Previous
Next

Minuman

Jangan Salah, Es Krim dan Gelato Ternyata Berbeda

 

Bagi sebagian besar orang, gelato sama dengan es krim, namun ternyata dua sajian tersebut berbeda. menurut bahasa Italia, gelato memang berarti es krim, namun bukan berarti semua es krim itu adaah gelato.

Kedua makanan dingin dan manis tersebut ternyata memiliki sejumlah perbedaan.

Pertama, ditinjau dari sejarah. Gelato muncul dari kompetisi yang diselenggarakan oleh keluarga Medici di Florence, Italia yang ingin menikmati hidangan desert paling enak di seluruh kota. Kemudian ada seorang peternak ayam, Ruggeri, yang suka memasak menciptakan es serut dengan lumuran jus buah. Ternyata sajian dari Ruggeri tersebut membuat keluarga Medici terkesan dan akhirnya sang peternak ayam memangkan kontes.

Ruggeri kemudian diboyong ke Prancis oleh salah saatu anggota Medici, Catherine. Pada pernikahan Catherine dengan calon raja Prancis, Ruggeri juga membuat ribuan porsi es serut sehingga es s erut Ruggeri ini dikenal oleh masyarakat luas.

Kemudian es serut ciptaan Ruggeri berubah menjadi gelato, begitu sampai di Amerika pada tahun 1770. Giovanni Basiolo, pria Italia yang membawa dua macam es serut ala Ruggeri ini ke Amerika, yakni es serut berbasis air atau dikenal dengan sorbet atau sorbetto, dan berbasis susu dengan nama gelato.

Gelato bukan es krim karena dibuat menggunakan whole milk, mengandung lemak yang lebih sedikit dibandingkan es krim yang menggunakan susu full cream. Gelato juga mengandung sedikit kuning telur bahkan bebas kuning telur, sedangkan es kerim banyak mengandung kuning telur.

Dengan resep dan teknik gelato tradisional, Basiolo kemudian menciptakan gelato yang dikenal saat ini, berbahan utama susu, krim dan gula.

Dari laman Daily Meal, gelato juga mengandung sedikit udara. Pada teknik pembuatan, keduanya dikocok dengan kecepatan tinggi agar tekstur yang dihasilkan lembut. Akan tetapi gelato dibuat lebih lambat sehingga udara yang terbentuk lebih sedikit dan hasilnya lembut, creamy dengan tekstur lebih padat.

Terakhir, gelato juga lebih hangat daripada es krim. Untuk penyajian gelato, temperature optimalnya adalah 3 derajat celcius, sedangkan es krim lebih nikmat disajikan pada temperature minus 15 derajat celcius.

Video

Gelato Bukan Es Krim, Festival Gelato

(adeg/Carapedia)
Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.