Previous
Next

Kesehatan

Tips Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang kurang ideal, memang merepotkan. Selain mengganggu penampilan dan kepercayaan diri Anda, berat badan yang cenderung berlebih akan beresiko pada kesehatan. Ada banyak cara yang dilakukan untuk menjaga berat badan, mulai dari diet, olahraga rutin sampai yang paling ekstrim melakukan operasi. Namun, rasanya semua itu tidak akan banyak membantu bila Anda tidak menerapkan pola hidup sehat, dalam kehidupan Anda sehari-hari. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan kegiatan Anda yang kurang seimbang juga akan mempengaruhi kondisi berat badan yang tidak ideal.

Berikut beberapa tips menurunkan berat badan yang mudah Anda terapkan sehari-hari;

Konsumsi

Tidak dapat dipungkiri, bahwa faktor utama yang mepengaruhi bobot tubuh adalah apa dan bagaimana cara kita mengkonsumsi makanan dan atau minuman bagi tubuh kita. Berkaitan dengan jumlah, jenis, waktu kita mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut. Untuk itu, perlu dicatat beberapa tips berikut;

  •  Waspada lemak & karbohidrat

Hindari lemak dan kurangin karhobidrat! Begitulah pesan yang seringkali kita dengan saat kita memulai diet penurunan berat badan. Ya,  dua kandungan ini memang disarankan untuk dihindari atau dikurangi konsumsinya. Karena dua zat ini lebih sulit dicerna oleh tubuh, sehingga mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih mengakibatkan terjadinya penimbunan yang dapat menjadikan tubuh kita overweight. Bahan makanan sumber karbohidrat ini misalnya padi-padian atauserealia (gandum dan beras), umbi-umbian (kentang, singkong, ubi), dan gula

 

  • Jangan terlalu manis

Jika membaca pesan seperti diatas, otomatis yang terlintas adalah maka, kurangilah konsumsi gula! Benar sekali, karena gula adalah salah satu jenis karbohidrat yang bahkan tanpa mengalami perubahan bentuk lain. Terutama pada minuman, seringkali kita menambahkan gula (tebu) terlalu banyak agar terasa manis, misalnya saja pada the, kopi atau cokelat bahkan susu. Belum lagi bila kita menyebut soft drink yang mengandung gula tinggi, berhentilah atau paling tidak kurangi konsumsi soft drink. Biasakan mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas per hari untuk kesehatan juga program menurunkan berat badan.

  •  Frekuensi makan

Jangan mengurangi frekuensi makan anda menjadi 2x sehari atau malah hanya 1 kali saja, karena frekuensi makan yang tidak teratur atau kurang justru akan memperlambat metabolisme, bahkan bisa jadi penyakit maag akan menyerang Anda. Tetaplah makan dengan frekuensi minimal 3x sehari, yang perlu dikurangi adalah  porsinya saja . Dan ingat, makanlah dengan menu seimbang.

 

  •  Atur waktu makan

Aturlah waktu makan Anda, selain frekuensinya yang harus teratur, waktu makan juga tidak boleh berantakan. Jangan biasakan makan mendekati jam tidur,  hal itu menyebabkan makanan yang Anda makan tidak sempat diubah menjadi energi untuk aktifitas, dan berakibat menumpuknya lemak dalam tubuh. Siasati kondisi perut yang lapar dimalam hari dengan  makanan nutrisi yang rendah kalori atau minum susu non fat.

 

  • Say No to Gorengan!

Minyak, adalah menu yang kaya akan lemak. Lebih baik mengganti menu Anda yang dibalut minyak, dengan menu rebus. Dan perlu diingat juga bahwa ikan bakar dan ayam bakar juga memerlukan minyak untuk mematangkannya (dioles), lebih baik untuk juga mengurangi konsumsi menu ini.

