Previous
Next

Tutorial / Panduan

Tips Menjadi Orang yang Kreatif

Anda tentu masih ingat dengan Steve Jobs yang berhasil mempopulerkan Apple, produk gadget paling diminati saat ini. Karena kreatifitasnya, belai berhasil menjadi orang yang sangat dikagumi dan mendapat uang yang sangat banyak dari hasil kreatifitasnya. Nah, sebenarnya semua orang bisa menjadi orang yang kreatif bila mereka mau mencoba dan berusaha termasuk anda. Kalau anda ingin mengikuti jejak Steve Jobs atau orang-orang kreatif lainnya, berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda biasakan agar menjadi orang yang kreatif;

  1. Lakukan sesuatu yang berbeda

Melakukan pekerjaan yang sama secara terus menerus lama kelamaan akan membuat anda merasa jenuh pada pekerjaan itu. Tidak hanya jenuh, selain itu ilmu pengetahuan yang ketrampilan yang anda miliki hanya akan terbatas pada pekerjaan itu saja. Jadi, bila anda ingin meningkatkan kreativitas anda harus berani untuk mengerjakan hal-hal yang belum pernah atau jarang anda lakukan sebelumnya. Dan lebih baik lagi bila kegiatan baru yang anda lakukan mendukung pekerjaan utama anda. Misalnya, anda berprofesi sebagai penyanyi, anda dapat belajar untuk bermain music sehingga nantinya kegiatan baru anda akan menunjang pekerjaan lama anda.

  1. Berkomunikasi dengan banyak orang

Mungkin anda akan bingung dengan hubungannya kreativitas dengan berkomunikasi dengan banyak orang. Jadi, tanpa anda sadari ketika anda berkomunikasi dengan banyak orang, seringkali memunculkan ide-ide yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya. Terdengar simple namun sebetulnya sangat efektif bila dipraktekkan.

Seperti yang anda ketahui, banyak orang yang dengan sukarela mau membagikan ilmu dan pendapat serta pandangannya terhadap suaru hal bila anda bertanta dengan sopan. Jadi sebaiknya banyak-banyaklah bergabung dengan suatu komunitas dan berkomunikasilah secara aktif disana, maka anda akan menemukan banyak ide dan peluang dari sana.

  1. Banyak membaca

Dengan intensitas membaca yang tinggi, tentu saja akan meningkatkan pengetahuan anda terhadap berbagai macam hal. Contohnya dengan membaca buku-buku non fiksi, majalah, Koran, portal berita online ataupun e-book sangat bermanfaat untuk memperluas pengetahuan anda terhadap suatu hal. Dengan memiliki banyak wawasan dan pengetahuan tentu saja akan meningkatkan kreativitas anda karena ketika anda menghadapi suatu tantangan anda akan mampu berfikir, berencana dan bertindak dengan menggunakan berbagai macam pertimbangan yang berasal dari informasi yang tersimpan di otak anda.

  1. Menyediakan waktu untuk sendiri

Suasana dan tempat yang tenang akan membuat anda lebih rileks sehingga mampu untuk berfikir dan berkonsentrasi untuk menemukan ide-ide baru.

  1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Saat anda membangun ketrampilan dan kreativitas anda, maka anda akan memiliki rasa ingin tahu yang kuat terhadap segala sesuatu. Pertanyaan “mengapa” dan “bagaimana” adalah dua pertanyaan yang akan membawa anda pada jawaban-jawaban yang akan meningkatkan kreativitas anda. Lama kelamaan anda dapat menghasilkan atau menemukan sesuatu yang baru.

Contoh figure terkenal yang memiliki sifat ini adalah Sir Issac Newton, yang menemukan hokum gravitasi karena keingintahiannya setelah melihat buah apel jatuh dari pohon.

  1. Menuliskan ide-ide

Biasakanlah untuk membawa notes dan pen kemanapun anda pergi karena itu akan membantu melatih kreatifitas anda. Karena ketika kapan saja ide anda muncul karena melihat atau mendengan sesuatu, anda dapat langsung menuliskannya sehingga tidak akan lupa.

  1. Mengamati orang lain

Kreativitas ternyata juga dapat dibangun dengan mempelajari apa yang dilakukan oleh orang lain. Dari situ anda dapat memperoleh inspirasi dan ide untuk membuat karya anda sendiri.

  1. Tantang diri anda sendiri

Untuk berkembang menjadi lebih baikm anda harus keluar dari zona aman dan siapkan time table dalam periode waktu tertentu untuk mencapai sesuatu. Sehingga anda akan termotivasi untunk meraih apa yang sudah anda rencanakan.

  1. Luangkan waktu untuk istirahat dan relaksasi

Bekerja dalam waktu yang lama akan sangat menguras tenaga dan pikiran anda. Oleh sebab itu, anda membutuhkan waktu untuk beristirahat sehingga anda dapat berfikir lagi secara jernih. Untuk mengembalikan performa anda, cobalah untuk beristirahat sejenak dan mengerjakan hal-hal yang anda sukai.

  1. Bangun kepercayaan yang positif

Tanamkan kepercayaan bahwa semua masalah dapat diselesaikan sehingga anda akan tersugesti untuk selalu berfikiran positif dan tidak menyerah. Mungkin saat ini ide anda dianggap remeh oleh orang lain, namun bila anda sudah yakin terhadap apa yang sudah anda kerjakan, jangan menyerah dan terus buktikan. Karena, kretivitas justru akan berkembang pesar ketika seseorang berada di dalam keadaan yang tidak bauk tetapi dia tetap optimis.

 

(/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Menjadi orang yang kreatif. Menjadi orang kreatif. Tips menjadi orang kreatif. Cara menjadi orang kreatif. Tips kreatif. Cara menjadi kreatif. Http://carapedia.com/tips_orang_kreatif_info3062.html.

Cara menjadi orang yang kreatif. Bagaimana menjadi orang yang kreatif. Tips menjadi orang yang kreatif. Kreatifitas atau kreativitas. Bagaimana menjadi orang kreatif. Apa yang akan kamu lakukan agar dapat menjadi orang yang kreatif. Cara agar menjadi orang yang kreatif.

Kreatif. Manfaat menjadi orang kreatif. Bagaimana menjadi kreatif. Tips menjadi kreatif. Jadi orang kreatif. Cara kreatif.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.