Previous
Next

Rumah

Tips Agar Rumah Lebih Sehat

 

Rumah merupakan kebutuhan primer setiap manusia. Karena dari dalam rumahlah segala hal dasar dapat kita kenal dan terbentuk, sebut saja kasih sayang, kebersamaan, kerjasama, kenyamanan, sampai karakter seseorang dibentuk dari dalam rumah. Untuk itu, rumah sehat dengan lingkungan yang baik menjadi satu kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi.  Seperti apa rumah dapat dikatakan sehat? Bila rumah dapat memenuhi kebutuhan rohani dan jasmani secara layak bukan hanya sebagai tempat tinggal namun juga memberi perlindungan dari pengaruh alam luar. Bagaimana cara membuat rumah sehat?

Perhatikan Lingkungan


Lingkungan rumah sangat berpengaruh pada kesehatan rumah Anda sendiri. Karena dari lingkungan yang kurang sehatlah, bermacam penyakit akan muncul. Beberapa yang perlu diperhatikan berkaitan dengan kesehatan lingkungan rumah adalah;

·         Sampah berpengaruh bagi kesehatan lingkungan kita. Sampah yang bertumpuk tentu menjadikan sarang penyakit, untuk itu perlu penanganan yang tepat untuk sampah rumah tangga, pisahkan sampah organic dan non organic, tempatkan pada tempat selayaknya (pembuangan sampah khusus yang jauh dari tempat tinggal), jangan membakar sampah Anda karena akan menyebabkan polusi, lebih baik menimbun sampah yang dapat mengurai, atau bila memungkinkan, kelola sampah Anda menjadi pupuk  (kompos).

 

·         Memperhatikan keadaan air juga merupakan upaya menjadikan rumah sebagai lingkungan yang sehat. Bagaimanapun, air adalah kebutuhan utama bagi manusia, untuk itu kita perlu memperhatikan kesehatannya. Terutama berkaitan dengan darimana kita mendapatkan sumber air untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum, memasak dan mandi. Air dikatakan sehat bila sumbernya (sumur) dibangun dengan jarak minimal 7 meter dari sumber air kotor (septick tank, sumur resapan, saluran air kotor yg tidak kedap air). Selain itu, jangan biarkan adanya genangan air di lingkungan tempat tinggal. Air yang tergenang lebih dari seminggu, akan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, sumber penyakit. Buatlah sumur resapan, parit – parit atau selokan agar air dapat mengalir.
 

 

·         Membuat area hijau dilingkungan rumah, juga salah satu upaya membuat rumah lebih sehat.  Area hijau yang dimaksudkan, bisa berupa tanaman-tanaman hijau yang sederhana dalam pot-pot kecil yang digantung, disepanjang pagar atau bila memang memiliki taman atau kebun, optimalkan untuk menanam bermacam tanaman hijau dan bunga sebagai pemanis. Tanaman yang ditanam pada area hijau Anda sebaiknya tanaman yang selain memberikan pemandangan yang segar, juga dapat pula dimanfaatkan, misalnya tanaman obat (apotek hidup) seperti jahe, daun jeruk, kunyit, pala dll. Atau bisa juga sayuran bermedium kecil seperti cabai, tomat, terong, dll. Yang perlu diingat, selalu rawatlah tanaman Anda, jangan sampai tanaman disekitar rumah, lupa dipangkas dan akhirnya menjadi rindang dan menutup area rumah. Tanaman yang rindang dan terlalu lebat, akan menyebabkan lingkungan rumah menjadi gelap dan lembab, sehingga menghalangi sinar matahari pagi dapat menyinari rumah.

 

·         Seringkali, sebagian dari kita, memiliki hewan piaraan dirumah. Kucing, Anjing, Kelinci atau Marmut, Ikan atau mungkin Ayam dan Bebek sudah biasa, namun tetap perhatikan perawatannya. Hewan-hewan ini, tidak hanya membutuhkan makan untuk hidup, namun membutuhkan pula tempat tinggal yang nyaman untuk ditinggali dan nyaman pula bagi kita untuk dapat tinggal berdampingan dengan mereka. Letakkan kadang hewan tidak terlalu dekat dengan rumah, atau bilapun dekat dengan rumah, usahakan melokasikan terutama pembuangan kotoran hewan, pada tempat-tempat khusus yang mudah dibersihkan. Gunakan segala macam yang berkaitan dengan hewan, khusus bagi hewan saja. Jangan mencampurkan berbagai perabot baik itu tempat makan, minum, handuk, kasur dan lain sebagainya bercampur dengan manusia (kita pemiliknya).

 

Perhatikan Udara
 

Rumah yang sehat, ditandai dengan ruangan lapang. Artinya tidak pengap karena pertukaran oksigen yang lancar dan mencukupi kebutuhan. Perhatikan keluar masuknya udara di rumah Anda dengan tepat. Pada rumah sehat kebutuhan udara tersebut dapat dipenuhi dengan adanya lubang ventelasi yang cukup. Beri ventilasi dirumah Anda dengan sesuai ukuran, jumlah dan kebutuhan udara yang diperlukan. Idealnya, ventilasi udara pada setiap ruangan adalah 1 unit dengan ukuran sedang yang memungkinkan udara dapat keluar masuk dengan lancar. Bila dirumah dipasang AC, matikan AC sesekali atau bila tidak digunakan, agar udara dapat berganti dengan yang baru.


Perhatikan Cahaya

Pencahayaan yang terang juga menandakan bahwa rumah kita termasuk dalam kategori sehat. Cahaya yang paling baik, adalah didapat dari sinar matahari yang cukup. Untuk memenuhi kebutuhan cahaya ini, peran jendela sangat membantu. Adanya jendela di rumah, selain sebagai area pertukaran udara seperti halnya ventilasi, tetapi juga sebagai media bagi cahaya untuk dapat menembus ruangan rumah.  Luas jendela, disesuaikan dengan luas ruangan Anda, atau lantai rumah dengan perbandingan luas jendela 1/8 atau 1/6 luas lantai.

 

Rumah sehat memberikan kenyamanan dan kehangatan keluarga

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Rumah sehat. 10 ciri rumah sehat. Cara membuat rumah yang barsanitasi lingkungan yang baik. Contoh rumah bersih. Ciri ciri rumah sehat. Cara membuat rumah sehat. Gambar rumah sehat dan kotor.

Rumah bersih dan sehat. Ciri ciri rumah bersih dan indah. Bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat segar bersih dan hijau dirumah kita. Rumah kotor tidak sehat. Gambar rumah sehat dan bersih. Ciri ciri rumah kotor. Bagaimana cara agar lingkungan tempat tinggal sehat.

Dalam rumah. Taman bunga di lingkungan rumah bergambar. Rumah sehat dan tidak sehat. Tips menjadikan rumah bersih dansehat. Ciri ciri rumah yg kotor. Bagaimana cara menciptakan rumah sehat.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.