 

Olahraga

Nah, setelah mengatur bagaimana konsumsi harian Anda, kini saatnya lebih fokus pada kegiatan yang lebih mengaktifkan jasmani dan pembakaran kalori. Ialah olahraga, aktifitas yang ringan, dapat dijadikan hobby, namun manfaatnya tentu tidak main-main. Untuk mendapatkan berat badan ideal, Anda tidak perlu datang ke klub kebugaran, ke arena olahraga atau sport centre. Cukup lakukan olahraga harian di lingkungan rumah saja, dan lakukan senyaman dan se-rilex mungkin. Berikut tipsnya ;

  •  Biasakan bergerak. Bergerak saja, sudah dapat dikatakan olahraga. Ya, jangan pernah malas untuk bergerak, walaupun sebagian besar waktu  Anda hanya dihabiskan dirumah, jangan hanya diam duduk di depan TV atau asik saja di area kamar. Mulailah hari Anda dengan bergerak,    lakukan sit-up, push-up atau senam ringan paling tidak 1 set hitungan (8x 1 gerakan). Kemudian mulai beraktifitas seperti biasa
  • Jantung sehat (latihan kardio). Jantung sangat perlu untuk dilatih, karena dengan jantung yang sehat, maka Anda akan beraktifitas dengan lebih ringan, cukup oksigen juga memperlancar metabolism tubuh sampai pada keteraturan pencernakan. sangat efektif untuk membakar lemak, lakukan olahraga seperti lari, renang, threadmill, aerobik secara rutin tiap hari.  
  • Jalan.. jalan..jalan.  Jangan malas berjalan! berjalan kaki adalah olaharaga ringan yang sangat mudah dilakukan, jika jaraknya tidak terlalu jauh, pilihlah jalan kaki. Atau pilihlah tangga saat Anda ingin naik atau turun 1 - 2 lantai saja di kantor, maupun mall. Membiasakan berjalan kaki rutin setiap hari, bermanfaat untuk menurunkan berat badan Anda, bahkan diluar dugaan Anda sendiri.

 

Aktifitas/Gaya hidup

 

Salam pagi

Mulailah pagi Anda lebih awal dan biasakan mendahulukan hari dengan berlatih/berolahraga. Hal ini akan lebih efektif, karena pagi hari perut dalam keadaan kosong dan saat Anda beraktifitas pagi hari maka pembakaran utama justru mengambil dari cadangan lemak Anda. Pagi hari juga sangat baik untuk pertukaran oksigen untuk tubuh lebih fresh.

 Nikmati hidup Anda

Agenda diet ataupun olahraga Anda untuk menurunkan berat badan, tidak aka nada efek yang signifikan jika Anda melakukannya dengan terpaksa. Aturlah pola makan dan olahraga Anda dengan waktu se enjoy mungkin,  sehingga menjadi sesuatu yang menyenangkan. Bila Anda menikmati diet dan latihan Anda, hal itu dapat menjadikan motivasi untuk mempermudah keberhasilan diet.

 Cukup istirahat

Atur waktu istirahat secara seimbang, jangan kurang terlalu banyak, ataupun lebih dari 8 jam per hari. Waktu istirahat yang baik adalah 6 – 8 jam sehari. Terlalu lama tidur membuat badan Anda lemas saat bangun dan justru memancing nafsu makan Anda, begitu pula bila Anda kurang tidur.

 

 

 

 

Video

Video Tips Diet Sehat

Video berikut memberikan penjelasan dan tips bagaimana diet yang sehat dan sukses, baik untuk diikuti.

(iyha/Carapedia)
Pencarian Terbaru

Manfaat singkong rebus. Manfaat tape singkong untuk diet. Singkong rebus untuk diet. Manfaat ubi ungu untuk diet. Manfaat ubi rebus. Manfaat singkong rebus untuk diet. Manfaat kentang untuk diet.

Ubi rebus untuk diet. Diet singkong rebus. Http://carapedia.com/tips_menurunkan_berat_badan_info940.html. Khasiat singkong rebus. Manfaat ubi untuk diet. Manfaat singkong untuk diet. Manfaat ubi kayu untuk diet.

Umbi umbian untuk diet. Diet dengan ubi rebus. Diet singkong. Khasiat kentang untuk diet. Diet dengan singkong rebus. Kentang rebus bikin gemuk.

Tambahkan komentar baru
Komentar Sebelumnya (0)
Belum ada komentar untuk produk ini.