Previous
Next

Binatang

Tips Merawat Landak Mini


 

Landak Mini merupakan mamalia dari famili Erinaceinae. Landak Mini dapat ditemukan di Eropa, Asia, Afrika, dan Selandia Baru. Ada 16 spesies Landak Mini dalam 5 genus (Atelerix, Erinaceus, Hemiechinus, Mesechinus, dan Paraechinus). Landak Mini / Hedgehog memiliki duri yang tidak beracun dan tidak mudah lepas dari tubuhnya. Duri yang dimiliki digunakan sebagai pertahanan diri, namun duri ini tidak akan melukai jika dipegang.

 

Landak merupakan hewan nocturnal atau hewan yang aktif pada malam hari. Di siang hari Landak cenderung menyembunyikan diri di tempat yang gelap. Landak Mini sebaiknya diperlihara dalam suhu 21 – 27 derajat Celcius, jika suhu terlalu dingin maka Landak akan masuk fase hibernasi (tidur panjang).

 

Masa hidup landak bervariasi, ada yang dapat hidup hingga usia 6 tahun tetapi juga ada beberapa pemilik yang memelihara hingga landak berusia 10 tahun. Masa hidup landak tergantung pada kesehatan dan cara pemilik merawatnya. Jika Anda mempunyai atau berniat untuk memelihara Landak Mini, berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan dalam pemeliharaan Landak Mini. Here we go.

 

Kandang

1. Anda perlu mengenali sifat yang dimiliki Landak Mini. Selain hewan nocturnal, landak juga merupakan hewan yang suka menjelajah. Maka Anda perlu membuat kandang yang tidak terlalu sempit. Jika kandangnya terlalu pendek, maka landak akan dengan mudah memanjat keluar. Minimal buat kandang setinggi 30 cm. Anda bisa membuat kandang dengan menggunakan akuarium, kontainer plastik, kandang kawat, atau bak fiber.

2. Hindari menggunakan besi atau kawat ram sebagai alas kandang, karena bahan tersebut akan melukai kaki landak.

3. Bersihkan kandang minimal seminggu sekali untuk menghindari bau.

4. Pastikan kandang landak nyaman dan tenang. Sediakan tempat bersarang di sudut kandang, bisa terbuat dari kayu atau pipa pralon yang memiliki penutup sehingga landak bisa berlindung dan juga bisa mengurangi rasa gugup saat melahirkan.

5. Pisahkan landak jantan dan betina di kandang yang berbeda, kecuali jika sengaja dikembangbiakkan. Induk landak betina akan mudah stres jika berada dalam satu kandang, apalagi jika masih dalam masa menyusui. Induk betina akan menjadi agresif dan bisa memakan anaknya sendiri. 

 

Makanan

Landak tergolong sebagai hewan insectivora atau pemakan serangga. Namun, landak bisa juga diberi pakan khusus seperti pakan kering kucing atau anjing. Tambahkan ulat jerman, ulat hongkong, atau serangga lainnya sebagai variasi pakan.

 

Sediakan air minum dalam jumlah yang cukup, tempatkan dalam wadah dengan ketinggian 5 cm agar tidak mudah terbalik. Hindari memberikan susu kepada landak karena usus landak sensitive terhadap susu.

 

Reproduksi

Landak sudah dapat dikawinkan ketika berusia 6 bulan, namun hindari untuk mengawinkan landak kurang dari usia tersebut karena bisa mengakibatkan kelahiran anak landak yang cacat, kematian anak landak, dan juga kematian induk betina karena belum berpengalaman mengasuh anak atau organ reproduksinya belum siap.

 

Gabungkan landak betina dan jantan dalam satu kandang saat masa perkawinan. Proses penggabungan bisa Anda lakukan dengan mengamati masa subur landak betina. Jika masa subur landak betina tidak teratur, penggabungan dilakukan selama 2 hari dan dilakukan setiap 10 hari sekali. 

 

Masa kehamilan landak adalah 35 hari. Ingat, jangan gabungkan landak jantan dan betina saat masa melahirkan. 

 

Cara memandikan landak

1. Siapkan peralatan mandi landak. Baskom berisi air, sikat gigi, shampoo/sabun bayi, dan handuk kering.

 

2. Letakkan landak di baskom (tinggi air tidak lebih dari badan landak, meski landak bisa berenang dan tidak akan tenggelam). Basahi duri landak dengan gayung kecil.

 

3. Setelah seluruh durinya basah, tuangkan shampoo/sabun  bayi di sikat gigi dan gosok perlahan bagian duri landak, bagian perut, kaki, dan bagian lain yang kotor. Bilas shampoo/sabun yang menempel di badan landak dengan air bersih.

 

 

4. Lap seluruh bagian tubuh landak dengan handuk kering agar tidak kedinginan. Letakkan kembali ke kandangnya. 

(tere/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Http://carapedia.com/tips_merawat_landak_mini_info4068.html. Cara merawat landak mini. Hedgehog cage. Cara memelihara landak mini. Cara memelihara landak mini untuk pemula. Kandang landak mini. Menjinakkan landak mini.

Cara merawat landak mini yang baru lahir. Cara memelihara hedgehog. Memelihara landak mini. Cara merawat landak mini untuk pemula. Usia subur landak. Cara membuat kandang landak mini. Kandang landak afrika.

Cara menjinakan landak mini albino. Cara merawat kandang landak mini. Cara merawat hedgehog. Aplikasi jalur mudik. Cara ternak pemula landak mini. Cara ternak landak mini.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (1)
22 May 2014 09:21
JHOSUA SITORUS
BEDAKAH LANDAK MINI DKGAN LANDAK LKOKAL?