Previous
Next
  • Home
  • »
  • Kesehatan
  • » Jenis Makanan Do & Don't Bagi Penderita Maag

Kesehatan

Jenis Makanan Do & Don't Bagi Penderita Maag

 

Penyakit Maag atau radang lambung atau tukak lambung muncul disebabkan karena terjadinya luka atau radang di bagian dalam lambung. Penyakit ini juga bisa terjadi karena kesalahan mengkonsumsi makanan yang menyebabkan alsam lambung diproduksi lebih banyak, selain itu juga disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, stres, sering mengonsumsi alkohol, kurang istirahat dan sebagainya.

Penggolongan penderita maag dibedakan dalam beberapa tingkatan yaitu parah tidaknya maag, ada maag ringan, maag sedang, hingga maag kronis yang bisa menyebabkan terjadinya kanker lambung. Klik di sini untuk mengetahui lebih banyak tentang maag.

Bagi Anda yang menjadi penderita maag, yang perlu dilakukan adalah mengatur pola makan dan memilih jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari dan makanan yang boleh Anda konsumsi. Bahkan saat makan, Anda perlu makan dalam porsi kecil tapi frekuensinya sering.  Ada beberapa makanan yang dianjurkan dan yang sebaiknya dihindari penderita maag. Dengan demikian, diharapkan maag tidak mudah kambuh, sehingga aktivitas harian tidak terganggu.

Para penderita maag dan radang lambung disarankan untuk mempertimbangkan makanan yang dapat mengurangi serangan nyeri lambung, seperti kentang, pisang, brokoli, kol, dan bubur.

1. Kentang

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Anda dapat mengolah kentang menjadi bubur kentang atau jus kentang yang bersifat basa untuk disantap di pagi hari karena bermanfaat untuk menetralisir asam lambung. Anda bisa menyantapnya sebelum mengkonsumsi makanan lain.

2. Pisang Masak

Kandungan pisang yaitu kalium yang bermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.

3. Brokoli

Brokoli mengandung kalium dan sulfur yang baik. Kandungan sulfur pada kentang adalah sebagai antioksidan yang berperan untuk melindungi lapisan dalam kulit lambung. Vitamin C juga ditemukan di dalam brokoli yang berfungsi untuk menjaga stamina tubuh.

4. Bubur Ayam

Penderita maag sebaiknya makan makanan yang lunak misalnya bubur. Bubur ayam merupakan variasi bubur yang dapat Anda makan saat sarapan untukn mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Jika Anda menikmati bubur ayam sebaiknya hindari makan  jeroan karena akan sulit dicerna,jika ingin menambah rasa tambahkan telur rebus, kecap dan sedikit kerupuk pada bubur Anda.

6. Kol

Kol sangat berkhasiat mengatasi penyakit maag walaupun mengandung gas. Menurut Dr. Michael T. Murray, ahli naturopati dari Bellevue Washington, kandungan asam amino glutamin dalam kol dapat meningkatkan sirkulasi darah ke perut, untuk memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, melindungi lapisan dalam perut, dan mengobati luka pada saluran pencernaan. Namun, Anda perlu mengkonsultasikan konsumsi sayuran ini pada dokter Anda.

7. Permen Karet (bukan utk dimakan)

Manfaat mengunyah permen karer adalah untuk merangsang produksi air liur yang bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung. Dengan bertambahnya produksi air liur maka proses pembersihan lambung berjalan dengan baik.

 

Sedangkan makanan yang sebaiknya dihindari oleh para penderita maag adalah sebagai berikut :

1. Buah dan Sayur Yang Menghasilkan Gas

Buah dan sayur dapat menghasilkan gas tidak dianjurkan bagi penderita maag. Misalnya sawi, kol/kubis, kacang-kacangan, juga buah seperti nangka, pisang ambon, kedondong dan berbagai jenis buah yang dikeringkan.

2. Minuman Bersoda

Minuman bersoda jelas akan menghasilkan banyak gas yang menyebabkan rasa penuh di perut. Sebaiknya, Anda menghindari mengonsumsi minuman bersoda, termasuk minuman beralkohol.

3. Makanan Pedas

Makanan pedas memicu luka di dalam lambung yang dapat menyebabkan penyakit maag. Sebaiknya Anda juga menghindari makanan jenis ini, yaitu pedas karena cabai dan merica.

4. Makanan Asam Atau Pencetus Asam Lambung

Penyakit maag sangat menghindari adanya peningkatan asam di dalam lammbung sehingga dianjurkan untuk menghindari makanan asam atau yang menimbulkan asam lambung naik. Hindari hindari makanan atau buah yang bersifat asam beserta jusnya, cuka, juga kopi dan susu full cream.

5. Beberapa Jenis Karbohidrat

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat juga tidak baik untuk lambung penderita maag. Hindari mengonsumsi ketan, mie, bihun, pasta, jagung, ubi, singkong dan talas.

6. Makanan Yang Sulit Dicerna

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna hal ini akan membuat  kerja lambung makin berat. Hindarilah beberapa makanan yang sulit dicerna antara lain makanan dengan kadar lemak tinggi, cake dengan krim, cokelat dan keju.

 

Video

Mengatasi Penyakit Maag

Video berikut menjelaskan penyakit maag dan cara mengatasi penyakit maag.

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/jenis_makanan_don_bagi_penderita_maag_info3927.html. Pisang untuk maag. Makanan yang mudah dicerna lambung. Makanan yang dianjurkan untuk penderita maag kronis. Pisang dan maag. Pisang maag. Makanan yang dilarang diperbolehkan bagi penderita maag.

Makanan yang baik untuk maag kronis. Makanan yang baik untuk penderita maag kronis. Makanan sehat untuk maag kronis. Daftar makanan yang dilarang bagi penderita maag kronis. Apakah pisang ambon baik untuk penderita maag. Makanan tidak boleh di konsumsi bagi penderita maag kronis. Pisang & maag.

Pisang untuk sakit maag. Resep makanan untuk penderita maag kronis. Ketan maag. Sakit yg tdk blh makan jagung. Makanan yg baik untuk penderita maag kronis. Makanan yang dianjurkan untuk gastritis.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.