Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Pakaian Tradisional dari Jawa Tengah

Daerah

Pakaian Tradisional dari Jawa Tengah

Pakaian tradisional kaum perempuan Suku Jawa pada umumnya, dan di Jawa Tengah khususnya adalah memakai kebaya, kemben, dan kain tapih pinjung dengan stagen. Kebaya memang biasa dikenakan oleh perempuan bangsawan maupun rakyat biasa sebagi pakaian sehari-hari maupun pakaian upacara.


Salah satu contoh pakaian upacara yang biasa dipakai dikalangan keraton adalah baju kebaya menggunakan peniti renteng, dipadukan dengan kain sinjang atau jarik corak batik. Bagian kepala rambutnya digelung (sanggul), dan dilengkapi dengan perhiasan yang dipakai seperti subang (anting-anting), cincin, kalung, gelang, serta kipas.


Pakaian sehari-hari perempuan Jawa biasanya cukup memakai kemben yang dipadukan dengan stagen dan kain jarik. Kemben dipakai untuk menutupi dada, ketiak, dan punggung. Sedangkan stagen dililitkan pada bagian perut untuk mengikat tapihan pinjung agar kuat dan tidak mudah lepas.


Baju kebaya dipakai dengan kain sinjang jarik atau tapih. Bagian depan kain, di sebelah kiri dibuat wiron (lipatan) yang dililitkan dari kiri ke kanan. Untuk menutupi stagen digunakan selendang pelangi dari tenun ikat celup yang berwarna cerah. Kelengkapan pakaian yang dipakai biasanya berupa subang kecil dengan kalung dan liontin yang serasi, cincin, gelang, dan sepasang tusuk konde pada sanggul.


Sementara itu, pakaian bagi kaum laki-laki, khususnya kerabat keraton adalah memakai baju beskap kembang-kembang atau motif bunga lainnya. Pada kepala memakai destar (blankon), kain samping jarik, stagen untuk mengikat kain samping, keris dan alas kaki (cemila). Pakaian ini dinamakan Jawi Jangkep, yaitu pakaian laki-laki Jawa lengkap dengan keris.


Di kalangan rakyat biasa, khususnya laki-laki, pakaian yang dipakai adalah celana kolor warna hitam, pakaian lengan panjang, ikat pinggang besar, ikat kepala, dan sarung. Namun, jika ada pelaksanaan upacara, biasanya memakai kain jarik dan sabuk sindur, serta baju beskap atau sikepan, dan memakai destar atau blankon.



Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Jawa Tengah

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Rumah adat jawa tengah. Pakaian adat suku jawa. Pakaian tradisional jawa tengah. Pakaian suku jawa. Pakaian tradisional jawa. Pakaian daerah jawa tengah. Pakaian khas jawa tengah.

Baju daerah jawa tengah. Pengertian pakaian adat jawa tengah. Pakaian khas jawa. Kebaya jawa tengah. Penjelasan pakaian adat jawa tengah. Pakaian jawa tengah. Pakaian adat suku jawa tengah.

Nama pakaian daerah. Pakaian adat provinsi jawa tengah. Busana adat jawa tengah. Pakaian adat jateng. Pakaian adat jawa tengah adalah. Keterangan pakaian adat jawa tengah.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (3)
28 Oct 2013 22:16
nafisa rizkiana dwi putri
Kok gaada nama namanya sih
06 Oct 2013 16:59
Ratih Nur Widyantari
sebenarnya bagus, tapi seharusnya ada pengertian mengenai pakaian adat jawa tengah.
06 Oct 2013 16:46
Ratih Nur W.
ya,, saya suka.