Previous
Next

Bisnis

Cara Membuat Toko Online

 

Punya akun di sosial media seperti Facebook, Twiter dan semacamnya? Atau paling tidak memiliki email dan akun chating, sudah cukup sebagai modal bagi Anda yang tertarik menggeluti usaha di dunia maya atau bisa dibilang bisnis online.  Jenis usaha yang dapat dilakukan secara online, tidak berbeda dengan usaha di dunia offline (keseharian kita), ada yang menawarkan barang-barang konsumsi, barang produksi ataupun jasa. Yang membedakan hanyalah barang/jasa yang ditawarkan ditampilkan dalam bentuk foto/gambar dan kemudian transaksi jual-beli dilakukan melalui media online, atau biasa dikatakan transaksi udara.

 

Ya, saat ini, bisnis online memang tengah menjadi tren tidak hanya di kota-kota besar, tapi sudah merata ke seluruh Tanah Air. Kenyataan ini membuat banyak kalangan beramai-ramai menekuni usaha virtual ini dan mulai membuka toko online untuk memajang barang yang dagangannya. ingin mencoba manisnya bisnis online. Nah, bagi Anda yang ingin memulai membuka usaha online, sedikit tips untuk Anda tentang cara membuka toko online berikut, mungkin akan dapat membantu;

Persiapkan alamat

Seperti halnya membuka toko offline, toko online juga haruslah memiliki alamat yang jelas. Kenapa? Karena bisnis online adalah bisnis yang benar-benar mengandalkan kepercayaan lebih karena tidak adanya tatap muka langsung antara penjual dan pembeli, jadi jika Anda memiliki alamat yang jelas untuk toko Anda, maka akan mudah pembeli menaruh kepercayaan untuk membeli/bekerjasama pada usaha Anda.

Alamat untuk toko online, tentu saja bukan di Jalan… atau di ruko… di pasar… dll, tapi toko online memiliki alamat yang lebih dikenal dengan sebutan web/situs yang lazimnya diawali dengan kode www.(namatoko).(platform) . misalnya : www.store.co.id 

Pilih nama untuk toko online Anda dengan nama yang mudah diingat dan sebisa mungkin berhubungan dengan produk. Mudah diingat dan diucapkan akan memungkinkan orang lebih mudah mencari alamat toko Anda, dengan sekali klik, maka akan langsung terhubung dengan toko Anda. Sedang memilih nama yang berhubungan dengan produk atau target konsumen produk, adalah agar lebih mudah ditemukan oleh mesin mencari melalui kata-kata kunci (keyword) yang juga berhubungan dengan produk yang dicari. Ingat, mereka yang berselancar di dunia maya, membutuhkan waktu tidak lebih dari 2 detik untuk melihat satu alamat web, ke alamat lain, maka perhatikan benar pemilihan nama toko Anda.

 

Kontak yang jelas

Kontak yang jelas sangat penting bagi sebuah toko online. Kontak Anda adalah sarana komunikasi yang memudahkan transaksi Anda dengan pembeli. Buka akses kontak Anda seluas-luasnya di banyak media, misalnya selain standarnya message (SMS) atau telepon, lengkapilah juga dengan membuat alamat email, membuka akun sosial media, jalur chating, milis, dan sebagainya. Semakin mudah Anda dihubungi oleh pembeli, semakin senang mereka berbelanja di toko online Anda.

Materi yang ditawarkan

Materi yang ditawarkan adalah barang dan jasa yang Anda jual.  Ini adalah inti dari bisnis online Anda, jadi harap berhati-hati. “dagangan” di toko online, tidaklah sama dengan toko biasa (offline) yang dapat dengan mudah dilihat, dipegang atau ditimbang-timbang oleh calon pembeli. Apa yang Anda tawarkan di toko Anda, hanyalah deretan foto dengan keterangan atau spesifikasi yang menerangkan produk apa itu.

·         Foto barang

 

Dalam memajang foto barang, usahakan foto jelas dengan background terang dan polos. Foto barang dari berbagai sisi dan detail, agar lebih memudahkan calon pembeli dalam mengenali produk dan mengira-ira seperti apa barang tersebut. Berikan pencahayaan yang cukup pada foto Anda. Bila diperlukan, edit foto Anda. Ingat, pengeditan adalah untuk memperjelas tampilan produk, bukan untuk menambahkan apa yang tidak ada dalam produk Anda.

 

·         Spesifikasi

 

Spesifikasi atau keterangan produk, adalah bagian yang vital untuk produk Anda dan otomatis vital pula bagi toko online Anda. Karena, spesifikasi produklah yang mewakili Anda sebelum seorang pembeli berusaha mengontak Anda untuk mengetahui lebih jelas dan detail mengenai bproduk/barang yang ditawarkan. Spesifikasi adalah kesan pertama bagi calon pembeli untuk membuka interaksi lebih lanjut dan berujung transaksi pembelian.  Untuk itu, dalam memberikan keterangan produk, buatlah keterangan sejelas mungkin, detail tapi tidak bertele-tele. Gunakan bahasa atau kata-kata yang mudah, bernada mengajak dan ingat jangan pernah berbohong pada keterangan yang Anda tuliskan. Semakin Anda jujur dengan keadaan barang, semakin calon pembeli Anda percaya dan ingin membeli produk Anda.

Jalin Kerjasama

Menjalin kerjasama dengan pembeli/calon pembeli adalah memudahkan akses komunikasi Anda dengan mereka. Artinya, buatlah komunikasi Anda dengan pembeli lebih simple yang membuat mereka merasa nyaman dilayani oleh Anda seperti halnya saat berbicara dengan bertatapan langsung. Berikan respon secepat mungkin bila ada panggilan telepon, SMS, chat, komentar atau apapun yang masuk pada media komunikasi Anda. Sapaan yang hangat dan bersahabat dengan sedikit candaan akan mudah mengakrabkan Anda dengan pembeli yang nantinya akan membuat mereka nyaman dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk Anda dan bahkan kembali bertransaksi lagi di kemudian hari.

Jalinlah hubungan pertemanan dengan para pembeli agar mereka merasa dekat dan “bergantung” pada bantuan dan produk Anda.

 

Selamat berbisnis dan nikmati manisnya laba online. 

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Google translate. Barang jualan bisnis online. Contoh tampilan web toko online dreamweaver. Cara pembelian hp secara online beserta cara transaksi. Contoh barang konsumsi. Contoh bentuk jualan online. Jualan online nama.

Cara buat website bisnis butik online. Barang online. Gambar gambar barang online. Video membuat website toko online dengan dreamweaver. Cara menjalin kerjsama denga toko online. Http://carapedia.com/toko_online_info2758.html. Nama bisnis jualan online.

Cara membuat toko online gratis.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (2)
30 Dec 2013 13:41
rendy
kita harus menentukan terlebih dahulu dagangan apa yang saja yang ingin dijual dan survey.supaya kita membuat toko online tidak sia-siannjangan lupa mampir kesini <a href="http://www.iyaa.com/main.html">Berita terupdate dan terpercaya iyaa.com</a> njangan lupa mampir kesini <a href="http://kelezatannusantara.blogspot.com">Kuliner Nusantara</a>
30 Nov 2013 10:25
Husin gemilang
Info yang menarik, semoga sukses