Previous
Next
  • Home
  • »
  • Rumah
  • » Yuk, Menciptakan Konsep Taman di Lahan Sempit

Rumah

Yuk, Menciptakan Konsep Taman di Lahan Sempit

 

Sebuah rumah dengan penghijauan yang baik pasti diinginkan oleh Anda semua. Salah satu penghijauan tersebut dengan cara membuat taman di halaman depan atau belakang Anda. Namun Anda juga sering bingung bagaimana menciptakan taman sedangkan Anda tidak mempunyai pekarangann rumah yang luas.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa menyiasatinya. Bagi Anda yang memiliki sisa lahan kecil di sudut rumah bisa Anda ubah menjadi sebuah taman. Membuat taman sebagai area sirkulasi udara, tidak selalu memerlukan lahan luas. Ikuti panduan berikut ini jika Anda berniat membangun sebuah taman kecil nan asri di lahan sempit Anda.

Saat pertama kali menciiptakan sebuah taman yang perlu Anda perhatikan dalam perencanaan adalah tiga aspek yaitu secara ekologis : keramahan material terhadap lingkungan, pada aspek ini Anda harus tahu bagaimana merawat material tersebut dan tahu dari mana sumber bahan material tersebut apakah memiliki elemen lunak ataupun keras. Aspek kedua yaitu secara ekonomis : pada aspek ini Anda harus memastikan bahwa material yang direncanakan mudah ditemukan sehingga dapat meminimalkan biaya perencanaan. Aspek ketiga yaitu secara estetika, Anda harus memiliki tema atau konsep pada taman, aspek ini sangat penting saat Anda mencoba mendesain taman dengan menyesuaikan bentuk atau suasana rumah.

Nah, setelah Anda memperhatikan ketiga aspek tersebut Anda bisa mulai merancang konsep taman seperti apa yang ingin Anda ciptakan. Dalam menentukan ide konsep taman sebaiknya jangan hanya fokus pada tanaman saja, karena sebuah taman bisa berupa kolam ikan, bebatuan jadi tidak selalu identik  tanaman yang banyak dan rimbun. Ada beberapa konsep yang bisa Anda gunakan :

 

1. Konsep Taman Kolam

Membuat kolam bisa menjadi ide yang menarik. Dengan memperhatikan aspek ekologis dengan memilih bahan material alami pada konsep ini maka akan membuat kolam Anda terasa sejuk dan segar. Karena Anda berencana membangun kolam di lahan sempit maka penataan tanaman juga harus diperhatikan, yaitu menggunakan pot-pot yang tertata  secara vertikal ke atas atau disekeliling kolam yang bisa dipindah-pindahkan.

Gunakan rumput untuk menutupi permukaan tanah, tambahkan pula aksen bebatuan alam seperti koral, bronjol putih, marmer. Agar terkesan lebih unik bisa Anda tambahkan patung flamingo di tengah kolam atau ornamen lain yang berdesain lucu dan unik.

 

2. Taman Atap

Bagi Anda yang hidup di perkotaan dan hanya memiliki lahan yang terbatas, Anda bisa mensiasati pembuatan taman di atap rumah yang disebut roof garden. Dengan hadirnya taman pada atap, maka Anda bisa sekaligus membuat udara terasa lebih sejuk dan segar. Masalah yang sering dihadapi adalah saat membuat taman atap membutuhkan konstrukti atap yang spesifik, selain itu menelan biaya cukup banyak. Jika menginginkan taman yang optimal maka Anda harus mendesain dari awal konstruksi atap Anda, terlebih saat rumah dibangun.

 

3. Miniatur Taman

Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau kamar kos-kosan, miniatur taman juga dapat menjadi pilihan menarik. Karena membuat taman minipun akan sangat merepotkan jika memang tidak ada lahan sama sekali. Namun, Anda harus tetap membutuhkan penghijauan di dalam rumah Anda. Pembuatan miniatur taman cukup mudah, karena konsepnya hanya berupa satu pot besar yang Anda sulap menjadi suasana taman.

 

4. Taman Batu Alam Minimalis

Taman jenis ini cukup minimalis dan indah hanya dengan memanfaatkan bebatuan alam. Kesannya akan terlihat natural dan eksotis karena batuan alam dapat memberikan sentuhan dekoratif yang penuh dengan nilai estetika. Batu alam taman minimalis dapat anda percantik dengan berbagai pilihan bentuk, mulai bentuk alami yang berupa lempengan sampai kotak-kotak. Batuan alam dapat memberi kesan yang benar-benar alami, sehingga dapat diaplikasikan pada dinding taman minimalis anda maupun pada jalan setapak.

 

Video

Taman Air Mancur Bambu

Konsep taman air mancur bambu yang cocok untuk lahan sempit

(adeg/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Taman minimalis di lahan sempit. Penataan taman. Cara membuat taman kecil. Membuat taman kecil. Membuat taman di lahan sempit. Miniatur taman. Taman mungil di lahan sempit.

Cara membuat taman. Cara menata taman halaman rumah. Kolam ikan dlm rumah. Taman di tempat sempit. Penataan taman halaman rumah. Taman halaman rumah sempit. Taman depan rumah lahan sempit.

Contoh taman sekolah. Membuat taman dari tanah penuh bebatuan. Buat taman yuk. Cara menata taman di depan rumah. Taman di lahan sempit. Gambar miniatur taman.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.