Previous
Next

Dongeng & Hikayat

Contoh Hikayat

 

 

Hikayat termasuk dalam kesusastraan lama. Hikayat mempunyai 2 fungsi utama, yaitu sebagai media (sarana) pengajaran moral, budi pekerti, atau sopan santun secara turun menurun dari nenek moyang dan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat.

Berikut ini adalah salah satu contoh dari hikayat:

Judul: Hikayat Pancatantra
Pengarang: Baidaba, berasal dari India
Penerjemah: Abdullah bin Abdulkadir Munsyi dan Tambi Mutu Virabattar


Ringkasan cerita:

Seorang raja di Paduli Parum bernama Sugadarma (Agmarasakti) mempunyai 4 putra yang bodoh dan malas. Dipanggilnya seorang brahma bernama Sumasanma (Wisnu Sarma) untuk mendidik putra raja dengan cara bercerita) ada 5 certita tentang binatang yang disampaikan. Cerita itu berisi ibarat dan kiasan terhadap kehidupan manusia, yang akhirnya mampu menyadarkan putra raja hingga menjadi baik, rajin, dan cerdik. kelima cerita tersebut adalah sebagai berikut:


# 1. Orang yang memutuskan persahabatan
Lembu Sanjiwaka yang patah kaki tertinggal dalam hutan. Setelah sembuh ia bersahabat dengan singa bernama Pinggalaka. Atas hasutan srigala, keduanya berkelahi hingga tewas. Dalam cerita ini disisipkan pelajaran tentang ketatanegaraan, politik, dan pemerintahan

# 2. Perang yang menjadi persahabatan
Beberapa ekor burung terkena jerat pemburu, tikus membantu melepaskannya, lalu jerat diterbangkan bersama-sama. Seekor burung gagak yang melihat kejadian itu bergabung, juga labi-labi dan rusa. ketika rusa kena jerat, mereka membantunya. Cerita ini mengandung pelajaran tentang persatuan dari yang lemah dapat mengalahkan yang kuat.

# 3. Perkelahian burung gagak dan burung hantu
Perkelahian ini bermula dari pemilihan raja burung. Bagian ini mengandung nasihat kepada menteri tentang kewajiban, hubungan dengan raja, taktik perang, tipu muslihat, dan keberanian. Atau mengandung pelajaran politik tentang perang dan damai

# 4. Seorang yang kehilangan benda yang diberikan orang lain
Seekor buaya yang melepas kera tangkapannya karena kera akan mengambil hatinya yang tertinggal di atas pohon. Pelajaran yang diberikan adalah kekecewaan seseorang karena terlalu percaya kepada orang lain yang pandai berbohong

# 5. Orang yang mengerjakan sesuatu tanpa selidik
Seekor tupai ditugasi menjaga anak tuannya. Ketika tuannya pulang, mulut tupai berdarah. Tuannya mengira ia telah membunuh anak yang dijaga. Tanpa pikir panjang, tupai tersebut dibunuh. Ternyata tupai tersebut baru saja berkelahi dengan ular untuk membela anak tuannya

Video

Video Hikayat Sang kancil dan Monyet

Dalah video ini akan diperlihatkan sebuah hikayat yang menceritakan tentang sang kancil dan monyet

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Contoh judul hikayat. Contoh cerita hikayat. Contoh dari hikayat. Contoh surat hikayat. Salah satu judul hikayat. Http://carapedia.com/hikayat_info714.html. 3 judul cerita hikayat.

Salah satu contoh hikayat. Definisi dongeng hikayat. Contoh judul dari hikayat. Fungsi hikayat. Contoh judul cerita hikayat. Pengertian hikayat dan contohnya. Contoh cerita dari hikayat.

Langkah langkah membuat hikayat. Berikut iji yang tidak termasuk fungsi hikayat adalah. 2 contoh hikayat. Contoh contoh hikayat. Contuh judul hikayat. Judul hikayat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.