Previous
Next

Info Sastra

Majas Metafora

 

 
 
 
 
Majas metafora hampir sama dengan majas perumpamaan. Namun yang membedakan antara majas metafora dan majas perumpamaan adalah pada majas metafora tidak menggunakan kata - kata: seperti, bak, ibarat, bagai, laksana, serupa, seumpama, semisal, dll. Majas metafora merupakan majas yang perbandingannya dilakukan secara implisit antara 2 hal yang berbeda. Beberapa ahli bahasa menyatakan bahwa majas metafora merupakan majas perbandingan yang dilakukan secara langsung karena tidak menggunakan kata pembanding. 
 
Majas metafora merupakan salah satu bagian dari majas perbandingan. Ciri khusus dai majas metafora ini adalah tidak ditemukannya konungsi atau kata penghubung pada kalimat - kalimatnya. Ini berkaitan dengan pendapat bahwa majas metafora adalah majas perbandingan langsung. kalimat - kalimat majas metafora ini banyak kita jumpai pada teks sastra seperti pada puisi, syair, dll
 
Berikut ini adalah beberapa contoh dari majas metafora:
 
  • Engkaulah sinar mentariku yang selalu menyinari hari - hariku
  • Raja hutan mengaum dengan kerasnya sebagai pertanda bahwa dia adalah sang penguasa hutan
  • Engkau telah bertahta di hatiku sejak pertama kali aku melihat wajahmu
  • Bunga bangsa itu telah gugur saat membela negara tercinta ini
  • Mobil merk Avanza dan Xenia telah merajai jalanan selama beberapa tahun terakhir ini
  • Team sepakbola Nasional telah bermain dengan cantik selama bertanding dengan Brunei Darussalam
  • Gol yang diciptakan oleh Gonzales adalah gol terindah yang pernah aku lihat
  • Sandra telah menutup hatinya rapat - rapat untuk Reza yang telah menghianatinya.
  • Dibalik sifat garang Donni terdapat sebentuk hati yang sangat rapuh
  • Della adalah seorang sahabat yang mampu mengunci mulut rapat - rapat demi menjaga rahasia hidupku yang pernah aku ceritakan kepadanya
 
Dari beberapa contoh kalimat majas metafora diatas, kita bisa melihat bahwa banyak bahasa atau kalimat kiaan yang bisa digunakan untuk mengungkapkan suatu hal dalam bentuk kalimat lain yang dipandang lebih sopan ataupun bisa juga dipandang lebih dramatis. Sebuah karya sastra memang membutuhkan bahasa / kalimat yang dipandang mampu menaikkan makna dari kalimat yang sebenarnya sehingga bisa memberikan nilai tambah bagi karya sastra itu sendiri.

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Puisi majas metafora. Majas metafora. Kalimat majas metafora. Http://carapedia.com/majas_metafora_info2583.html. Contoh kalimat majas metafora. Metafora. Contoh kalimat majas metafora dan artinya.

Contoh puisi dari majas metafora. Sastra metafora. Ciri ciri majas metafora. Contoh majas metafora dalam puisi. Ciri metapora. Apa yang di maksud majas metafora. Ciri metafora.

Metafora kata. Arti metafora. Kumpulan metafora. Karya sastra metafora persabatan. Kalimat bermajas metafora. Kata kata metafora.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.