Previous
Next

Kesehatan

Tentang Penyakit Maag

 

 
 
 
 
Penyakit maag merupakan gangguan fungsi lambung yang disebabkan oleh tingginya kadar asam dalam lambung. Dalam kondisi normal, lapisan selaput lendir melindungi dinding lambung terhadap pengaruh asam dan enzim yang biasanya terdapat di dalam cairan lambung. Jika lapisan tersebut rusak, maka asam akan merusak dinding lambung dan bisa menyebabkan luka atau yang kadang disebut dengan istilah tukak.
 
# PENYEBAB PENYAKIT MAAG
  • Jam / waktu makan yang tidak teratur. Jadwal makan yang tidak teratur kerap emmbuat lambung sulit beradaptasi. Jika hal ini berlangsung terus menerus, maka akan terjadi kelebihan asam dan akan mengiritasi dinding lambung.
  • Jenis makanan yang kurang cocok atau sulit dicerna
  • Jumlah makanan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit
  • Kualitas / gizi makanan yang kurang baik
  • Kebiasan buruk beruka merokok dan minum minuman yang mengandung alkohol
  • Stress dan kurang istirahat. Hal ini dimungkinkan karena sistem persarafan di otak berhubungan dengan lambung, sehingga jika seseorang mengalami stress, bisa muncul kelainan dalam lambungnya. Stress bisa menyebabkan terjadinya perubahan hormonal di dalam tubuh. Perubahan itu akan merangsang sel - sel dalam lambung yang kemudian memproduksi asam secara berlebihan 
 
# MENCEGAH PENYAKIT MAAG
Untuk mencegah penyakit maag disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang dapat mengganggu lambung. Diantaranya, makanan yang terlalu pedas dan asam. Hindari juga mengkonsumsi makanan yang bisa membentuk gas sehingga bisa menyebabkan perut kembung. Seperti: ubi, nangka, durian, minuman bersoda, dll. Selain itu, menghindari stress juga cukup efektif dalam mencegah penyakit maag. Hindari karbohidrat tertentu yang bisa membuat lambung menjadi begah atau penuh, misalnya ketan dan mie. Sebisa mungkin hindari makanan mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna, seperti cake, keju, dan daging kambing karena bisa membuat lambing bekerja keras dan memperlambat pengosongan isi lambung. Menjaga kebersihana alat - alat makan dan minum juga sangat disarankan karena bakteri Helicobacter Pylori (bakteri yang menyerang dinding lambung) mudah sekali berpindah melalui ludah lewat piring atau gelas yang dicuci kurang bersih.
 
 
# MENGOBATI PENYAKIT MAAG
Penyakit maag bisa diobati dengan cara mengatur pola / gaya hidup serta pola makan yang teratur dan sehat. Sementara itu, obat-obatan yang beredar di pasaran hanya berfungsi membantu proses penyembuhan serta mengurangi rasa nyeri lambung. Pengobatan penyakit maag yang intinya menyembuhkan luka lambung akan memakan waktu yang lama. Walaupun luka tersebut sudah pulih , namun akan meninggalkan jaringan parut yang mudah sobek apabila terjadi iritasi karena produksi asam lambung yang berlebihan dan akan berakibat pada sekresi kelenjar-kelenjar lambung yang tidak seimbang.
Pengobatan penyakit maag dengan pengobatan tradisional juga patut untuk dicoba. Ramuan tradisional berupa kunyit bisa menyembuhkan luka pada dinding lambung karena khasiat dari kunyit tersebut adalah bisa menutup  luka.  Jika semua cara diatas serta pengobatan dengan cara tradisional telah dilakukan namun penyakit maag tidak kunjung reda, maka disarankan untuk segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat karena siapat tahu penyakit maag yang diderta disebabkan oleh bakteri.

Video

Video obat herbal untuk sakit maag

Dalam video ini akan diperlihatkan promosi obat herbal untuk sakit maag

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Tentang penyakit maag. Http://carapedia.com/tentang_penyakit_maag_info2308.html. Efek maag. Penyakit maag. Lama penyembuhan maag. Gambar penyakit maag. Penyembuhan maag.

Pengaruh maag. Lambung robek. Lambung sobek. Dampak maag. Cara membuat ramuan kunyit untuk sakit maag. Kunyit untuk maag. Makanan pencegah sakit maag.

Masa penyembuhan maag. Efek dari maag. Sakit maag. Mie dan maag. Seputar penyakit maag. Maag luka.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
18 Feb 2014 08:24
siti rohani fikriah
terimakasih informasinya