Previous
Next

Kesehatan

Tentang Penyakit HIV

 

 
 
 
 
Penyakit HIV merupakan kependekan dari Human Immunodeficiency Virus. Penyakit HIV ini merupakan virus yang hanya bisa menginfeksi manusia, memperbanyak diri di dalam sel manusia, sehingga menurunkan kekebalan manusia terhadap penyakit infeksi. Jika tidak ditangani dan diobati dengan baik, maka dalam kurun waktu 5 - 10 tahun kedepan akan berkembang menjadi AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). HIV masuk langsung ke aliran darah manusia dan hanya bisa bertahan hidup di dalam tubuh manusia. Bila HIV  berada diluar tubuh manusia, maka HIV akan mudah mati walaupun hanya oleh air panas, sabun, serta bahan pencuci hama yang lain. Oleh karena itu, HIV tidak bisa menular melalui udara seperti virus yang lain.
 
# GEJALA PENYAKIT HIV
Seorang amnusia yang terinfeksi virus HIV awalnya tidak memperlihatkan gejala - gejala khusus. Bsru setelah beberapa minggu kemudian orang yang terinfeksi tersebut akan sering menderita penyakit ringan sehari - hari, seperti penyakit flu, diare, dll. Sehingga pada periode ini disebut sebagai periode tanpa gejala karena pada periode ini penderita HIV merasa sehat. Baru kemudian pada tahun ke 5 atau ke 6 (tergantung kondisi kekebalan tubuh) mulai timbul gejala awal penyakit HIV, diantaranya: hilang selera makan dan tubuh menjadi lemah, keluar keringat berlebihan di malam hari, timbul bercak - bercak di kulit, pembengkakan kelenjar getah bening, diare terus menerus, serta flu yang tidak kunjung sembuh. Fase ini akan berlangsung sekitar 6 bulan sampai 2 tahun.
 
# CARA PENULARAN PENYAKIT HIV
Berikut ini adalah beberapa cara penularan pada penyakit HIV:
  • Melakukan hubungan seks dengan penderita HIV
  • Menerima transfusi darah yang sudah tercemar HIV
  • Penggunaan jarum tindik atau pembuatan tatto yang sudah tercemar HIV
  • Penggunaan jarum suntik yang sudah terkena virus HIV tanpa disterilkan terlebih dahulu
  • Ibu hamil yang terinfeksi HIV dapat menularkan HIV pada bayi yang dikandungnya.
 
# MENCEGAH PENYAKIT HIV
Pada dasarnya ada 3 langkah strategi yang harus dilakukan dalam rangka mencegah penyakit HIV, yaitu:
 
* Gerakan penyadaran
Pada tahap ini akan dilakukan suatu aksi yang memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai apakah penyakit HIV itu, apakah penyebab penyakit HIV, bagaimana cara mencegahnya, serta bagaiman cara mengobatinya. Diharapkan setelah masyarakat sadar akan bahaya penyakit HIV ini, bisa menekan jumlah penderita HIV di kemudian hari
 
* Gerakan Advokasi
Gerakan ini bertujuan untuk lebih memberdayakan kelompok - kelompok masyarakat khususnya pejabat yang berwenang sehingga mereka akan lebih cepat mengambil keputusan dan gerakan penanggulangan HIV akan lebih cepat menyebar
 
* Gerakan konseling
Gerakan ini ditujukan untuk individu atau kelompok masyarakat yang ermasalah, baik sebelum maupun sesudah dilakukan test HIV. Diharapkan dengan diadakannya gerakan konseling ini bisa meringankan beban penderita HIV sehingga mereka bisa tetap memiliki semangat dalam menjalani hidup. 

Video

Video cara melakukan treatment pada penyakit HIV

Dalam video ini akan diperlihatkan bagaimana cara treatment terhadap penyakit HIV

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Keringat penderita hiv. Apakah keringat malam pada hiv. Virus mati kena udara. Virus hiv kalau kena udara mati. Kenapa panas pada malam hari penderita aids. Badan sering panas malam hari. Gejala sehari hari pengidap hiv.

Badan panas hiv. Keringat malam pada gejala hiv. Gampang berkeringat dan hiv. Kenapa seseoramg keringatan di malam hari apakah itu hiv. Apakah keluar keringat trus menerus berbahaya. Keringat malam pengidap hiv. Bagaimana keringat malam pada pengidap hiv.

Keringat malam hari penyakit apa. Menularkah keringat pengidap hiv. Tentang penyakit hiv. Keringat malam pada manusia. Penyebab keringat malam hari pama aids. Hiv keringat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.