Previous
Next

Masakan Eropa

Sajian Hidangan Pelengkap Bersama Wine

 

Menikmati pesta natal dan akhir tahun, Wine merupakan minuman yang tidak bisa ditinggalkan. Wine menjadi pelengkap untuk menghangatkan suasana kebersamaan bersama keluarga dan sahabat apapun hidangannya. Bahkan, Chef Dominic Orsini mengatakan bahwa wine menjadi pusat perhatian sebaliknya makanan adalah pelengkap, sehingga perlu ada peningkatkan resep hidangan untuk menyempurnakan wine.

Ada beberapa tips yang berikan oleh chef Dominiq untuk memasangkan wine dengan hidangan yang tepat, simak berikut ini:

Menambahkan menu protein pada hidangan

Protein dapat menambahkan bobot hidangan sebagai pendamping wine, meski bukan berasal dari daging, ayam maupun ikan. Protein juga bisa Anda peroleh dari gandum, kacang-kacangan, diary, jamur atau kombu. Untuk light white wine, sajikan dengan protein yang ringan dan sayuran, sedangkan full-bodied red wine bisa dipasangkan dengan daging merah.

Seimbangkan hidangan dengan garam dan rasa asam

Perasan air lemon dapat memperhalus rasa wine sebab rasa buah menjadi lebih dominan dan sama dengan keasaman wine. Begitu beberapa teguk wine, rasa garam pada hidangan akan memperkuat rasa keduanya.

Keseimbangan rasa, tekstur dan keasaman

Baiknya pertimbangkan kandungan lemak, pati dan gelatin yang akan mempengaruhi tannin atau keasaman wine. White wine memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga cocok disajikan bersama hidangan berlemak dengan rasa asam, seperti goat cheese, lemon-butter sauce, atau avocado-lime salsa. Untuk red wine sajikan dengan lemak berbasis protein seperti butter atau saus berbahan kaldu.

Perhatikan rasa manis, pahit dan pedas

Bahan makanan manis, pahit dan pedas akan sangat sulit disajikan bersama wine. Wine beralkohol tinggi akan semakin lezat jika disajikan bersama bahan manis, sedangkan dry wine justru malah berasa pahit. Untuk bahan pahit, wine manis justru akan terasa kering, dan rasa pahit untuk dry wine. Untuk makanan pedas, sajikan wine manis. Hati-hati ketika memasangkan asparagus, kacang, tomat dan artichoke dengan wine.

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.