Previous
Next
  • Home
  • »
  • Daerah
  • » 5 Universitas Tertua di Jogjakarta

Daerah

5 Universitas Tertua di Jogjakarta

sebagai kota yang mendapat julukan sebagai kota pelajar, tentu saja Jogjakarta memiliki puluhan universitas yang menjadi tempat belajar bagi ribuan lebih mahasiswanya. Nah, diantara puluhan sekolah tinggi dan universitas ini tentu ada 5 universitas yang dinobatkan sebagai universitas tertua di Jogjakarta karena beberapa kriteria. Kriterianya pun antara lain ditentukan dari cikal bakal tahun pendiriannya, bukan tahun pendirian secara utuh. Lalu, dari sumber sejarah yang valid dan yang terakhir, informasi kampus dari Direktorar Jendral Pendidikan Tinggi. Nah, hasilnya, ini dia 5 Universitas tertua di Jogjakarta;

  • Universitas Islam Indonesia (UII)

Kampus yang berdiri sejak 8 Juli 1945 ini awalnya bernama Sekolah Tinggi Islam dan memiliki program study mengenai agama Islam. Kemudian pada perkembangannya, pada 4 Juni 1948 Sekolah Tinggi islam diubah menjadi UII dan ditetapkan tidak saja menjadi universitas tertua di Jogjakarta namun juga Universitas swasta tertua di Indonesia. perkembangan tersebut juga mempengaruhi program study yang diajarkan, dengan penambahan program study seperti manajem dan ilmu hukum. Sampai sekarang, Fakultas Hukum di UII menjadi favorite dan beberapa lulusannya menjadi orang-orang ternama seperti Mahfud MD, ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia.

  • Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM yang sebelumnya bernama Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada ini berdiri pada 3 Maret 1946. Sampai sekarang, kampus UGM semakin populer di kalangan masyarakat karena pamor dan eksistensinya yang terbukti masuk dalam jajaran 300 Universitas terbaik di dunia, dan juga 50 besar kampus dalam kategori Best Life Science & Bio-medicine School in Asia. Untuk regional, UGM termasuk dalam 5 besar perguruan tinggi terfavorit di Indonesia dengan berbagai macam pilihan jurusan seperti kedokteran, tekhnik elektro, tekhnik kimia, tekhnik mesin, arsitektur, akuntasi, psikologi, hubungan internasional, komunikasi dan sastra inggris.

  • Universitas Sanata Dharma (USD)
     

awalnya, USD merupakan Sekolah Pendidik Guru pertama di Jogjakarta yang berdiri pada 17 Desember 1955 dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Sanata Dharma. Lalu melihat perkembangannya yang significant, pada 20 April 1993, perguruan tinggi ini mengubah sistemnya menjadi Universitas Katolik Sanata Dharma dan menambah beberapa fakultas baru seperti Sains& Teknologi, Psikologi dan Farmasi. Sampai sekarang USD merupakan satu-satunya Universitas swasta di Jogjakarta yang mendapat akreditas A. selain itu masih ada program studi Sastra Inggris yang menempatkan USD menjadi kampus terbaik se Asia Tenggara.

  • Universitas Janabadra (UJB)

Universitas Janabadra merupakan lembaga perjuangan pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra yang berlokasi di Jogjakarta. Dengan menggunakan asas Pancasila dan UUD 1945 yang berwawaskan kebangsaan dan memiliki jati diri nasionalisme yang mengarahkan mahasiswanya menjadi insan intelek yang bermoral tinggi

Pada mulanya UJB bernama Perguruan Tinggi Janabadra yang kemudian dengan berlakunya UU nomor 22 tahun 1961 tentang “perguruan tinggi” namanya diubah dan disesuaikan menjadi Universitas Janabadra. Nama Janabadra sendiri berasal dari nama seorang pujangga asli Jawa yang hidup di abad VII bernama D’Nanabadra yang selanjutnya menurt lidah Indonesia, untuk mempermudah pengucapannya menjadi Janabadra.

Akhirnya pada tanggal 7 Oktober 1958 Universitas Janabadra berdiri dengan 3 fakultas yaitu Ekonomi, Hukum dan Tekhnik Sipil.

 

  • Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPN ‘V’ Yogyakarta)

Pada awalnya UPN ‘Veteran’ Yogyakarta bernama Akademi Pembangunan Nasional (APN) Veteran yang didirikan oleh Menteri Urusan Veteran RI berdasarkan keputusan menteri no: 139/KPTS/ tahun 1958 pada tanggal 8 Oktober 1958. Namun pada prakteknya kuliah pertama disini dimulai pada tanggal 15 Desember 1958 yang kemudian diputuskan menjadi hari Dies Natalies UPN ‘Veteran’ Yogyakarta. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Menteri Pertahanan Keamanan RI No. 0307/0/1994 dan Kep/10/XI/1994 tanggal 29 Nopember 1994 terhitung mulai tanggal 1 April 1995, UPN “Veteran” Yogyakarta beralih status dari Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah Dephankam menjadi Perguruan Tinggi Swasta.Mulai tanggal 10 April 1996 UPN “Veteran” Yogyakarta bernaung dibawah Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman (YKPBS) yang didirikan oleh Menhankam dan Pangab pada tanggal 19 Desember 1989. Sekarang UPN “Veteran” Yogyakarta bernaung dibawah Yayasan Kesejahteraan Pendidikan dan Perumahan (YKPP), YKPP juga membawahi SMA Taruna Nusantara di Magelang. Kini UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki 5 Fakultas dengan jumlah 17 Program studi, diantaranya Fakultas Teknologi Mineral, yang mencakup Jurusan Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, yang tak kalah populer dengan Universitas lainnya di Jogja. Serta Lulusan UPN “Veteran” Yogyakarta terbukti mampu menghasilkan banyak lulusan yang kompeten di dalam bursa kerja terutama bekerja di perusahaan Migas dan Non Migas baik BUMN maupun swasta.

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Akreditasi universitas janabadra. Http://carapedia.com/universitas_tertua_jogjakarta_info3064.html. Akreditasi upn veteran yogyakarta. Universitas perminyakan terbaik di indonesia daerah jawa. Universitas sanata dharma fakultas kedokteran. Akreditasi sttnas yogyakarta. Universitas tertua di jogja.

Akreditasi universitas pembangunan nasional veteran yogyakarta. Universitas fakultas teknik otomotif terbaik di jogja. Sejarah berdirinya sttnas. Kampus tertua di jogja. Universitas sanata darma.fakultas kedokteran. Akreditasi upn jogja. Apakah upn jogja masuk univesita swasta elit di jogja.

Universitas swasta d jogja hubungan internasional. Akreditasi teknik geologi upn. Akreditasi teknik perminyakan upn. Universitas swasta terbaik untuk jurusan pertambangan. Akreditasi universitas janabadra yogya. Alumni prodi hubungan internasional upn yogyakarta.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.