam bahasa jawa. Contoh paragraf variatif. Http://carapedia.com/paragraf_campuran_info1965.html. Contoh paragraf campuran singkat.

Contoh kalimat campuran. Contoh paragraf campuran bahasa jawa. Paragraf campuran bahasa jawa. Tuladha paragraf campuran bahasa jawa. Kalimat campuran. Contoh campuran. Contoh paragraf campuran pendek.

Paragraf campuran contoh. Contoh paragraf campur. Paragraf campuran adalah. Contoh paragraf campuran menggunakan bahasa jawa. Contoh contoh paragraf campuran. Contoh paragraf campuran tentang olahraga.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
10 Dec 2013 09:41
lutfi amir
apa contoh dari paragraf campuran basa jawin