Previous
Next

Ilmu Pengetahuan

Apa Itu Definisi Tsunami?

Istilah tsunami berasal dari bahasa Jepang Tsu artinya pelabuhan dan nami artinya gelombang laut. Dari kisah inilah muncul istilah tsunami. Awalnya tsunami berarti gelombang laut yang menghantam pelabuhan.
 

Tsunami adalah rangkaian gelombang laut yang mampu menjalar dengan kecepatan hingga lebih 900 km per jam, terutama diakibatkan oleh gempabumi yang terjadi di dasar laut.


Kecepatan gelombang tsunami bergantung pada kedalaman laut. Di laut dengan kedalaman 7000 m misalnya, kecepatannya bisa mencapai 942,9 km/jam. Kecepatan ini hampir sama dengan kecepatan pesawat jet. Namun demikian tinggi gelombangnya di tengah laut tidak lebih dari 60 cm. Akibatnya kapal-kapal yang sedang berlayar diatasnya jarang merasakan adanya tsunami.


Berbeda dengan gelombang laut biasa, tsunami memiliki panjang gelombang antara dua puncaknya lebih dari 100 km di laut lepas dan selisih waktu antara puncak-puncak gelombangnya berkisar antara 10 menit hingga 1 jam. Saat mencapai pantai yang dangkal, teluk, atau muara sungai gelombang ini menurun kecepatannya, namun tinggi gelombangnya meningkat puluhan meter dan bersifat merusak.

Gelombang tsunami tertinggi yang tercatat sampai saat ini adalah tsunami di Alaska (Amerika Serikat) pada tahun 1958 yang disebabkan oleh amblasnya lempeng tektonik di Teluk Lituya. Tsunami ini memiliki ketinggian lebih dari 500 meter dan menghancurkan pohon-pohon dan tanah pada dinding fjord. Saat gelombang tsunami kembali ke laut, gelombang tersebut langsung menyebar dan tingginya menurun dengan cepat. Tingginya gelombang saat berada di pantai lebih disebabkan karena topografi wilayahnya, daripada karena energi yang dikeluarkan oleh peristiwa amblasnya lempeng
 

(ogi/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Apa yang dimaksud tsunami. Http://carapedia.com/apa_itu_definisi_tsunami_info1863.html. Maksud tsunami. Apa yang dimaksud dengan tsunami. Definisi tsunami. Apakah yang dimaksud dengan tsunami. Pengertian tsunami menurut para ahli.

Apa yg dimaksud dengan tsunami. Yang dimaksud tsunami. Definisi dari tsunami. Definisi tentang tsunami. Apa yang di maksud tsunami. Jelaskan tsunami dengan gelombang tertinggi. Pengertian tsunami secara singkat.

Tsunami diambil dari bahasa jepang yang artinya. Nama tsunami diambil dari bahasa jepang yang artinya. Pengertian tsunami secara umum. Pengetahuan tsunami. Apakah yang dimaksud tsunami. Pengertisn tsunami secara umum.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.