Previous
Next

Kesehatan

Penyebab Sakit Mata dan Pencegahannya

 

 
 
 
Mata merupakan jendela dunia, begitu yang sering kita dengar. Peran kedua mata tentu sangatlah penting untuk kehidupan kita, karena itu kesehatan kedua mata kita jangan sampai terabaikan. Kedua mata kita memiliki struktur yang kompleks. Dimana satu bagian berhubungan dengan bagian yang lain. Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit mata dan cara pencegahannya:
 
# MATA MERAH DAN BERNANAH
Mata merah biasanya disebabkan karena adanya kotoran pada mata dan sebenarnya ini merupakan persoalan serius terutama pada bayi dan anak-anak. Bila tidak diobati dengan serius bisa menyebabkan kebutaan.
 
Cara pencegahannya:
Bersihkan muka dengan sabun dan air bersih minimal 3x sehari
Oleskan salep mata tetrasiklin ke dalam mata 3x sehari selama 5 hari
Jagalah tangan tetap dalam keadaan bersih dengan cara mencucinya dengan air sabun selama beberapa kali sehari
 
 
# MATA MENETESKAN AIR MATA TERUS-MENERUS
Bila mata meneteskan air mata terus menerus bisa jadi disebabkan karena ada luka di bola mata
 
Cara pencegahannya:
Tempelkan kain bersih dan segera bawa ke puskesma/rumah sakit terdekat. Jangan pernah mengoleskan salep/sesuatu ke dalam mata
 
 
# TRAKOMA
Trakoma merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri. Ciri-ciri trakoma antara lain: mata berair, peka terhadap cahaya, serta mata nyeri dan bengkak.
 
Cara pencegahannya:
Trakoma dapat diobati dengan antibiotik. Hubungi dokter/tenaga kesehatan untuk mendapatkan resep serta takaran penggunaan antibiotik
 
 
# GLAUKOMA
Penyebab dari glaukoma adalah bertambahnya tekanan pada cairan bola mata karena jumlah cairan yang masuk lebih besar daripada cairan yang keluar dari bola mata
 
Cara pencegahannya:
Tidak melakukan aktivitas yang membuat kerja mata menjadi berat. Satu-satunya cara untuk mengobati Glaukma adalah dengan cara operasi untuk mengurangi tekanan cairan
 
 
# KATARAK
Bila penglihatan menjadi tidak jelas yang disebabkan oleh lensa mata tampak keruh/berawan, maka bisa jadi penyakit tersebut adalah penyakit katarak. Katarak bisa menyebabkan kebutaan bila tidak ditangani dengan benar. Penyebab dari katarak itu sendiri adalah penebalan lensa mata.
 
Cara pencegahannya:
Katarak biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia senja. Untuk mengatasi katarak, satu-satunya jalan adalah dengan cara operasi. Bila operasi telah dilakukan, penderita katarak dapat langsung menggunakan kacamata cembung khusus atau lensa yang langsung dipasang di depan mata.
 
 
 
 
 

Video

Video operasi mata

Dalam video ini akan diperlihatkan proses pelaksanaan operasi mata

(indahf/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Penyebab sakit mata. Ciri ciri sakit mata. Http://carapedia.com/penyebab_sakit_mata_pencegahannya_info915.html. Apa penyebab sakit mata. Akibat sakit mata. Sebab sakit mata. Penyebab penyakit mata.

Mata bernanah. Kenapa bisa sakit mata. Ciri sakit mata. Gejala sakit mata. Penyebab mata sakit. Terjadinya sakit mata. Tanda tanda sakit mata.

Ciri ciri penyakit mata. Mata keluar air mata terus. Sakit mata disebabkan oleh. Akibat mata sakit. Penyebab sering sakit mata. Penyakit mata dan pencegahannya.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.