Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » Baju Pakaian Pengantin Surakarta / Solo

Daerah

Baju Pakaian Pengantin Surakarta / Solo

Pakaian pengantin adat Surakarta terdiri dari beberapa tahapan, sesuai dengan tahapan upacara adatnya. Pada upacara midodaren, pengantin perempuan akan memakai pakaian kejawen dengan warna sawitan. Pakaian sawitan terdiri dari kebaya lengan panjang, stagen, dan kain jarik dengan corak batik. Sedangkan pengantin laki-lakinya memakai pakaian cara Jawi Jangkep, yang terdiri dari baju atela, sikepan, udeng, sabuk timang, kain jarik, keris, dan selop.


Pada saat upacara ijab, pakaian yang dipakai pengantin perempuan adalah kebaya dan kain jarik, sedangkan pengantin laki-laki memakai pakaian basahan. Pakaian basahan pengantin laki-laki terdiri dari kuluk matak petak, dodot bangun tulak, stagen, sabuk lengkap dengan timang dan cinde, celana panjang warna putih, keris warangka ladrang, dan selop.


Pada saat upacara panggih, pengantin perempuan memakai pakaian basahan. Pakaian basahan pengantin perempuan adalah tidak memakai baju, melainkan memakai semekan atau kemben, dodot bangun tulak atau kampuh, sampur atau selendang sekar cinde abrit dan kain jarik cinde sekar merah. Sama halnya dengan pengantin perempuan, pengantin laki-laki pun memakai pakaian adat basahan, berupa dodot bangun tulak, terdiri dari kuluk matak biru muda, stagen, sabuk timang, epek, dodot bangun tulak, celana cinde sekar abrit, keris warangka ladrang, kolong karis, selop, dan perhiasan kalung ulur.


Setelah upacara panggih, pengantin perempuan akan memakai pakaian kanigaran, yaitu terdiri dari kebaya, kain jarik, stagen, dan selop. Sedangkan pengantin laki-laki menggunakan pakaian kepangeranan, yang terdiri dari kuluk kanigoro, stagen, baju takwo, sabuk timang, kain jarik, keris warangka ladrang, dan selop.



Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Jawa Tengah

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Baju dodotan jawa. Baju pengantin dodot. Cara pakai dodotan. Baju pengantin dodotan. Cara memakai dodot. Nama pakaian solo. Baju pengantin model dodotan.

Pakaian adat dodotan. Http://carapedia.com/baju_pakaian_pengantin_surakarta_solo_info1922.html. Cara memakai baju dodotan pengantin. Pakaian dodotan. Dodotan solo. Cara memakai dodotan jogja. Cara mengenakan baju pengantin basahan jawa.

Model baju pengantin asal surakarta. Cara pakai baju adat dodotan. Nama pakaian adat solo. Youtube cara memakaikan baju pengantin dodotan jawa. Pakaian adat solo muslim. Baju adat dodot.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.