Previous
Next

Sekolah

Trik Pelajar Membuat Jadwal Pelajaran

 

Manusia sejatinya akan selalu belajar. Namun kelancaran belajar akan bergantung dari kita mengelola 24 waktu dalam hidup manusia. Biasanya orang-orang akan membuat jadwal pelajaran sehingga tidak mengganggu waktu pribadi lainnya. Untuk mengatur waktu ini, pelajarlah yang berhak mengaturnya karena ia yang mampu mengendalikan aktivitasnya.

Umumnya, pelajar sering kesusahan untuk membagi waktu. Mereka yang kurang mampu mengatur waktu dengan baik akan cepat mengeluh dan merasa hari-harinya selalu sibuk. Karena kesalahan mengatur waktu, waktu yang seharusnya dimanfatakan menjadi terbuang percuma. Padahal saat belajar, seorang pelajar menginginkan prestasinya tercapai. Jika waktu tidak bisa diatur dengan baik maka hasil belajar akan mengecewakan. Itulah mengapa seorang pelajar perlu membuat jadwal dalam hidupnya mulai dari belajar sampai jam tidur.

- Dalam pembagian waktu, tidak hanya waktu belajar saja yang ditentukan namun juga keperluan pribadi lain seperti tidur, makan, mandi, olahraga dan waktu santai.

- Anda perlu menentukan waktu yang tersedia setiap harinya dengan tepat sesuai kegiatan yang Anda lakukan.

- Menggunakan waktu untuk belajar adalah dengan menetapkan jenis-jenis pelajaran dan urutan yang seharusnya dipelajari setiap harinya agar tidak salah saat belajar di sekolah.

- Anda juga perlu tahu kapan waktu belajar yang baik saat dirumah, yang bisa membantu Anda lebih konsentrasi dengan kegiatan Anda.

- Menghemat waktu sehingga sata jam sudah ditentukan untuk melakukan kegiatan termasuk belajar jangan ragu-ragu untuk memulainya. Hindari rasa malas.

Nah, cara lain untuk menentukan jadwal pelajaran sebagai berikut:

  1. Tidur                                   : 8 jam

  2. Makan, mandi, olahraga     : 3 jam

  3. Urusan pribadi dll               : 3 jam

  4. Belajar                                : 10 jam

waktu belajar 10 jam adalah pembagian antara belajar di sekolah dan di rumah atau perpustakaan. Tentukan pula jam belajar dirumah sesuai dengan jadwal pelajaran yang ada secara runtut sehingga tidak mengganggu jadwal pelajaran di sekolah. Khusus hari minggu lebih baik Anda gunakan untuk relaksasi atau berlibur agar pikiran lebih segar mempersiapkan hari berikutnya.

Video

Software Pembuat Jadwal Pelajaran Sekolah

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.