Previous
Next

Daerah

Keris, Senjata Khas Jawa Tengah

Sejak zaman dulu, keris selalu menjadi lambang kekuatan, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Pada dasarnya, keris tidak berbeda dengan senjata tradisional lainnya. Bermata tajam serta digunakan untuk memotong, menusuk, atau mengiris.


Keris telah dibuat oleh para empu pembuat keris sejak zaman dulu. Campuran antara materi baja dengan meteorit, dengan teknik tempa lipat, menjadikan keindahan fisik keris terbentuk.


Dalam dunia perkerisan, dikenal istilah pamor daden. Pamor daden adalah pamor atau “cahaya” yang terbentuk secara spontan, tanpa rekayasa sang empu pembuat keris. Menurut percobaan yang dilakukan, keris biasanya memiliki kandungan radioaktivitas yang tinggi. Oleh karenanya perlu ada cara untuk menetralkannya.


Salah satu cara menetralkan bahaya radiasi itu dengan menyarungkan bilah keris ke dalam rangka kayu tertentu. Kayu-kayu yang biasa digunakan adalah kayu Timoho, Trembalu, Cendana, Awar-awar, Galih asem, Liwung, atau gading gajah.


Selain itu, ada pula istilah pamor rekan atau pamor buatan. Pamor rekan adalah jika sejak awal pembuatan keris, sang empu keris menginginkan “cahaya” tertentu dari kerisnya.
Ciri khas keris Solo, biasanya memiliki aksesoris banyak yang bertahtakan berlian serta berangka kayu cendana wangi. Selain itu, badan keris pun tak jarang bertahtakan emas berlian.



Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Jawa Tengah

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Senjata tradisional jawa tengah. Ciri khas keris. Senjata jawa tengah. Senjata khas jawa tengah. Keris jawa tengah. Senjata adat jawa tengah. Senjata daerah jawa tengah.

Senjata tradisional jawa. Senjata khas jawa. Senjata tradisional daerah jawa tengah. Senjata dari jawa tengah. Ciri khas daerah jawa tengah. Senjata tradisional khas jawa tengah. Senjata tradisional dari jawa tengah.

Senjata tradisional jawa tengah keris. Senjata tradisional dan keterangannya. Alat tradisional jawa tengah. Sejarah keris jawa tengah. Senjata khas daerah jawa tengah. Senjata tradisional jawa tengah dan keterangannya.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.