Previous
Next

Drama

Cara Membuat Dialog Drama

Seperti yang sudah banyak dituliskan dalam artikel dan berbagai literature, bahwa yang dimaksud dengan Drama adalah, merujuk sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani, Dram yang artinya gerak-gerik. Sedang pertunjukan drama adalah pertunjukan gerak gerik tubuh yang juga menonjolkan percakapan (dialog) dan mimik wajah  para pemain (akting) di panggung. Dari pengertian secara umum tentang drama, dapat difahami bahwa dialog sangat berpengaruh dalam sebuah pertunjukan drama. Tanpa dialog, drama akan berasa seperti sayur tanpa garam. Lalu bagaimana sebaiknya cara penulisan dialog drama yang baik, berikut beberapa tipsnya;

Jelas

Yang dimaksud dialog drama harus jelas adalah cara penulisan yang mudah dimengerti oleh banyak orang (kalangan yang datang menyaksikan pertunjukan). Pilihlah kata-kata dan rangkai menjadi kalimat yang gampang difahami. Kata-kata yang digunakan adalah kata yang familiar dengan audience, jika mereka yang hadir kalangan anak-anak sekolah, bedakan kata-kata yang dipakai dengan audience para eksekutif muda misalnya. Kata bahasa asingpun perlu diperhatikan, apakah sudah benar pemilihannya, kata yang biasa digunakan di kehidupan sehari-hari atau kata yang justru belum pernah terdengar atau hanya kalangan tertentu yang mengerti.

Belum lagi, penempatan tanda baca juga mempengaruhi sebuah dialog. Letak titik, koma, tanda tanya sampai tanda seru, mempenaruhi isi atau maksud dialog tersebut. Intinya, saat kita menulis dialog drama, perhatikan benar kaidah bahasa yang baik dan jangan pula meninggalkan ejaan yang benar, pun dalam memakai bahasa sehari-hari.

Sesuai tema

Setiap pertunjukan drama, tentu mengangkat suatu tema untuk diperankan. Sebagai penulis dialog, Anda harus memahami benar apa tema yang ingin disampaikan dan dikembangkan. Ada baiknya Anda mencari referensi tentang tema cerita yang akan dipentaskan. Tidak mungkin bila Anda menulis kata-kata lucu dalam sebuah drama sejarah bukan? Atau kata-kata roman dalam sebuah drama popular.

Sesuaikan benar tema dengan isi dialog yang Anda tulis karena dialog dalam drama sebenarnya merupakan senjata utama agar suatu tema tersampaikan dengan baik. Dialog adalah nyawa dari sebuah Drama. Selain mimik, gerak tubuh dan latar suara, tentunya.

Mengakomodasi karakter

Dialog dalam drama haruslah dapat mengakomodasi karakter per karakter tokoh yang memainkan suatu peran dalam cerita drama, itu tidak dapat dipungkiri. Para actor/aktris drama, sangat bergantung pada dialog agar peran yang dimainkannya dapat dicerna dengan baik bagi mereka yang menyaksikan pertunjukan.

Sebuah peran antagonis misalnya, banyak menggunakan kata dengan nada seru yang menghardik, atau kata-kata lembut namun menusuk, kata bernada mengejek dan banyak cirikhas lain yang dapat dimunculkan dalam peran ini lewat sebuah dialog. Tentu saja sangat berbeda dengan sebuah peran protagonist yang harusnya banyak menyampaikan kata-kata bernada lembut, santun atau bijak.

 

Mimik dan gerak tubuh dalam drama pun, sangat berpengaruh pada dialog yang dituliskan. Untuk itu dalam menuliskan sebuah dialog drama, hendaknya kita pelajari dengan baik apa temanya, bagaimana peran tokoh-tokohnya, sampai siapa saja audience dari drama yang akan dipertunjukkan.

 

 

Video

Video Contoh Dialog Drama

Video berikut menampilkan contoh dialog drama dalam pertunjukan disney on ice. Dialog direkam di studio oleh 2 orang pengisi suara.

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Cara membuat dialog. Cara membuat drama musikal. Teknik penulisan dialog dalam drama. Cara membuat drama musikal yang menarik. Cara membuat dialog drama. Http://carapedia.com/dialog_drama_info2635.html. Cara membuat percakapan.

Dialog yang baik dalam drama. Membuat dialog. Bagaimana dialog yang baik dalam drama. Teknik penulisan dialog dalam naskah drama. Cara penulisan dialog drama. Teknik penulisan dialog drama. Cara penulisan dialog dalam drama.

Cara membuat teks dialog. Artikel cara membuat drama musikal. Menulis teks percakapan atau drama. Cara menulis dialog dalam drama. Syarat2 membuat dialog. Membuat dialog percakapan.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
11 Aug 2014 19:56
Habib ALGHAZALI SIRADZ DHOHIR
Owh itu Cara membuat dialog
08 Oct 2013 14:57
Indah utami dewi
Gx bisa bikin dialog