Previous
Next

Wisata

Wisata Kuliner Semarang

 

Menikmati sore di Ibukota Jawa Tengah tentunya tidak akan rugi. Pasalnya, Semarang memiliki segudang pesona untuk Anda nikmati, dari panorama kota yang selalu “ngangeni” sampai beragam masakan khas yang siap memanjakan lidah Anda tersaji lengkap disetiap sudut kota. Rasa ragam masakan Semarang, diilhami dari masakan Cina, Belanda, bahkan sentuhan Timur Tengah pun turut mewarnai kekayaan bumbu kuliner Semarang. Ingin mencoba yang ringan atau ingin berpetualang rasa dengan masakan yang berat namun tak mengenyangkan, cobalah beberapa yang khas berikut;

 

 

Asem-asem

 

Masakan ini kental dengan sentuhan kuliner cina, yang berbasis bumbu bawang putihnya. Seperti namanya, rasa dasar asem-asem tentu saja rasa asam dari belimbing wuluh (belimbing sayur). Asamnya memberikan kesegaran tersendiri manakala rasa pedas cabe yang menyengat dipadukan dnegan gurihnya kecap bercampur menjadi satu, menjadi kuah coklat bening yang menyiram irisan daging yang dimasak lunak dengan potongan dadu. Taburan bawang goreng dan daun bawang, tak lupa melengkapi kelezatan semangkuk asem-asem special yang sayang bila Anda lewatkan. Asem-asem dapat Anda nikmati dengan atau tanpa nasi.

 

Galantin

 

Galantin (galantine), masakan yang terinspirasi dari gaya masakan Belanda ini dapat dikategorikan sebagai sup, namun banyak yang menyebutnya tanpa kata sup, karena memang kuahnya tak banyak. Bahan dasar galantine ini adalah daging sapi giling/cincang, seperti Rollade yang dihidangkan lengkap dengan sayuran ala bistik seperti wortel, kacang polong/kapri, kentang dan buncis. Dressing untuk galantine ini, adalah kuah kental manis dari kecap manis dan asin yang dicampur dengan bumbu bawang putih dan bawang Bombay yang segar. Galantin sangat cocok menemani jalan sore di Semarang yang hangat, dipadu dengan segelas teh manis.

 

Mangut 

 

Mangut, adalah masakan berkuah santan dengan bahan utama ikan yang memiliki rasa bervariasi yaitu gurih, asam dan terutama pedas. Didominasi dengan bumbu khas jawa seperti kencur, kunir, yang tentu membuat aroma makin sedap juga makin menguatkan cita rasa. Untuk mengenali masakan ini, mudah salah satunya warna kuah kuning keemasan, ada potongan cabai rawit merah dan hijau yang mengambang dan bawang goreng tak ketinggalan. Untuk menambah rasa segar,  belimbing wuluh yang asam juga tomat sayur kehijauan ditambahkan. Ikan yang biasa dibuat untuk bahan mangut adalah ikan pe, ikan tengiri, ikan kakap dan ikan jambal. 


Mi Kopyok

 

Mi kopyok merupakan masakan asli Semarang. Sebenarnya, cara memasaknya biasa saja (tidak di kopyok alias dikocok) namun, yang membuat mi ini disebut mi kopyok, karena kuah mi dimasukkan ke dalam botol, sehingga untuk membumbui mienya dengan kuah, botol tersebut harus dikopyok (dikocok) agar bumbu tercampur. Komposisi mi kopyok hanya ada tahu, kecambah, karak (krupuk gendar dari beras) dan mi, juga kadang ada yang menambahkan lontong dan disiram dengan kuah kecap di atasnya. Bumbunya cukup sederhana, hanya bawang putih, garam dan penyedap secukupnya. Anda tidak akan menemukan daging apapun dalam mi kopyok ini, maka kadang ada yang menyebut mi kopyok, mi kere (miskin).

 

Nasi goreng babat

 

Nasi goreng babat, seperti namanya maka masakan ini terdiri dari nasi goreng biasa saja, namun istimewanya, ada babat sapi yang melengkapi sajian nasi goreng pedas ini. Untuk bumbu nasi goreng dan isinya, kurang lebih sama dengan nasi goreng pada umumnya, ada telor, sayuran, acar. Tapi babatnya sendiri, dibumbui dengan special, yaitu di gongso (digoreng tanpa minyak) dengan cabe hijau segar, rasanya? Jangan tanya sudah pasti pedas dan segar yang pastinya menambah selera makan Anda.

 

 

Tahu gimbal

 

Tahu gimbal adalah salah satu hidangan khas kota Semarang yang patut Anda cicipi. Komposisinya sangat sederhana, namun lezat dan sangat khas, berisikan irisan tahu goreng yang dicampur kol, lontong, telur, lalu disiram sambal kacang. Dan sebagai pelengkap rasa kerupuk dan bawang goreng biasa ditaburkan diatasnya. Penamaan tahu gimbal, diambil dari bentuk tahu yang seperti jenis rambut gimbal karena kol yang digoreng tidak rata. rasa pedas dan gorengan tahunya yang renyah, sangat pas menghangatkan sore Anda di kota Semarang.  

 

Tahu telor

 

Satu lagi, pilihan kuliner khas Semarang yang berbahan dasar tahu. Kali ini, bernama tahu telor, isinya lagi-lagi tidak terlalu istimewa, hanya campuran lontong, tauge, bakwan udang, dan tentu saja tahu goreng yang sudah dibalut dengan telor yang dipotong kecil-kecil, disiram sambal kacang kental yang pas pedas manisnya. Biarpun isinya sederhana, jangan tanyakan rasanya. Karena tahu telor ini, pasti akan membuat Anda selalu kangen pada pesona kuliner Semarang yang tak terlupakan.

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Galantin semarang. Tahu telor khas semarang. Menu galantin di semarang. Kuliner sore di semarang. Kuliner timur tengah di semarang. Kuliner berkuah di semarang. Laporan kuliner di semarang.

Resep mangut spesial semarang. Pengertian mangut. Kuliner pedas disemarang. Kuliner khas timur tengah di semarang. Cara menggoreng tahu telur kopyok. Apa itu mangut.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.