Previous
Next

Kesehatan

Tentang Penyakit TBC

 

 
 
 
 
TBC merupakan singkatan dari tuberkulosis. TBC adalah salah satu jenis penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Kuman ini bisa menyerang seluruh bagian tubuh manusia, namun yang paling sering terpapar kuman ini adalah organ paru - paru. Banyak orang yang tidak bisa membedakan penyakit TBC dengan penyakit pneumonia karena kedua jenis penyakit ini sama-sama menyerang organ paru - paru. Selain memiliki kesamaan pada proses terjangkitnya, yaitu berupa infeksi paru-paru, kedua penyakit tersebut dibedakan oleh jenis kuman yang menyerang. Dimana kuman yang menyerang penyakit TBC sudah sangat spesifik, sedangkan kuman yang menyerang penyakit pneumonia sangat beragam.
 
# GEJALA PENYAKIT TBC
  • Batuk berdahak terus menerus selama minimal 3 minggu
  • Dijumpai dahak bercampur darah, batuk darah, sesak nafas dan rasa nyeri dada
  • Badan menjadi lemah
  • Terjadi penurunan nafsu makan
  • Berat badan menurun drastis
  • Badan terasa kurang enak (malaise)
  • Berkeringat pada malam hari walaupun tidak melakukan aktivitas apapun
  • Mengalami demam meriang selama minimal 1 bulan
 
# PENULARAN PENYAKIT TBC
Saat penderita penyakit TBC batuk atau bersin, ia akan menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk droplet (percikan dahak) yang mengandung kuman. Droplet tersebut dapat bertahan di udara dalam suhu kamar selama beberapa jam. Penularan penyakit TBC akan terjadi bila droplet tersebut masuk ke saluran pernafasan orang lain. Kuman akan menyebar dari paru-paru ke organ tubuh yang lain melalui sistem peredaran darah, sistem saluran limfe, saluran pernafasan, dll. Selain itu, penyakit TBC juga bisa menular melalui debu serta alat makan/minum yang mengandung kuman TBC. 
 
# MENCEGAH PENYAKIT TBC
Kita tidak pernah tahu kapan kita bisa terpapar kuman TBC. Oleh karena itu, kita harus selalu menerapkan pola hidup sehat sehingga kita memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat untuk melindungi kita dari kuman TBC. Pola hidup sehat tersebut bisa diawali dengan menjaga pola makan, mengkonsumsi makanan yang bergizi, selalu menjaga kebersihan diri serta lingkungan, tinggal di rumah yang memiliki cukup sinar matahari dan tidak lembab serta yang terpenting adalah selalu berusaha untuk menghindari terkena percikan batuk dari penderita penyakit TBC.

Video

Video penjelasan mengenai penyakit TBC

Dalam video ini akan dijelaskan segala tentang penyakit TBC

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Kepanjangan tbc. Foto penyakit tbc. Brosur tentang tbc. Video penyakit tbc. Rangkuman penyakit tbc. Penjelasan tbc. Singkatan tbc.

Contoh brosur penyakit tuberkulosis. Singkatan dari tbc. Contoh brosur tentang tbc. Kepanjangan tbc adalah. Contoh artikel tentang tbc. Artikel tentang penyakit tbc. Rangkuman tentang tbc.

Persamaan tbc dan pneumonia. Jelaskan kepanjangan daritbc. Macam macam tbc. Kepanjangan dari tbc. Tbc. Gambar gambar orang yang terkena tbc.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.