Previous
Next

Surat Kerja

Kata Pekerja Keras dan Dinamis Tidak Sebaiknya Tercantum dalam CV

 

Saat mencari pekerjaan, semua personal brand yang ‘dijual’  akan tercantum di dalam selembar riwayat hidup atau CV. Di dalam  kertas tersebut selain berisi data diri, para pelamar juga berkesempatan ‘mengiklankan’  diri sebagus mungkin.

Gambaran diri sebagai seorang pekerja keras dan berdedikasi selalu ditampilkan di dalam CV. Namun, kesalahan yang kerap dilakukan pelamar yang gagal adalah mereka mennggunakan kata-kata klise untuk mendeskripsikan diri, alhasil perekrut kerja menilai negatif potensi Anda.

Dilansir dari PurpleCV.co.uk, kata-kata klise yang kerap membuat gagal para pelamar dianggap kurang mengesankan, diantaranya adalah dapat diandalkan, pekerja  tim, berdedikasi, pekerja keras, memiliki passion dan minat tinggi, dinamis hingga pemikir strategis.

Banyak perekrut berpikir bahwa kata-kata tersebut sangat kuno dan membuat si pelamar tidak tampak menonjol diantara para pelamar yang lain.

Kata ‘pekerja keras’ adalah kata yang perlu dihindari sebab sudah sering tercantum dalam CV. Kata ‘berdedikasi’ tidak berarti perekrut menjamin Anda berdedikasi karena belum melihat hasil kerja Anda. Selain itu ada kata ‘dinamis’, ‘pekerja tim’, dan ‘penuh minat’ yang tidak bisa dibuktikan melalui selembar CV.

Lalu apa yang sebaiknya dituliskan oleh para pelamar di dalam CV mereka?

Berpikirlah berbeda, yakni dengan memperhatikan tata bahasa penulisan baik itu dalam sulit lamaran maupun pada CV. Usahakan untuk meminimalisir kesahalan, dan kirimlan CV dalam bentuk PDF agar tidak terjadi error pada format tulisan.

Sebelum Anda menulis CV, perhatikan spesifikasi pekerjaan yang sedang Anda tuju untuk memilih kata-kata yang tepat. Para perekrut akan mencari pelamar yang benar-benar dicari, tidak menggunakan jargon, bahasa terlalu tinggi namun pastikan apa yang tertulis menggambarkan diri Anda sebenarnya.

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.